√ Pengertian Negara Maju, Faktor, Ciri dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Negara Maju, Sebelum sudah kita bahas mengenai pengertian negara berkembang. Pada pembahasan kali ini juga akan dijelaskan faktor yang mempengaruhi negara maju, ciri dan contohnya untuk penjelasan selengkapnya dibawah ini :

Pengertian Negara Maju, Faktor, Ciri dan Contohnya

Pengertian Negara Maju

Pengertian Negara maju merupakan sebutan bagi negara-negara yang mempunyai standar hidup relatif tinggi, dengan ekonomi yang merata, serta juga teknologi yang maju. Atau bisa juga Negara maju ini di artikan yakni sebagai negara yang tingkat kualitas hidup masyarakatnya itu memiliki kesejahteraan hidup yang tinggi, baik itu dari segi perekonomian yang juga merata atau juga teknologi yang maju. Negara dengan GDP (Gross Domestic Product) per kapita cukup tinggi ini dapat disebut juga sebagai Negara Maju. Negara yang mempunyai  GDP per kapita tinggi, namun tidak mengembangkan serta memiliki perindustrian yang beragam itu tidak bisa di sebut sebagai Negara Maju.

Beberapa indikator yang bisa menilai suatu Negara itu sudah dapat di sebut Maju atau masih Berkembang, contohnya ialah pada Pendapatan per kapita yang merupakan indikator penting dalam mengukur kesejahteraaan rakyat pada suatu Negara. Disebabkan karena suatu negara itu dapat di katakan sudah makmur apabila pendapatan perkapitanya tinggi. Lalu dari angka jumlah penduduk miskin, disebabkan karena tingkat kesejahteraan suatu negara itu dapat dilihat data tingkat angka kemiskinan penduduknya juga, jadi semakin rendah angka kemiskinan maka Negara tersebut itu dapat di katakan sebagai negara maju.

Lihat Juga  √Pengertian, Klasifikasi & Ciri Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Negara Maju

Dibawah ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi negara yang dikatakan maju, diantaranya sebagai berikut :

1. Faktor ekonomi

Ekonomi merupakan faktor yang sangat penting terutama bagi pendapatan per kapita suatu Negara. Apabila pendapatan per kapita-nya suatu negara itu tinggi maka Negara tersebut bisa digolongkan yakni sebagai Negara maju.

2. Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)

SDM Merupakan faktor yang berhubungan dengan kondisi penduduk pada suatu Negara contohnya seperti tingkat pendidikan, laju pertumbuhan, keragaman suku, tingkat produktifitas, penguasaan terhadap IPTEK,  ketergantungan pada produksi pertanian serta industri, dan lain-lain. Contohnya  rata-rata pendidikan penduduknya tinggi, serta tingkat penguasaan IPTEK yang tinggi juga akan mempengaruhi Majunya suatu Negara.

3. Faktor SDA (Sumber Daya Alam)

SDA Merupakan faktor yang berhubungan dengan lingkungan pada suatu negara, baik itu dengan secara geologis, geografis, dll. Apabila SDA suatu negara melimpah serta dapat di manfaat kan dengan secara baik juga maka akan mendapatkan keuntungan bagi Negara tersebut serta akan mempengaruhi perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

4. Faktor Stabilitas Politik

Stabilitas Politik Merupakan keadaan politik pada suatu Negara, yang mana keadaan politik yang baik itu akan mempengaruhi keadaan ekonomi itu supaya tetap stabil. Oleh sebab itu di negara-negara yang maju maka keadaan politiknya stabil serta keamanannya juga akan tetap terjaga.

5. Faktor Keamanan

Keamanan Merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan suatu Negara sudah maju. Semakin tingkat aman suatu negara maka juga akan meningkatkan stabilitas perekonomian, sehingga masyarakat dapat makmur serta tentram.

Tapi yang terpenting dalam memajukan suatu Negara ialah dari faktor Sumber Daya Manusia, apabila sumber daya manusianya itu berkualitas maka secara otomatis akan mudah dalam mengembangkan negaranya, namun apabila sumber daya manusianya itu buruk maka akan sulit memajukan negaranya sekalipun itu mempunyai sumber daya alam yang melimpah.

Lihat Juga  √ Pengertian Peribahasa, Ciri, Jenis, dan 140 Contohnya

Ciri-Ciri Negara Maju

Dibawah ini merupakan beberapa ciri yang dimiliki dari Negara maju, diantaranya :

  1. Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi
  2. Perekonomian yang stabil.
  3. Angka kematian yang relatif kecil.
  4. Penduduk umurnya relatif panjang.
  5. Rata-rata penduduk memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.
  6. Mengusai berbagai macam bidang IPTEK.
  7. Pembangunan fasilitas yang merata.
  8. Eksport lebih tinggi daripada Inport.
  9. Tingkat kesehatan penduduk yang tinggi.
  10. Pertumbuhan penduduk dapat terkontrol.
  11. Sektor Indutri yang maju, dll.

Contoh Negara maju

Dibawah ini merupakan beberapa contoh negara yang tergolong sudah maju pada saat ini, diantaranya sebagai berikut :

Negara maju di Eropa :

  1. Inggris,
  2. Perancis,
  3. Italia,
  4. Swedia,
  5. Jerman,
  6. Spanyol,
  7. Swiss, dll.

Negara maju di benua Asia :

  1. jepang,
  2. korea selatan,
  3. Australia, dan,
  4. singapura.

Negara maju di benua Amerika:

  1. Amerika serikat
  2. Kanada.