√ Pengertian Ideologi Pancasila, Fungsi, Makna, Dimensi dan Nilainya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Ideologi ini bermakna sebagai semua pandangan, nilai, cita-cita, serta keyakinan yang ingin diwujudkan dalam kehidupan nyata. Ideologi dalam hal ini amat sangat diperlukan, disebabkan ideologi ini dianggap dapat membangkitkan kesadaran terhadap kemerdekaan.

Fungsi ideologi ini sendiri adalah untuk membentuk identitas/ciri kelompok atau juga bangsa. Ideologi ini mempunyai kecenderungan untuk “memisahkan” kita dari mereka. Ideologi ini berfungsi untuk mempersatukan “sesama” kita.

Pengertian Ideologi Pancasila, Fungsi, Makna, Dimensi dan Nilainya

Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila ialah nilai-nilai luhur budaya serta religius bangsa Indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi negara. Jadi, Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai-nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila yang ada pada pancasila.

Dasar negara sendiri merupakan landasan kehidupan bernegara. Dasar negara itu merupakan suatu dasar dalam mengatur penyelenggaraan negara.

tanpa dasar negara itu artinya adalah negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, sehingga tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, dan juga akan memudahkan dalam timbulnya kekacauan. Dasar negara adalah sebagai pedoman hidup bernegara mencakup cita-cita negara, tujuan negara, norma bernegara.

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Menyatukan bangsa Indonesia, memperkokoh serta juga memelihara kesatuan dan juga persatuan.
Membimbing serta juga mengarahkan bangsa Indonesia untuk  mencapai tujuannya.
Memberikan kemauan untuk memelihara serta juga mengembangkan identitas bangsa Indonesia
Menerangi dan juga mengawasi keadaan, serta kritis terhadap adanya upaya untuk mewujudkan cita-cita yang terkandung di dalam pancasila.
Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia didalam upaya menjaga keutuhan negara serta juga memperbaiki kehidupan dari bangsa Indonesia.

Makna Ideologi Pancasila

Pancasila selain berkedudukan sebagai dasar negara, juga berkedudukan ialah sebagai Ideologi Nasional bangsa Indonesia.

Sehingga makna pancasila dari ketetapan tersebut bahwa nilai-nilai yang tercamtum didalam ideologi pancasila ini menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Pancasila ialah sebagai ideologi yang mempunyai makna sebagai berikut:

  1. Nilai-nilai yang tercantum didalam Pancasila itu menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara.
  2. Nilai-nilai yang tercantum didalam Pancasila ini merupakan nilai yang disepakati secara bersama serta oleh karena itu menjadi salah satu sarana didalam pemersatu (integrasi) masyarakat Indonesia.

3 Dimensi Ideologi Pancasila

  1. Dimensi Realita, artinya nilai-nilai dasar yang tercamtum di ideologi tersebut mencerminkan kenyataan hidup yang terdapat di dalam masyarakat yang mana ideologi itu ada untuk pertama kalinya.
  2. Dimensi Idealisme, artinya kualitas ideologi yang tercantum dalam nilai dasar tersebut dapat memberikan harapan kepada semua kelompok serta masyarakat mengenai masa depan yang lebih baik.
  3. Dimensi Fleksibilitas, artinya kemampuan ideologi didalam mempengaruhi serta menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.

Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Nilai-nilai Pancasila ialah nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan serta Keadilan. Inilah nilai dasar dalam kehidupan kenegaraan, kebangsaan serta juga kemasyarakatan.

Nilai Pancasila tergolong nilai kerohanian yang didalamnya terselip nilai lainnya itu dengan secara lengkap dan harmonis, baik nilai nilai vital, material, nilai kebenaran(kenyataan) , nilai etis, nilai estetis, atau juga nilai religius.Nilai-nilai Pancasila  sebagai ideologi yang bersifat objektif dan subjektif.

Nilai Pancasila Bersifat Objektif

Nilai-nilai Pancasila yang bersifat objektif disini adalah :

Rumusan dari sila-sila Pancasila itu memiliki makna yang ter-dalam.
Pancasila yang tersimpan didalam Pembukaan UUD 1945 ialah sebagai pokok kaidah negara yang mendasar.
Inti dari nilai Pancasila ini akan terus ada sepanjang masa didalam kehidupan bangsa Indonesia.

Nilai Pancasila Bersifat Subjektif

Sedangkan untuk nilai-nilai Pancasila yang bersifat subjektif ini menjelaskan bahwa keberadaan nilai-nilai Pancasila itu bergantung pada bangsa Indonesia sendiri. Dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Nilai-nilai Pancasila itu muncul dari bangsa Indonesia.
  2. Nilai-nilai Pancasila didalamnya terkandung nilai- nilai kerohanian.
  3. Nilai-nilai Pancasila ini merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia.
  4. Nilai-nilai Pancasila didalamnya merupakan nilai yang digali , tumbuh serta juga berkembang dari budaya bangsa Indonesia

Pancasila ialah sebagai sumber nilai mengharuskan UUD memuat isi yang mewajibkan pemerintah, penyelenggara Negara termasuk juga pengurus partai serta juga golongan fungsional untuk menjaga budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan juga memegang cita-cita moral rakyat yang luhur.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Ideologi Pancasila, Fungsi, Makna, Dimensi dan Nilainya, semoga apa yang dipaparkan diatas ini dapat bermanfaat untuk anda sekaliannya. Terima kasih

Lihat Juga  √ Alveolus : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Struktur Bagiannya
Lihat Juga  √ Ideologi Pancasila: Pengertian, Fungsi, Makna, Nilai, Dimensi
Lihat Juga  √ Pengertian Historiografi, Tujuan, Macam dan Contoh