√ Teks Eksemplum : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Karakteristik dan Contoh

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id –  Pada saat kita akan membahas mengenai Teks Eksemplum, yang mana dalam di dalam teksnya ini akan menceritakan perilaku tokoh dalam ceritanya. Nah untuk lebih lanjut mengerti mengenai Teks Eksemplum ini akan dijelaskan dibawah ini dengan secara jelas :

Teks-Eksemplum

Pengertian Teks Eksemplum

Teks Eksemplum adalah suatu teks yang menceritakan perilaku tokoh didalam sebuah cerita. Contoh dari teks eksemplum ini biasanya diawali dengan adanya pengenalan tokoh, setelah itu barulah peristiwa yang dialami oleh tokoh, kemudian akan ditutup dengan interpretasi yang timbul dari tokoh dalam cerita tersebut. Teks eksemplum itu termasuk kedalam jenis karya yang didalamnya terkandung pengalaman hidup manusia.


Ciri-ciri Teks Eksemplum

Untuk dapat membedakan teks eksemplum ini dengan teks ulasan atau pun jenis teks yang lain, terdapat ciri-ciri yang wajib kita tahu. Ciri-cirinya dari teks eksemplum ini adalah:

  1. Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
  2. Mempunyai struktur lengkap.
  3. Adanya urutan peristiwa yang jelas.
  4. Menggunakan bahasa naratif.

Struktur Teks Eksemplum

Salah satu dari ciri teks eksemplum ini adalah mempunyai struktur yang lengkap, Adapun elemen yang menyusun teks eksemplum tersebut yang membuatnya menjadi utuh, serta memang sudah menjadi sebuah kewajiban di dalam membuat teks eksemplum, Dibawah ini merupakan struktur dari teks eksemplum:

  1. Orientasi

    orientasi adalah sebuah bagian pembuka atau awal teks dalam membuat teks eksemplum. Bagian orientasi ini biasanya berisi mengenai pengenalan dari tokoh. Contoh: Cewek itu sangat bertanggung jawab dan disiplin.

  2. Insiden

    Insiden adalah sebuah bagian yang didalamnya itu terkandung sebuah permasalahan yang dihadapi oleh si tokoh. Contohnya : Sintia tidak berangkat sekolah karena kendaraannya ada urusan keluarga.

  3. Interpretasi

    Interprestasi adalah sebuah bagian yang didalamnya terdapat pesan moral, evaluasi, serta juga akibat dari segala masalah yang dialami oleh si tokoh.

Setelah mengetahui Struktur dalam membuat teks Eksemplum ini kita juga harus mengetahui unsur dalam kebahasan pada teks eksmplum ini.


Kaidah Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Mirip dengan unsur teks prosedur kompleks yang banyak menggunakan konjungsi, nah pada unsur kebahasaan teks eksemplum ini pun terdapat konjungsi, berikut adalah unsur-unsur dalam teks eksemplum ini:

  1. Menggunakan Kalimat Kompleks
  2. Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  3. Menggunakan Kata Rujukan
  4. Menggunakan Kata Kerja

Karakteristik Teks Eksemplum

Dibawah ini merupakan beberapa karakteristik dari teks Eksemplum yang wajib untuk kamu ketahui, antara lain sebagai berikut :

  1. Isinya itu berupa sebuah kejadian atau peristiwa mengenai hal yang tidak sering terjadi.
  2. Membuat sang tokoh itu merasa menyesal atas kejadian yang terjadi.
  3. Penulis ada di dalam tulisan tersebut yaitu pada bagian interpretasi serta koda.
  4. Terdapat nilai – nilai yang dapat dijadikan pelajaran bagi tiap-tiap pembaca.

Contoh Teks Eksemplum

Nah dibawah ini akan diberikan contoh dalam teks eksemplum, sebagai berikut :

“Semangat Dalam Menyelasaikan Masalah”

Orientasi

Pagi sudah datang saatnya bersiap-siap untuk pergi kesekolah, aku pun bergegas mandi kemudian menyantap sarapanku supaya menambah energi untuk dapat mengerti pelajaran yang ada disekolah, dengan semangat dan riang aku pun berangkat ke sekolah bersama ayahku yang sedari tadi sudah menunggu di garasi rumah.

Insiden

Aku dan ayahku akhirnya berangkat, di perjalanan sudah tidak sabar aku untuk bisa belajar dan bertemu dengan teman-temanku, namun ditengah perjalan ternyata kendaraan yang kami gunakan mengalami mengalami kerusakan dan tidak mau untuk dinyalakan lagi dan karena hal itu membuat hati ku sedih karena aku ingin sekali belajar dan bertemu dengan teman-temanku. Aku jadi lesu dan termenung sedih karena hal itu juga membuat semangatku hilang, namun ayahku menyemangatiku dan memastikan bahwa aku tidak akan telat. Setelah itu ayahku memesan taksi dan pada saat taksi itu datang bergegas kami masuk kedalamnya dan menitipkan kendaraan kami yang rusak, setelah itu kami pergi berangkat ke sekolah dengan taksi yang dipesan ayahku. Diperjalan ayahku mengatakan bahwa selalu ada jalan keluar untuk segala masalah yang ada dan tetap semangat, akhirnya aku sampai ke sekolah tanpa telat.

Interpretasi

Oleh karena apa yang ayahku katakan diperjalan tadi membuatku sadar bahwa selalu ada solusi dalam masalah apapun, dan harus menjalani segala sesuatu itu dengan semangat, meski sekalipun itu dalam sebuah masalah sekalipun.

Nah dari penjelasan dan contoh diatas kita mendapat kesimpulan bahwa teks eksemplum merupakan sebuah teks yang menceritakan pengalaman seseorang yang didalamnya itu terkandung unsur dan struktur dalam menyusun teks eksemplum ini dan memiliki 3 struktur utama nya, yakni orientasi, insiden, serta juga interpretasi.

Semoga Penjelasan dan contoh mengenai Teks Eksemplum : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Karakteristik dan Contoh, diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Biografi, Ciri, Bentuk, Struktur Dan Jenisnya

Lihat Juga  √ Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis, Dan Contohnya

Lihat Juga  √52 Pengertian Sejarah, Unsur dan Ruang Lingkup Menurut Para Ahli