√ Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan, Faktornya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai LOYALITAS, penjelasan mengenai LOYALITAS diantaranya sebagai berikut :

Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan, Faktornya

Pengertian Loyalitas

Loyalitas menurut Kartajaya (2007:126) Loyalitas merupakan manifestasi dari kebutuhan fundamental manusia untuk dapat memiliki, mensupport, mendapatkan rasa aman serta juga membangun keterikatan dan juga menciptakan emotional attachment.

Karateristik Loyalitas

Loyalitas pelanggan menurut Griffin (2005) ini merupakan ukuran yang dapat dijadikan kehandalan didalam memprediksi pertumbuhan penjualan serta juga perilaku pembelian yang konsisten. Lalu karakteristik dari loyalitas, diantaranya :

  • Melakukan pembelian dengan secara teratur atau pembelian ulang. Pelanggan yang sudah membeli sebuah produk atau juga jasa sebanyak dua kali atau lebih.
  • Membeli diluar Lini Produk atau Jasa (Pembelian Antar Lini Produk). Ialah membeli seluruh barang atau juga jasa yang disajikan serta mereka butuhkan, mereka membeli dengan teratur, berkaitan dengan jenis pelanggan ini telah kuat serta juga berlangsung lama dan juga membuat mereka tidak terpengaruh oleh produk pesaing.
  • Merekomendasikan Produk atau juga Jasa Kepada Orang Lain
    Merupakan membeli barang atau jasa yang ditawarkan serta yang mereka butuhkan dan juga melakukan pembelian dengan teratur. Selain dari itu, mereka mendorong orang lain supaya mau membeli barang atau jasa perusahaan tersebut. Secara tidak langsung mereka itu sudah melakukan pemasaran untuk si perusahaan serta juga membawa para konsumen kepada perusahaan.
  • Menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk atau juga jasa sejenis
    Atau dengan bahasa lain ini tidak mudah dipengaruhi oleh daya tarik produk pesaing.

Pembentukan Loyalitas

Masing-masing pembelian produk, konsumen bergerak dengan melalui siklus pembelian yang mana di siklus tersebut dapat/bisa membentuk loyalitas pelanggan. Adapun itu merupakan sebuah tahapan siklus pembelian yang membentuk suatu loyalitas pelanggan menurut (Griffin, 2005)

Menyadari Produk

Pembentukan pangsa pikiran untuk dapat memposisikan keunggulan produk dimata calon pelanggan yang dijalankan dengan melalui advertisin serta juga promosi lainnya, menjadikan calon pelanggan menyadari keberadaan produk.

Melakukan Pembelian Awal

Hal penting didalam memelihara loyalita pelanggan karena dari pembelian awal itu timbul kesan positif atau juga negatif kepada produk sehingga terdapat kesempatan untuk menumbuhkan pelanggan.

Valuasi Pasca Pembelian

Terdapat kepuasan atau juga ketidakpuasan yang menjadi dasar pertimbangan untuk mau pindah ke produk lain atau juga tidak, keputusan membeli lagi ialah sikap yang sangat penting untuk juga loyalitas.

Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas

Loyalitas pelangan ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor menurut Vanessa Gaffar (2007), terdapat lima faktor diantaranya sebagai berikut :

Kepuasan (Satifaction)

Kepuasan pelanggan ini merupakan ukuran gap antara harapan pelanggan dengan keadaan nyata yang mereka terima atau juga yang dirasakan.

Ikatan Emosi (Emotional Bonding)

Konsumen dapat terpengaruh oleh suatu merek yang memiliki daya tarik tersendiri menjadikan konsumen dapat melakukan identifikasi didalam suatu merek, karena suatu merek dapat/bisa menggambarkan karakteristik konsumen tersebut. Ikatan yang tercipta dari suatu merek ialah pada saat konsumen ini merasakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang memakai atau menggunakan produk atau jasa yang sama.

Kepercayaan (Trust)

Kemauan seseorang untuk bisa mempercayakan perusahaan atau juga  suatu merek untuk melakukan atau menjalankan suatu fungsi.

Kemudahan (Choice Reduction and Habit)

Konsumen tersebut akan merasa nyaman dengan suatu kualitas produk serta merek pada saat situasi mereka dalam melakukan transaksi itu memberikan kemudahan. Bagian dari loyalitas konsumen ini seperti pembelian produk dengan teratur dapat didasari oleh akumulasi pengalaman setiap saat.

Pengalaman Dengan Perusahaan (History with Company)

Suatu pengalaman seseorang pada perusahaan dapat membentuk perilaku, pada saat memperoleh pelayanan yang baik dari perusahaan itu maka akan mengulangi perilaku pada perusahaan tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan, Faktornya, semoga apa yang dipaparkan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Kas, Karakteristik, Jenis dan Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Peta Rakitan, Tujuan, dan Standar Pengerjaan
Lihat Juga  √ Filsafat, Ciri, Tujuan, Cabang, Menurut Para Ahli