√ Pengertian Kelompok Sosial, Jenis, Fungsi, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini akan dibahas mengeni Kelompok Sosial, Penjelasan selengkapnya mengenai Kelompok sosial ini akan dibahas dibawah ini sebagai berikut :

Pengertian Kelompok Sosial, Jenis, Fungsi, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Kelompok Sosial

Jadi penjelasan mengenai kelompok sosial, Pengertian kelompok sosial ini merupakan sebuah kelompok atau kumpulan dari individu-individu yang mempunyai atau memiliki pola tingkah laku tertentu dan melakukan intearaksi yang berkaitan atau berhubungan antara satu dengan yang lainnya, hal tersebut menjadikan mereka timbul perasaan bersama serta juga mempunyai hubungan yang erat.

Individu yang ikut didalam suatu kelompok sosial pada umumnya itu memiliki kesamaan kegiatan yang umum, berinteraksi, serta juga memiliki perasaan yang membentuk semua itu secara terorganisir.

Kumpulan individu itu secara bersama-sama serta memiliki hubungan yang bersifat timbal balik. Selain dari itu, mereka juga mempunyai kesadaran terhadap anggotanya.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Wikipedia

Dalam Wikipedia definisi kelompok sosial ini merupakan kumpulan manusia yang mempunyai kesadaran bersama akan keanggotaan serta juga saling berinteraksi.

George Homans

Kemudian George Homans juga menggemukan bahwa kelompok sosial ini merupakan individu yang melakukan, interaksi, serta juga memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan juga berhubungan timbal balik.

Paul B. Horton dan Chester L Hunt

Paul B. Horton dan Chester L Hunt pun ikut mengemukakan bahwa kelompok sosial ini merupakan sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaanya serta juga saling berinteraksi.

Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto juga mengartikan bahwa kelompok sosial tersebut sebagai himpunan (kelompok) atau juga sebagai kesatuan manusia yang hidup secara bersama disebabkan saling berhubungan di antara mereka itu secara timbal balik dan juga saling mempengaruhi.

Fungsi dari Setiap Kelompok Sosial

Sedikitnya terdapat dua fungsi utama dari setiap kelompok sosial. Akan tetapi terdapat juga beberapa fungsi lain dari kelompok sosial, diantaranya :

  • Sarana bagi para individu untuk melakukan berbagai hal
  • Memenuhi kebutuhan dari setiap individu yang tergabung dalam kelompok tersebut
  • Membantu mengembangkan diri dan perspektif individu
  • Meningkatkan produktivitas dan semangat dari masing-masing individu
  • Menyediakan tempat bagi semua individu yang tergabung di dalamnya
  • Menyatukan anggota dengan pemikiran atau tujuan yang sama

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Soerjono Soekanto pun menyatakan suatu himpunan manusia atau yang disebut sebagai kelompok sosial ini memiliki ciri ciri diantaranya sebagai berikut:

  • Masing-masing anggota kelompok tersebut harus mempunyai kesadaran bahwa dia merupakan bagian dari kelompok yang bersangkutan.
  • Terdapat hubungan timbal balik dari anggota yang satu dengan anggota lain
  • Terdapat sebuah faktor yang sama-sama dimiliki, menjadikan hubungan antara mereka itu jadi bertambah dekat, seperti nasib yang sama, kepentingan yang sama, kemudian tujuan yang sama, ideologi politik yang sama serta lain sebagainya.
  • Bestruktur, berkaidah dan juga memiliki pola perilaku
  • Memiliki sistem serta proses
  • Mempunyai struktur sosial yang menjadikan kelangsungan hidup kelompok itu bergantung pada kesungguhan anggotanya didalam menjalankan peran
  • Memiliki norma-norma yang mengatur hubungan di antara tiap-tiap anggotanya
  • Memiliki kepentingan bersama

Jenis Kelompok Sosial

Robert Bierstedt ini juga menyatakan bahwa kelompok sosial ini mempunyai banyak jenis serta diklasifikasikan menurut ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antar kelompok, dan juga kesadaran jenis. Dibawah ini merupakan penjelasannya :

Kelompok Statistik

Merupakan kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan juga kesadaran jenis antara lain ialah seperti kelompok penduduk di kecamatan dengan umur 5-10 tahun

Kelompok Kemasyarakatan

Ini merupakan sebuah kelompok yang mempunyai atau memiliki persamaan namun tidak mempunyai organisasi serta hubugan sosial antara anggotanya

Kelompok Sosial

Merupakan sebuah kelompok yang anggotanya itu memiliki suatu kesadaran jenis dan juga berkaitan dengan satu sama lainnya, namun tidak terikat didalam ikatan organisasi.

Kelompok Asosiasi

Ini merupakan suatu kelompok yang anggotanya itu mempunyai kesadaran jenis dan juga terdapat persamaan kepentingan pribadi maupun juga kepentingan bersama. Dalam asosiasi para anggotanya itu menjalankan hubungan sosial, kontak dan juga komunikasi serta memiliki atau mempunyai ikatan organisasi formal.

Contoh Kelompok Sosial

Dibawah ini merupakan contoh dari kelompok sosial diantaranya :

  • Komunitas pecinta Google
  • Remaja Masjid
  • Karang Taruna
  • Kelompok Pecinta Alam
  • Kelompok Sosial Arisan Ibu-Ibu
  • Kelompok fans artis Dan lain sebagainya

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Kelompok Sosial, Jenis, Fungsi, Ciri, dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat untuk anda. terima kasih

Lihat Juga  √Pengertian Etika, Ciri dan Jenis Secara Umum Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian NIC, Jenis, Tugas, Fungsi, Cara Kerja Beserta Prinsipnya
Lihat Juga  √ Pengertian Hyperlink, Fungsi, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya