√ Pengertian Draping, Alat & Bahan, Pola, dan Tekniknya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada saat ini kita akan membahas mengenai pengertian Draping, Teknik, Pola dan juga alat dan bahan yang digunakan, untuk lebih jelasnya silahkan baca sampai habis :

Pengertian Draping, Alat & Bahan, Pola, dan Tekniknya

Pengertian Draping

Pola adalah sepotong kain atau juga kertas yang digunakan ialah sebagai acuan dalam pembuatan busana disaat akan menggunting sebuah kain. Pola itu dibuat dengan berdasarkan ukuran badan seseorang dan juga sesuai dengan model busana yang akan dibuat. Djati Pratiwi (2001:3) menyatakan bahwa : “Pattern atau juga pola pada bidang jahit menjahit merupakan suatu potongan kain atau juga kertas yang dipakai ialah sebagai contoh untuk dapat membuat baju, disaat kain digunting.”

Pola Draping

Pola berdasarkan teknik pembuatannya ini dibagi kedalam dua macam, antara lain :

  1. Teknik pembuatan pola dengan konstrusi padat atau juga kubus disebut draping atau juga memulir, adalah sebuah pola yang dibentuk di atas badan si pemakai/pengguna atau tiruannya yang disebut dengan sebuatan dress form atau pas pop
  2. Teknik pembuatan pola dengan konstruksi bidang atau juga flat pattern, adalah sebuah pembuatan pola dari pengembangan pola yang dibentuk dengan konstruksi padat atau juga kubus.

Joane E. Blair (1992:25) menyatakan draping sebagai : sebuah teknik yang digunakan untuk dapat menciptakan busana dengan membentuk kain tersebut di atas dress form. Kain tersebut setelahnya digunting dengan berdasarkan bagian-bagian yang sudah dibentuk sebelumnya, kemudian dijahit ialah sebagai sample busana seorang desainer.

Teknik Draping

Draping ini dapat disebut juga dengan sebutan“memulir”. Memulir ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yakni kata “pulir” yang memiliki arti ialah memutar, memilin, menjalin, meremas, memeras, mengayunkan, serta juga memintal. Teknik draping atau memulir merupakan sebuah teknik mengayunkan, memilin,  memutar, menjalin, serta juga meremas selembar kain di atas dress form untuk dapat mewujudkan sebuah pola busana yang pas di badan dan juga sesuai dengan model yang diminati dan diinginkan. Untuk dapat membuat pakaian dengan menggnakan teknik ini membutuhkan lebih lagi dalam bahan. Apabila memiliki dress form dengan ukuran badan sendiri, maka membuat pakaian dengan cara tersebut sangat menguntungkan, karena tidak perlu mengepas dan juga hasilnya itu lebih memuaskan.

Perbedaan Teknik Pembuatan Pola Teknik Draping serta juga Teknik Pembuatan Pola Konstruksi

4.Baris 4, Kolom 2Baris 4, Kolom 3

 

No.PerbedaanTeknik DrapingTeknik Kontruksi
1.BahanKain blacu, kain muslin, dan kertas singkongKertas pola
2.TempatTiruannya itu badan manusia (dummy, dress form, atau paspop)Meja datar
3.Bentuk (3d)Tiga dimensi(2D) Dua dimensi
4.Hasil pola– pola dasar
– pola siap pakai sesuai dengan desain busana
– pola dasar
– pecah pola dengan berdasarkan pengembangan pola dasar

Persiapan Pembuatan Pola Dengan Teknik Draping

Melakukan sebuah persiapan bertujuan untuk dapat bekerja dengan sistematis sehingga pada jika pada saat melakukan draping tidak terjadi kesalahan, dengan demikian pola yang dihasilkan merupakan pola yang berkualitas juga. Persiapan yang perlu dilakukan ialah sebagai berikut:

Alat untuk dapat membuat pola

alat untuk bisa membuat pola semuanya adalah alat atau barang yang digunakan untuk dapat menghasilkan gambar pola yang bagus, rapi, bersih serta juha benar. Sedangkan bahan untuk membuat pola ialah benda atau barang yang bisa dijadikan sebuah pola. Untuk lebih jelasnya alat serta bahan pembuatan pola ialah sebagai berikut:

Pembuatan Pola Teknik Draping

  1. Gunting kain.
  2. Penggaris pola.
  3. Pita ukuran.
  4. Kapur jahit/spidol tekstil.
  5. Jarum pentul.
  6. Boneka jahit/dummy/ model.
  7. Pita kecil untuk memasang body line.

Bahan Yang Diperlukan.

  1. Bahan tekstil belacu atau caliko atau muslin.
  2. Kertas pola(untuk memindahkan hasil pola draping).

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Draping, Alat & Bahan, Pola, dan Tekniknya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Kata Sapaan : Pengertian, Macam, Tata Cara Penulisan Juga Contohnya
Lihat Juga  √ Hukum Internasional : Pengertian, Asas, Kaidah, Bentuk, Tujuan, dan Klasifikasi Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Cerita Fantasi, Ciri, Gaya Bahasa, dan Strukturnya