√ Pengertian Etika Bisnis, Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Menurut Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Etika Bisnis penjelasan mengenai Etika Bisnis ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Etika Bisnis, Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Menurut Ahli

Pengertian Etika Bisnis

Pengertian etika bisnis ini merupakan sebuah cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berhubungan dengan individu, perusahaan serta masyarakat. Etika Bisnis di dalam sebuah perusahaan itu dapat/bisa membentuk nilai, norma serta juga perilaku karyawan dan juga pimpinan di dalam membangun hubungan yang adil, sehat, dan baik dengan pelanggan (mitra kerja), pemegang saham serta juga masyarakat.

Perusahaan pun juga percaya bahwa prinsipbisnis yang baik itu ialah bisnis yangberetika, yakni bisnis dengan kinerja unggul serta jugaberkesinambungan yang dijalankan dengan menaati kaidah/peraturan etika yang sejalan dengan hukum serta juga peraturan yang berlaku.

Etika Bisnis dapat/bisa menjadi standar ataujuga pedoman bagi semua karyawan dan termasuk juga manajemen serta dapat menjadikannya sebagai pedoman di dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari itu dengan dilandasi dengan moral yang jujur, transparan, luhur serta sikap yang profesional.

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Supaya dapat mengerti lebih jauh lagi mengenai pengertian Etika bisnis ini, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, sebagai berikut :

Menurut Sumarni (1998:21)

Pengertian Etika bisnis itu terkait dengan masalah penilaian terhadap kegiatan serta perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau juga kejujuran berusaha.

Menurut Bertens (2000)

Etika bisnis ini lebihluas dari adanya suatu ketentuan yang diatur oleh hukum, bahkan ini merupakan standar yang lebih tinggi apabiladibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena di dalamnya kegiatan atauaktivitas bisnis itu seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang mana hal tersebut tidak diatur oleh ketentuan hukum.

Menurut Muslich (2004:9)

Pengertian Etika bisnis ini ialah suatu pengetahuan mengenai/tentang tata cara ideal pengaturan serta pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma serta juga moralitas yang berlaku dengan secara universal.

Menurut Hill dan Jones

Pengertian Etika Bisnis ini ialah suatu ajaran dalam membedakan antara salah & benar dalam memberikan pembekalan kepada tiap-tiap pemimpin dari sebuah perusahaan pada saat mempertimbangkan dalam mengambil keputusan strategis yang terkait dengan adanya masalah moral yang kompleks.

Menurut Sim

Pengertian Etika Bisnis ini merupakan karakter dalam menyampaikan integritas moral serta nilai-nilai yang konsisten dalam pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut berkaitan dengan kepemimpinan yang efektif di dalam organisasi.

Menurut Velasques

Pengertian Etika Bisnis ini merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar serta salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi serta perilaku bisnis.

Menurut Bussiness & Society-Ethics and Stakeholders Management

Pengertian Etika Bisnis ini merupakan kedisiplinan yang berhubungan dengan baik serta buruknya suatu tugas dan juga kewajiban moral dalam konteks bisnis.

Menurut Steade et al

Pengertian Etika Bisnis ini merupakan standar etika yang berhubungan dengan tujuan serta cara membuat keputusan bisnis.

Tujuan Etika Bisnis

Salah satu tujuan etika bisnis ialah memberikan kesadaran akan moral serta memberikan batasan kepada para pelaku bisnis di dalam menjalankan bisnisnya dengan bersikap baik, sehingga tidak berperilaku yang dapat/bisa merugikan banyak pihak yang terdapat berkaitan dengan bisnis tersebut.

Manfaat Etika Bisnis

Manfaat etika bisnis bagi sebuah perusahaan diantaranya ialah :

Dapat Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Etika bisnis ini sangat penting bagi sebuah perusahaan, paling utama perusahaan besar yang memiliki/mempunyai banyak sekali karyawan yang sama-sama tidak saling mengenal. Tiap-tiap karyawan sebuah perusahaan akan terikat dengan peraturan standar etis yang sama, maka apabila terdapat kasus yang timbul maka akan mengambil keputusan yang sama.

Dapat Menjelaskan Bagaimana Menilai Tanggung Jawab Sosialnya

Menjelaskan tanggung jawab sosial atau dengan mengunakan pendekatan sosial sebuah perusahaan tidak hanya memperoleh keuntungan dari segi ekonomi namun juga dari segi sosial. Apabila sebuah perusahaan telah bertanggung jawab dari segi sosial maka usaha akan berjalan dengan baik, sehingga dengan secara tidak langsung perusahaan tersebut akan terhindar dari konflik sosial yang merugikan.

Dapat Membantu Menghilangkan Grey Area Pada Bidang Etika

Seperti kesetaraan penerimaan gaji, penggunaan tenaga kerja di bawah umur serta kewajiban perusahaan di dalam menjaga lingkungan hidup. Sehingga perusahaan mempunyai batasan-batasan di dalam menjalankan bisnisnya.

Dapat Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Mempunyai daya saing saat ini sudah menjadi keharusan bagi tiap-tiap perusahaan. Sebab apabila perusahaan tidak mempunyai daya saing, maka usahanya tidak akan bertahan lama. Apabila sebuah perusahaan mempunyai etika yang baik, maka usahanya akan mengalami perkembangan serta semakin meningkatkan daya saing atau juga kemampuannya untuk bersaing di pasaran dengan perusahaan atau pembisnis lain.

Dapat Meningkatkan Kepercayaan Investor Pada Perusahaan

Bagi perusahaan yang sudah go publik itu maka akan memperoleh manfaat seperti meningkatnya kepercayaan investor untuk berinvestasi. Apabila terjadi kenaikan harga saham ini maka biasanya akan menarik minat investor untuk berinvestasi atau juga membeli saham perusahaan.

Dapat Membangun Citra Positif Perusahaan

Etika bisnis ini juga bisa membangun citra yang baik mengenai sebuah perusahaan di mata mitra bisnis atau juga konsumen. Dengan citra yang baik ini akan menjaga kelangsungan hidup sebuah perusahaan tersebut.

Prinsip Etika Bisnis

Dibawah ini merupakan beberapa prinsip etika bisnis, diantaranya ialah sebagai berikut :

Memiliki Kejujuran Saat Berkomunikasi dan Bersikap

Disaat membangun sebuah bisnis itu dibutuhkan kejujuran saat berkomunikasi danbersikap dengan mitra kerja dan konsumen, sehingga usaha yang dibangun tersebut akan mendapatkan kepercayaan.

Selalu Memenuhi Janji Dan Komitmen

Seorang pembisnis yang baik itu harus selalu memenuhi tiap-tiap janjinya serta selalu berkomitmen di dalam menjalankan bisnisnya.

Memiliki Integritas

Maksudnya, dalam berbisnis atau juga menjalankan usaha itu dibutuhkan konsistensi pada pemikiran, ucapan serta perbuatan.

Memiliki Loyalitas

Mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap suatu bisnis yang di geluti itu merupakan hal yang penting. Loyalitas tersebut dapat/bisa dilihat dari kerja keras serta juga keseriusan di dalam menjalani bisnis, bekerja sesuai dengan visi serta misi, dan juga tidak mencampurkan urusan pekerjaan itu dengan urusan pribadi.

Menurut Coux Round Table, prinsip etika bisnis diantaranya:

  • Tanggung jawab dalam hal yang dikerjakan
  • Dalam aspek berbisnis harus menuju inovasi, keadilan, serta komunitas dunia
  • Saling percaya dalam perilaku

Pendekatan Etika Bisnis

Terdapat tiga pendekatan dasar di dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, diantaranya ialah sebagai berikut :

Utilitarian Approach

Tiap-tiap tindakan itu harus didasarkan pada konsekuensinya. Untuk itu, di dalam melakukan tindakan seseorang tersebut seharusnya mengikuti cara yang bisa/dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat itu dengan cara yang tidak membahayakan serta dengan biaya serendah-rendahnya.

Individual Rights Approach

Tiap-tiap orang dalam tindakan serta kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Tapi, tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari jika diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak orang lain.

Justice Approach

Para pengambil keputusan tersebut memiliki/mempunyai kedudukan yang sama dan juga bertindak adil di dalam memberikan suatu pelayanan kepada pelanggan baik itu dengan secara perseorangan ataupun secara kelompok.

Etika bisnis yang harus dipahami serta dilakukan para profesional, diantaranya ialah:

  • Sebutkan nama lengkap
  • Berdirilah saat memperkenalkan diri
  • Ucapkan terima kasih secukupnya
  • Kirim ucapan terima kasih dengan email setelah pertemuan bisnis
  • Jangan duduk sambil menyilang kaki
  • Tuan rumah yang harus membayar

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Etika Bisnis, Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  Pengertian Teks Negosiasi : Struktur, Unsur, Dan Cirinya
Lihat Juga  √ Pengertian Motif Ekonomi, Perbedaan, Macam dan Tujuannya
Lihat Juga  √ Pengertian Router, Fungsi, Jenis Beserta Cara Kerjanya