√ Pengertian Design Grafis, Prinsip dan Unsur dan Program

Diposting pada
√ Pengertian Design Grafis, Prinsip dan Unsur dan Program
5 (100%) 1 vote

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kembali kita akan menshare mengenai Design Grafis, Design grafis secara garis besar ada salah satu alat untuk komunikasi dengan menggunakan elemen visual. Lebih lanjut kita bahas dibawah ini :

Pengertian Design Grafis, Prinsip dan Unsur dan Program

Pengertian Design Grafis

Desain Grafis itu berasal dari 2 kata yakni Desain dan Grafis, kata Desain ini memiliki arti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau sebelum merancang. Sedangkan Grafis merupakan titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dapat diartikan bahwa desain grafis merupakan kombinasi kompleks antara kata-kata gambar-angka-grafik, fota dan juga ilustrasi yang membutuhkan suatu pemikiran khuss dari individu yang bisa mengabungka elemen tersebut sehinggadapat menghasilkan sesuatu .

Desain Grafis merupakan suatu cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya itu Desain Grafis dibantu oleh alat bantu yakni komputer dalam mendesain sebuah object.

Pengertian Design Grafis merupakan suatu proses komunikasi dengan menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, serta juga gambar yang dimaksudkan untuk dapat menciptakan persepsi akan message/ pesan yang disampaikan. Bidang ini menitikberatkan pada proses komunikasi visual.

Secara singkat, design grafis tersebut diartikan ialah sebagai suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk dapat menyampaikan informasi atau pesan dengan seefektif mungkin.

Batasan Media

Desain grafis ini pada awalnya diterapkan ini untuk media-media statis, seperti buku, majalah, serta juga brosur. Beriringan dengan kemanjuan teknologi dan berkembangnya zaman desain grafis ini juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut dengan sebutan desain interaktif atau desain multimedia.

Sehingga batas dimensi juga telah berubah seiring berubahnya pemikiran mengenai desain. Desain grafis tersebut bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang melingkup pada pengolahan ruang.

Prinsip dan Unsur desain

Pada saat membahas unsur dalam desain grafis maka tidaklah berbeda dengan disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut itu seperti  (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang,serta juga  warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.

Prinsip-prinsip serta Unsur dalam design grafis ini hampir sama dengan design lainnya, yakni sebagai berikut  :

  1. Keseimbangan (balance),
  2. Ritme (rhythm),
  3. Tekanan (emphasis),
  4. Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity),

Bahan Desain Grafis

Dalam membuat desain grafis Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis itu adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, serta juga komputer. Sebuah konsep atau ide tersebut biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum ide tersebut direalisasikan atau dinyatakan ke dalam sebuah bentuk visual.

Perancang grafis

Perancang grafis atau disebut juga dengan sebutan Desainer grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) merupakan suatu profesi yang menciptakan atau membuat ilustrasi, tipografi, fotografi, atau juga grafis motion. Seorang desainer grafis ini membuat dan menciptakan karya untuk penerbit, media cetak serta juga elektronik, seperti contohnya pada brosur dan mengiklankan produk.

Mereka bertanggung jawab pada sebuah tampilan dalam upaya tampak menarik, yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berhubungan dengan produk serta juga publik.

Keterampilan Design Grafis

Dibawah ini merupakan beberapa ketrampilan design grafis :

  1. Seni Visual
    Ilmu yang termasuk kedalam seni visual antara lain ialah fotografi dan digital imaging.
  2. Tipografi
    Tipografi adalah sebuah seni dalam merancang, menyusun serta juga memodifikasi huruf. Tipografi ini mengaitkan beberapa pengaturan pada huruf seperti misalnya ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf dengan secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), serta juga leading (jarak antar baris).
  3. Tata Letak
    Tata letak merupakan seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman, seperti misalnya pada penempatan gambar dan juga teks. Ketrampilan tersebut umumnya digunakan dalam media cetak ialah seperti majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada sebuah media cetak yang baik tersebut akan menambah kenyamanan bagi para pembacanya.
  4. Desain Interaksi
    Berkembangnya teknologi informasi, para desainer grafis mulai mengambil peran dalam merancang tampilan perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau dalam bahasa inggris “APG” (Inggris: Graphical User Interface (GUI))) serta juga tampilan dari halaman web.

Desainer grafis tersebut bekerja sama dengan pengembang situs web atau juga  pengembang perangkat lunak didalam merencakan dan merancang tampilan untuk dapat meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan perangkat lunak atau pada saat mengunjungi halaman web.

Perangkat Lunak Desain Grafis

Dibawah ini merupakan beberapa program yang membantu dalam pembuatan dan perancangan Desain Grafis, beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam desain grafis:

  1. Desktop publishing
  2. Adobe Photoshop
  3. Adobe Illustrator
  4. Adobe Indesign
  5. Coreldraw
  6. GIMP
  7. Inkscape
  8. Macromedia Freehand
  9. Adobe image ready
  10. CorelDraw
  11. Adobe Page Maker
  12. Paint Tool SAI

Webdesign

  1. Adobe Dreamweaver
  2. Microsoft Frontpage
  3. Notepad
  4. Adobe Photoshop
  5. Macromedia firework

Audiovisual

  1. Adobe After Effect
  2. Adobe Premier
  3. Final Cut
  4. Adobe Flash atau sebelumnya Macromedia Flash
  5. Ulead Video Studio
  6. Magic Movie Edit Pro
  7. Power Director

Rendering 3 Dimensi

  1. 3D StudioMax
  2. Cinema 4d
  3. Maya
  4. AutoCad
  5. Google SketchUp
  6. Light Wave
  7. Blender
  8. Softimage

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Design Grafis, Prinsip dan Unsur dan Program, Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Penelitian: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian
Lihat Juga  √ Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metode
Lihat Juga  √ Plasenta : Pengertian, Struktur, Proses dan Fungsinya