√ Rangkuman Dan Ringkasan : Pengertian, Ciri, Manfaat, Teknik

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Coba bayangkan apabila buku yang demikian tebal dibaca dalam kurun waktu singkat dan dituntut untuk dapat memperoleh informasi yang terkandung dalam buku dengan secara cepat. Tentu akan sangat merepotkan, bukan? tidak hanya itu pasti kalian sudah pernah merasakan apa yang namanya di suruh merangkum oleh guru disekolah, biasanya kalian disuruh merangkum materi pelajaran atau merangkum sebuah cerita.  Namun apakah kalian tau apa sih pengertian dari merangkum dan meringkas , dibawah ini merupakan ulasannya:

Rangkuman Dan Ringkasan : Pengertian, Ciri Manfaat, Teknik

Pengertian Rangkuman

Di  dalam sebuah rangkuman tidak terdapat adanya sebuah perubahan isi atau secara garis besar informasi. Oleh sebab itu kita dapat mengartikan rangkuman ialah pemadatan isi bacaan dalam upaya meminimalkan isi dengan mengambil point-pointnya saja sehingga akan dapat mempermudah pembaca dan tentu agar lebih cepat memahami makna dari bacaan tersebut.

Rangkuman merupakan hasil ekstrak dari suatu bacaan / tulisan, berita atau sebuah pembahasan, sehingga dapat menyimpulkan dengan secara singkat suatu tulisan, berita atau pembahasan tersebut.

Rangkuman menurut Djuharni, 2001 Rangkuman merupakan hasil aktivitas kegiatan merangkum. Rangkuman tersebut dapat di artikan ialah sebagai suatu hasil merangkum atau meringkas sebuah tulisan atau pembicaraan menjadi suatu uraian yang lebih singkat dengan melalui perbandingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya. Rangkuman tersebutjuga dapat pula diartikan ialah sebagai hasil merangkai atau juga menyatukan pokok – pokok pembicaaraan atau tulisan yang terpencar dalam bentuk point atau pokoknya saja.

Manfaat Rangkuman

Bacaa yang sudah disusun menjadi sebuah rangkuman akan sangat bermanfaat, baik bagi itu bagi si penulis ataupun itu orang lain (pembaca). Manfaat dari suatu rangkuman, antara lain ialah sebagai berikut.

  1. Isi bacaan akan dapat lebih mudah untuk diingat dan dipahami.
  2. Waktu yang digunakan dalam membaca dan mempelajari bacaan juga jauh lebih singkat.
  3. Membantu keperluan yang sifatnya itu praktis. Misalnya untuk mendapatkan informasi dengan secara cepat.
  4. Menggambarkan atau mengilustrasikan bacaan secara garis besar dari isi bacaan.

Teknik atau Langkah Membuat Rangkuman

Dalam membuat sebuah rangkuman diperlukan yang namanya teknik atau cara merangkum. Dibawah ini merupakan Teknik atau Tata Cara dalam merangkum bacaan, Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Bacalah semua teks bacaan kemudian tandailah bagian yang dianggap sangat penting.
  2. Kemudian tuliskan informasi yang kamu anggap penting itu dengan informasi pendukung.
  3. Setelah itu buatlah kerangka kemudian kembangkan menjadi sebuah rangkuman.
  4. Kemudian bacalah kembali hasil rangkuman yang kamu buat dengan teks bacaan asli, maka kamu akan melihat kelebihan dari sebuah rangkuman tanpa merubah makna dari teks bacaan yang kamu rangkum.

Pengertian Ringkasan

Bentuk ringkas dari sebuah  karangan yang akan masih memperlihatkan point dasar dari aslinya. Intinya ringkasan ini tidak meninggalkan urutan atau langkah dasar yang melandasinya. Dengan kata lain ringkasan adalah memperkecil point penting dengan meliputi gagasan utama bacaan dan kerangka dasarnya juga masih kelihatan jelas.

Ringkasan merupakan sebuah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang kedalam bentuk yang lebih kecil, singkat dan efektif. Ringkasan merupakan inti sari dari sebuah karangan tanpa ditambahi hiasan. Ringkasan tersebut juga dapat meliputi ringkasan sebuah buku, bab, ataupun artikel. Fungsi dari sebuah ringkasan ialah untuk dapat memahami atau mengetahui inti dari sebuah buku atau karangan. Dengan membuat sebuah ringkasan, kita akan dapat cara seseorang dalam menyusun gagasan atau pikiran yang dituangkan kedalam buku atau karangan,

Ciri-ciri ringkasan

  • Inti tidak meninggalkan urutan dasar karangan.
  • Kerangka dasar karangan masih tampak jelas
  • Memangkas gagasan utama kedalam bentuk yang lebih ringkas dan sederhana
  • Tujuannya untuk memangkas sebuah gagasan.

Langkah-Langkah Menulis Ringkasan

  1. Bacalah bahan dari pelajaran secara ringkas. Dalam hal ini kita perlu untuk dapat memperoleh gambaran isi dari materi secara garis besar saja.
  2. Membaca uraian materi dengan secara cermat. Dalam hal kita dituntut untuk dapat mengetahui dan menemukan gagasan utama dari tiap-tiap paragraf.
  3. Tandailah dan catatlah kalimat yang didalmnya terkandung pokok pikiran dan gagasan utama.
  4. Setelah itu Mulailah menyusun sebuah ringkasan. Catatan gagasan utama, dikembangkan lagi Keterangan dari gagasan utama yang diuraikan dengan kalimat sederhana serta mudah dipahami.
  5. Menyusun ringkasan ke dalam suatu skema.

Sekian urain mengenai Rangkuman Dan Ringkasan : Pengertian, Ciri, Manfaat, Teknik. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √Pengertian Senam Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Jenis dan Manfaatnya
Lihat Juga  √ Pengertian Tanjung, Karakteristik, Manfaat Beserta Contohnya
Lihat Juga  √ Hukum Internasional : Pengertian, Asas, Kaidah, Bentuk, Tujuan, dan Klasifikasi Menurut Para Ahli