√ Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kita akan membahas mengenai brosur, brosur sendiri merupakan alat atau media informasi untuk meningkatkan atau mengenal produk barang atau jasa kepada masyarakat, untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Pengertian Brosur

Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.

Brosur sendiri merupakan buku yang diterbitkan itu secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, serta juga selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu dengan stapler, benang, atau juga kawat, biasanya mempunyai sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.

Apabila terdiri dari satu (1) halaman, brosur atau juga pamflet umumnya itu dicetak pada kedua sisi, serta dapat dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga dapat membentuk panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar atau halaman ini juga sering disebut dengan sebutan selebaran. Selain dari itu, untuk brosur  yang memuat informasi mengenai produk disebut dengan sebutan katalog produk atau sering hanya disebut dengan katalog saja.

Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.

Menurut definisi UNESCO, brosur merupakan terbitan tidak berkala yang tidak dijilid lengkap (dalam satu terbitan), mempunyai paling sedikit 5 halaman namun tetapi tidak lebih dari 48 halaman, diluar perhitungan sampul.

Tujuan Brosur

Sedangkan, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, sebagai berikut.

  1. Information
  2. Promotion
  3. To increase attractiveness for a product
  4. As an identy for a product

Ciri-Ciri Brosur

Dibawah ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya sebagai berikut:

  • Umumnya mempunyai  pesan yang tunggal.
  • Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi
  • orang/pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Hanya sekali diterbitkan.
  • Dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
  • Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
  • Memiliki desain yang menarik serta juga  isinya jelas.

Fungsi Brosur

Fungsi utama dari sebuah brosur merupakan memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan dengan secara detail. Untuk dapat menarik perhatian masyarakat, umumnya brosur ini dibuat dengan desain yang menarik serta juga isinya jelas.

Lebih jelasnya, fungsi dari brosur diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
  2. Sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
  3. Untuk mempertahankan kriteria maupun konsep yang sama dengaan melalui semua brosur perusahaan atau produk aatau layanan yang dimiliki.

Contoh Brosur

Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √Pengertian, Ciri, Tujuan Inovasi Secara Umum Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Besi, Rumus Kimia Besi, dan Sifatnya
Lihat Juga  √Pengertian dan Unsur Koperasi Indonesia Terlengkap