√ Debit & Kredit : Pengertian, Contoh, Manfaat dan Perbedaan Menurut Para Ahli

Diposting pada
√ Debit & Kredit : Pengertian, Contoh, Manfaat dan Perbedaan Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote

Pendidikan.Co.Id – pada saat kita akan membahas mengenai Debit dan Kredit, dalam penjelasannya juga meliputi beberapa definisi kredit dan debit yang dikemukakan oleh para ahli, beserta dengan contoh dan manfaatnya, untuk lebih jelasnya berikut uraiannya:

Debit & Kredit : Pengertian, Contoh, Manfaat dan Perbedaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kredit

Kredit ini berasal dari bahasa Latin, yakni Credere yang memiliki arti kepercayaan. Kredit merupakan  seseorang untuk membeli atau juga melakukan pinjaman dengan cara melakukan perjanjian dalam pembayaran yang sesuai dengan jangka waktu tertentu. Salah satu contoh kredit adalah penggunaan pada kartu kredit. dibawah ini merupakan pengertian Kredit yang dikemukakn oleh para ahli.

Pengertian Kredit Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian kredit yang dinyatakan oleh beberapa para ahli, diantaranya :

Kredit Menurut Thomas Suyatno

Menurutnya kredit adalah penyediaan uang yang biasa disamakan dengan suatu tagihan-tagihannya sesuai dengan persetujuan diantara pinjaman dan juga yang meminjamkan.

Kredit Menurut Henry Dunning

Menurutnya Kredit merupakan saat  seseorang itu memberikan sebuah jasa atas sebuah perjanjian untuk dapat melakukan pembayarannya.

Kredit Menurut Mecleod Rivai dan Veithzal

Menurutnya Kredit merupakan penyerahan uang, jasa atau juga barang dari satu pihak kepada pihak yang lain atas dasar sebuah kepercayaan dengan perjanjian akan membayar pada saat waktu yang sudah ditentukan dan disepakati bersama.

Kredit Menurut Hasibuan

Menurutnya Kredit merupakan semua jenis pinjaman yang harus dibayar bersama dengan bunganya oleh si peminjam seperti yang sesuai pada perjanjian yang disepakati bersama.

Manfaat Kredit

Setelah mengetahui beberapa pengertian Kredit yang dikemukakan oleh para ahli, saatnya kita mengetahui manfaat kredit itu sendiri, nah dibawah ini beberapa manfaat kredit, diantaranya yaitu:

  1. Kredit akan meningkatkan daya guna dari modal
  2. Meningkatkan daya guna suatu barang atau produk
  3. Kredit bermanfaat sebagai alat stabilitas ekonomi
  4. Menjadi media untuk meningkatkan pendapatan nasional

Pengertian Debit

Debit ini berasal dari bahasa latin yakni dari kata Debere. Debit merupakan sebuah catatan pada pos buku yang menambah nilai aktiva atau juga yang mengurangi jumlah kewajiban. Debit tersebut juga diartikan ialah sebagai uang yang harus ditagihkan kepada orang lain atau disebut dengan piutang.

Salah satu contoh dari debit yang sering terjadi yaitu dimana saat melakukan penarikan uang dari mesin ATM yang disediakan oleh Bank. Saat melakukan transaksi terdapat Pemberitahuan dari transaksi tersebut dengan melalui sms yang akan menyebutkan telah terjadi debit.

Manfaat Debit

Dibawah merupakan manfaat dari Debit, diantaranya sebagai berikut :

Tabungan Bergerak

Kartu debit ini biasanya diberikan apabila Anda membuka sebuah rekening tabungan di bank, dan fungsinya itu pun seperti rekening tabungan Anda yang dapat dibawa ke mana-mana. Kartu debit tersebut dapat digunakan untuk dapat menarik uang dari tabungan yang anda miliki. Namun, untuk lebih memudahkan pada saat berbelanja, Anda dapat secara langsung menggesek kartu debit tersebut di mesin EDC yang disediakan oleh restoran, atau merchant lainnya. Pada saat menggesek kartu debit, dengan secara otomatis rekening di tabungan Anda itu pun juga akan berkurang sesuai dengan nominal pembelanjaan Anda.

Tidak dikenai bunga atau denda

Penggunaan kartu debit tersebut juga  tidak akan dikenakan bunga dari transaksi maupun sisa tagihan yang belum terbayar. Disebabkan karena, pada saat anda  menggesek kartu debit, saldo yang ada di rekening tabungan itu akan langsung terpotong untuk dapat membayar belanjaan Anda. Oleh demikian, maka tidak akan ada tagihan yang tersisa.

Selain itu, biaya administrasi bulanan atau tahunan kartu debit ini juga biasanya relatif lebih kecil apabila  dibandingkan dengan biaya administrasi tahunan kartu kredit yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Bebas cicilan bulanan

Pada sat menggunakan kartu kredit biasanya orang akan menggunakannya untuk dapat menggunakan/mengambil cicilan. Sebab itu, Setiap bulannya nasabah tersebut akan mendapatkan tagihan cicilan yang harus segera dibayarkan. Kalau denga kartu debit, Anda akan terbebas dari cicilan tersebut. Sebab, Anda memang hanya menggunakan kartu debit dengan berdasarkan jumlah uang di tabungan. Apabila uang yang ada di tabungan Anda cukup untuk dapat langsung membayar lunas semua transaksi, maka akan langsung dibayar lunas.

Lebih aman

Dalam penggunaan kartu debit itu juga tentu lebih aman apabila dibandingkan harus membawa uang tunai dalam jumlah uang banyak. pada saat anda ingin berbelanja dalam jumlah banyak, anda hanya tinggal memasukkan uang yang anda punya ke rekening dengan jumlah yang diinginkan, Kemudian menuju tempat perbelanjaan dengan hanya membawa kartu debit. Selain itu anda juga akan terbebas dari incaran orang yang berniat jahat karena tak terlihat mencolok dengan membawa uang dalam jumlah banyak.

Praktis

Apabila ingin mengambil uang dari rekening tabungan anda tidak harus datang ke Bank dan mengantri, karena sudah disediakan ATM  yang dapat membantu anda dalam mengambil sejumlah uang di waktu apapun, Selain untuk dapat mengambil uang, kartu debit ini juga memungkinkan anda untuk dapat menabung atau melakukan setoran uang ke rekening tabungan Anda pada ATM yang biasanya dilabeli dengan setor tunai.

Perbedaan Debit dan Kredit

Setelah penjelasan diatas, dibawah ini merupakan beberapa perbedaan debit serta  kredit diantaranya sebagai berikut:

  1. Debit merupakan pencatatan pengurangan nominal uang, sedangkan kredit merupakan pencatatan penambahan nominal uang.
  2. Transaksi debit bisa diartikan sebagai aktivitas menabung di bank, sedangkan kredit adalah aktivitas mengeluarkan uang di bank atau meminjam uang di Bank.
  3. Debit adalah pencatatan pembukuan tentang pengurangan deposito

Sekian penjelasan mengenai Debit & Kredit : Pengertian, Contoh, Manfaat dan Perbedaan Menurut Para Ahli, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Ergonomi, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Prinsip Dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Bea Cukai, Ciri, Aspek, Tugas, dan Fungsinya
Lihat Juga  √ Pengertian Manajer, Tugas, Fungsi, Tingkatan, Etika Dan Perannya