√ Pengertian Denudasi, Faktor, Proses Terjadi dan Dampaknya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id –  Denudasi merupakan sebuah istilah yang sering muncul di dalam ilmu geologi. Seperti halnya lapisan bumi kadang mengalami segala macam aktivitas. Salah satu aktivitas ata kegiatan dari bumi inilah yang disebut dengan sebutan denudasi. untuk lebih jelasnya baca artikel dibawah ini :

Pengertian Denudasi, Faktor, Proses Terjadi dan Dampaknya

Pengertian Denudasi

Denudasi merupakan sebuah serangkaian proses yang panjang yang mengakibatkan pengikisan pada permukaan Bumi yang pada akhirnya akan membuat kurangnya ketinggian dan relief bentang alam dan  juga juga lanskap bumi. Denudasi tersebut merupakan proses alamiah yang bisa terjadi dalam waktu yang lama yang dapat juga disebabkan oleh karena beberap faktor misalnya faktor kimia, biologi maupun mekanis. Dalam setiap aktivitas selalu ada proses didalamnya sama dengan Denudasi ini juga melibatkan berbagai macam proses.

Faktor- faktor Penyebab Denudasi

Denudasi tersebut dapat terjadi karena disebabkan bermacam- macam faktor, Untuk mengetahui lebih jelas mengenai faktor- faktor penyebab denudasi, akan diuraikan di bawah ini. Faktor- faktor penyebab denudasi antara lain adalah:

Topografi permukaan

Merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi atau yang menjadi penyebab terjadinya denudasi. Topografi permukaan itu merpakan tinggi rendahnya permukaan Bumi atau kerak bumi. topografi yang curam lebih mudah untuk terkena denudasi daripada topografi wilayah yang rendah . Topografi permukaan bumi yang curam lebih tersebut mudah terkena denudasi disebabkan karena pengaruh dari bentuknya. Topografi permukaan bumi yang curam setelah terjadinya denudasi itu maka akan berkurang kecuramannya dan juga pada ketinggiannya juga akan berkurang.

Geologi

Faktor ini juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi atau yang menjadi penyebab terjadinya denudasi. Faktor geologi yang dimaksud ini adalah tenaga yang berasal dari bumi, seperti

  1. Tenaga endogen
    Tenaga endogen ini merupakan sebuah tenaga yang berasal dari dalam bumiBeberapa contoh tenaga endogen yang mengakibatkan denudasi ini antara lain adalah pergeseran lempeng tektonik, gempa bumi, rekahan, dan gunung meletus.
  2. Tenaga eksogen
    sementara tenaga eksogen merupakan suatu tenaga yang berasal dari luar bumi. contoh tenaga eksogen yang menyebabkan denudasi ini adalah erosi, pelapukan dan juga peristiwa mass wasting.

Tenaga endogen dan eksogen tersebut dapat memberikan dampak atau juga pengaruhnya terhadap bentuk permukaan bumi, baik itu untuk merubah bentuk permukaan bumi atau pun juga yang menyebabkan bentukan baru pada permukaan bumi.

Iklim

Merupakan keadaan cuaca rata- rata yang melingkupi suatu tempat yang luas dan juga dalam kurun waktu yang panjang. Iklim tersebut juga menjadi salah satu penyebab terjadinya denudasi dari segi faktor fisika. Iklm yang ekstrim tentu akan lebih cepat menyebabkan denudasi ketimbang iklim yang stabil. Hal itu misalnya seperti batu yang lebih cepat melapuk pada wilayah iklim ekstrim ketimbang yang wilayah yang stabil.

Aktivitas tektonik

Selain dari hal diatas, aktivitas tektonisme ini pun merupakan faktor yang berpengaruh dalam proses terjadinya denudasi. Aktivitas tektonik ini adalah gerakan- gerakan yang terjadi pada lempeng- lempeng bumi. gerakan yang terjadi pada lempeng- lempeng bumi tersebut akan menyebabkan segalamacam akibat, seperti munculnya bentuk- bentuk perukaan bumi yang tidak rata. Bentukan- bentukan tersebut muncul karena adanya sebuah pergerakan atau pergeseran lempeng.

Biosfer

Biosfer yang dimaksud disini ialah aktivitas flora dan juga fauna. Aktivitas flora dan fauni tersebut misalnya adalah keadaan tanah yang tidak ditumbuhi oleh tanaman sehingga akan memudahkan tanah untuk lebih cepat terkikis dan kemudian menimbulkan denudasi, dan lain sebagainya. Semntara itu untuk aktivitas hewan atau binatang ini lebih kearah pada aktivitas binatang yang berlebihan akan menyebabkan denudasi itu untuk lebih cepat terjadi.

Aktivitas manusia

Untuk Aktivitas manusia ini memang bisa dibilang beragam. Manusia dalam beraktivitas ini memang sering melibatkan alam, dan juga alam yang dilibatkan dalam kegiatan atau aktivitas manusia itu juga seringkali mengalami perubahan, walaupun tidak kita sadari atau mungkin tidak kita hiraukan. Salah satu dari kegiatan /aktivitas manusia yang bisa menyebabkan atau menimbulkan terjadinya denudasi ini adalah pembangunan gedung bertingkat.

Pembangunan gedung bertingkat tersebut akan mengakibatkan percepatan terjadinya tanah amblas. Hal tersebut karena bobot gedung yang harus diterima pada permukaan tanah yang ditempati. Selain pembangunan gedung bertingkat. Begitupula dengan penggalian tambang, hal tersebut juga dapat mengakibatkan denudasi.

Proses Terjadinya Denudasi

Proses terjadinya denudasi ini melibatkan beberapa proses yakni mekanis, biologis dan juga kimiawi. Dalam prosesnya, denudasi tersebut dapat meliputi pengikisan partikel padat serta juga material yang sudah larut. Hal tersebut termasuk pada:

  1. subproses kriofraktur,
  2. pelapukan insolasi,
  3. kehancuran singkat,
  4. pelapukan garam,
  5. bioturbasi dan
  6. dampak antropogenik.

Untuk dapat memahami lebih dalam mengenai masing- masing dari proses terjadinya denudasi, dibawah ini merupakan beberapa contohnya.

Proses mekanis

Denudasi yang dilakukan dengan melalui proses mekanis disebut juga proses fisika. Hal tersebut tentu akan melibatkan berbagai macam aspek/elemen, seperti angin, air, udara, sinar matahari dan juga lain sebagainya. Denudasi dengan melalui proses mekanis ini misalnya terjadi pada daerah yang memiliki iklim ekstrim. Denudasi tersebut hampir mirip memang dengan erosi, namun terjadinya pada bidang yang tinggi.

Proses kimiawi

Denudasi yang terjadi disebabkan karena proses kimiawi misalnya terjadi karena pengaruh kandungan air hujan. Air hujan yang sedikit banyak mengandung asam mempunyai kekuatan untuk melapukkan sesuatu. Hal tersebut tidak terkecuali kenampakan alam yang terdapat di bumi. Apabila tidak karena kandungan air hujan, maka hal tersebut bisa terjadi karena kekuatan air hujan. Bagian bumi yang menonjol lama- kelamaan itu akan dapat terkikis akan menimbulkan pada ketinggian bidang yang akan berkurang dan material hilangjuga dapat  berpindah ke tempat lain karena terbawa oleh aliran air hujan tersebut.

Proses biologi

Pada Proses biologi ini melibatkan aktivitas makhluk hidup. Aktivitas manusia yang berkaneka ragam dapat atau bisa menjadikan permukaan bumi itu mengalami denudasi Sebagai contohnya seperti pembangunan gedung bertingkat dan pertambangan yang sudah dijelaskan diatas.

Dampak Terjadinya Denudasi

Denudasi adalah suatu proses alam yang lebih banyak mengandung nilai atau sisi negatifnya ketimbang positifnya. Hal tersebut karena dapat menimbulkan perubahan pada bentuk muka bumi. Walau demikian denudasi tersebut juga ada sisi positif atau manfaatnya. Beberapa dampak dari adanya denudasi ini antara lain ialah sebagai berikut:

  1. Terbentuknya tebing- tebing yang mengikis
  2. Hilangnya sebagain dari kerak bumi atau juga berubahnya bentuk permukaan bumi
  3. Timbulnya tempat wisata disebabkan karena biasanya hasil denudasi ini memiliki bentuk yang unik

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Denudasi, Faktor, Proses Terjadi dan Dampaknya, semoga dapat bermafaat untuk anda dan kita semua.

Lihat Juga  √ Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat dan Dampaknya
Lihat Juga  √ Pengertian Produksi, Faktor, Proses, dan Tujuannya
Lihat Juga  √ Pengertian Musyawarah, Ciri, Tujuan, Manfaat, Dan Contohnya