√ Pengertian Stratifikasi Sosial, Proses, Faktor, Jenis, dan Fungsinya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai Stratifikasi Sosial, Penjelasan lebih lanjut dibawah ini :

Pengertian Stratifikasi Sosial, Proses, Faktor, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian Stratifikasi Sosial

Pengertian Stratifikasi Sosial merupakan pengelompokan anggota masyarakat kedalam lapisan-lapisan sosial itu dengan secara bertingkat. Atau juga definisi dari stratifikasi sosial ialah suatu pengelompokan dari anggota masyarakat dengan berdasarkan status yang dimilikinya.

Stratifikasi sosial atau juga disebut  dengan pelapisan sosial ini sudah dikenal saat manusia menjalankan kehidupan. Terbentuknya stratifikasi sosial ini dari hasil kebiasaan manusia seperti misalnya berkomunikasi, berhubungan atau juga bersosialisasi satu sama lain dengan secara teratur ataupun juga tersusun, baik itu dengan secara individual atau juga berkelompok. Namun apapun wujudnya didalam suatu kehidupan bersama sangat memerlukan penataan dan juga organisasi, dalam rangka penataan pada kehidupan inilah yang pada akhirnya itu akan menimbulkan sedikit-demi sedikit yang namanya stratifikasi sosial.

Proses Terjadinya Stratifikasi Sosial

Setelah mengerti mengenai pengertian dari stratifikasi sosial, dibawah ini akan dijelaskan Proses terjadinya dari stratifikasi sosial diantaranya sebagai berikut:

Terjadi secara otomatis/dengan sendirinya

Dapat terjadi disebabkan karena faktor yang sudah ada sejak seseorang lahir, atau juga proses ini bisa terjadi disebabkan pertumbuhan masyarakat. Sesorang yang menempati suatu lapisan tertentu bukan atas dasar kesengajaan yang dibuat oleh masyarakat atau juga dirinya sendir akan tetapi terjadi dengan secara otomatis, seperti misalnya keturunan.

Terjadi secara sengaja

Dapat terjadi dengan sengaja dengan maksud ialah untuk tujuan atau kepentingan bersama. Sistem ini ditentukan dengan adanya wewenang serta juga kekuasaan yang diberikan oleh seseorang atau juga organisasi. contohnya seperti diberikan oleh partai politik, perusahaan tempat bekerja, pemerintahan serta lain sebagainya.

Faktor penyebab terjadinya stratifikasi sosial

Dibawah ini merupakan faktor penyebab stratifikasi sosial diantaranya sebagai berikut :

  1. Kekayaan, sesorang yang memiliki kekayaan yang lebih biasanya akan termasuk ke dalam lapisan paling atas didalam stratifikasi sosial.
  2. Kehormatan, orang yang paling paling dihormati atau disegani juga biasanya selalu menempati lapisan paling atas, dapat ditemui di masyarakat, contohnya seperti seseorang yang berjasa besar dilingkungannya.
  3. Kekuasaan, ukuran dari kekuasaan seseorang juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab terbentuknya statifikasi sosial serta juga biasanya seseorang yang memiliki kekuasaan selalu menempati lapisan teratas, contohnya  seperti gubernur, bupati serta lain sebagainya.
  4. Berilmu tinggi atau juga memiliki pengetahuan tinggi, seseorang juga akan menempati urutan paling atas apabila dia mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi.

Jenis-jenis dari stratifikasi sosial

Dibawah ini merupakan jenis-jenis dari stratifikasi sosial, diantaranya sebagai berikut :

Stratifikasi sosial tertutup/pelapisan sosial tertutup

Yang dimaksud dengan stratifikasi tertutup ialah stratifikasi yang mana pada tiap-tiap anggota masyarakat itu tidak bisa pindah ke tingkat sosial yang lebih tinggi atau juga ke tingkat sosial yang lebih rendah. Seperti contoh seperti pada sistem kasta pada suatu negara atau juga pada suatu daerah yang yang mana terdapat golongan darah biru serta juga golongan masyarakat biasa.

Stratifikasi sosial terbuka/pelapisan sosial terbuka

Yang dimaksud dengan stratifikasi sosial terbuka yakni suatu sistem stratifikasi yang mana pada tiap-tiap anggota masyarakat dapat berpindah-pindah dari satu tingkatan yang satu ke oada tingkatan lainnya. contohnya Seperti pada tingkatan dunia pendidikan, jabatan pekerjaan, kekuasaan serta lain sebagainya. Seseorang yang tadinya mungkin hanya masyarakat biasa-biasa saja namun dapat mengubah nasib serta juga tingkatan sosialnya menjadi lebih baik atau lebih tinggi lagi, itu tentu disebabkan seseorang mau berusaha keras untuk bisa mengubah nasibnya lebih baik lagi dengan cara misalnya sekolah yang tinggi serta juga memiliki banyak kemampuan.

Fungsi Stratifikasi Sosial

Dibawah ini  merupakan beberapa fungsi dari staratifikasi sosial, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Sebagai suatu alat untuk penditribusian hak serta juga kewajiaban, contohnya seperti: menentukan kedudukan, jabatan, penghasilan seseorang dan lain sebagainya.
  2. Untuk dapat mempersatukan dengan pola menkoordinasikan pada bagian-bagian yang terdapat distruktur sosial yang supaya dapat mencapai tujuan yang sudah di tentukan sebelumnya.
  3. Sebagai penempatan individu atau juga seseorang pada strata (lapisan) tertentu dalam struktur sosial.
  4. Sebagai penentu tingkatan mudah atau juga tidaknnya bertukar status atau juga kedudukan dalam struktur sosial.
  5. Untuk dapat  memecahkan berbagai macam permasalahan yang terdapat dalam masyarakat.
  6. Dan juga untuk mendorong masyarakat supaya mau bergerak sesuai dengan fungsinya.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Stratifikasi Sosial, Proses, Faktor, Jenis, dan Fungsinya, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Novel, Ciri, Struktur, Jenis, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Lihat Juga  √ Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank, Fungsi, dan Tujuannya
Lihat Juga  √ Pengertian Informasi, Fungsi, Jenis, dan Menurut Para Ahli