√ Pengertian Lapisan Mesosfer

Diposting pada

pengertian-lapisan-mesosfer

Pengertian Lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer ini adalah salah satu lapisan yang menyusun atmosfer Bumi. Lapisan mesosfer tersebut adalah lapisan ketiga terendah serta juga lapisan ketiga teratas dari seluruh lapisan udara yang menyusun atmosfer Bumi. Dengan kata lain, lapisan mesosfer tersebut merupakan lapisan atmosfer yang letatknya itu di tengah- tengah. Arti kata “mesos” di dalam nama mesosfer itu sendiri diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti pertengahan. Maka dari itulah lapisan tersebut dinamakan dengan sebutan mesosfer, yang tidak lain serta juga tidak bukan diambilkan dari posisisnya yang letaknya itu di tengah- tegah pada susunan lapisan atmosfer.

Letak Mesosfer

Lapisan mesosfer ini terletak di ketinggian antara 50 kilometer sampai pada 85 kilometer dari permukaan Bumi. Di lapisan mesosfer ini bisa atau dapat kita jumpai beberapa meteor yang jatuh sehingga dari permukaan bumi tampak ialah sebagai bintang yang memiliki ekor. Dengan kata lain, lapisan mesosfer tersebut akan melindungi Bumi dari jatuhan meteor dan juga benda- benda langit lainnya yang apabila jatuh itu langsung ke permukaan bumi maka tentu akan sangat membahayakan bumi. Berjuta- juta benda langit itu akan menabrak bumi serta harus menembus lapisan atmosfer Bumi. Di dalam lapisan mesosfer Bumi tersebut benda- benda langit yang jatuh itu kemudian akan dilelehkan atau pun juga diuapkan yakni sebagai akibat dari dampak tubrukan yang terjadi antara partikel gas yang terdapat di dalamnya.


Lapisan mesosfer ini adalah lapisan yang menjulang tinggi antara 45 kilometer sampai pada 75 kilometer di atas lapisan stratosfer. Pada saat memasuki lapisan tersebut, maka kemudian kita akan menemukan bahwa suhu yang berada di lapisan ini sangatlah rendah, hingga kemudian mencapai minus 140 derajat celcius. Pada lapisan mesosfer tersebutlah akan kita temui kristal- kristal es yang membentuk sebuah awan yakni awan noctilucent.

Bagian stratosfer, mesosfer serta termosfer terendah dengan secara kolektif disebut demgam “suasana tengah”, yang membentang dari ketinggian itu sekitar 10 sampai pada 100 km. Mesopause, di ketinggian 80-90 km (50-56 mil), mesosfer tersebut memisahkan dari lapisan termosfer-kedua-terluar atmosfer bumi.

Ciri Lapisan Mesosfer

Ciri-Lapisan-Mesosfer

Sama halnya dengan lapisan- lapisan atmosfer yang lainnya, lapisan mesosfer tersebut memiliki karakteristik atau juga ciri- ciri khusus yang membedakannya itu dengan lapisan- lapisan lainnya. Beberapa ciri atau karakteristik dari mesosfer antara lain ialah :

  1. Berada pada ketinggian antara 60 sampai pada 80 kilometer.
  2. Memiliki suhu sekitar -50 sampai pada -70 derajat celcius
  3. Terdapat suatu lapisan yang disebut dengan lapisan mesopause yang berada di antara lapisan mesosfer serta  lapisan termosfer
  4. Lapisan tersebut merupakan lapisan yang memiliki fungsi melindungi Bumi dari jatuhan atau juga hantaman benda- benda
  5. langit lainnya yang jatuh ke Bumi.
  6. Memiliki ketebalan sekitar 45 sampai pada 75 kilometer.
  7. Semakin ke atas maka suhu itu akan semakin rendah.

Suhu di Lapisan Mesosfer

Suhu-Lapisan-Mesosfer

Berbicara tentang suhu udara, terkadang kita merasakan suhu dipermukaan Bumi yang terdapat di dataran rendah serta juga suhu di dataran tinggi berbeda- beda. Namun ternyata tidak hanya pada permukaan bumi tetapi  juga di atas bumi itu sendiri. Di atmosfer bumi yang mengandung banyak lapisan tersebut kemudian kita akan menemukan suhu yang berbeda- beda. Keadaan suhu pada lapisan mesosfer itu dengan lapisan- lapisan lainnya tersebut berbeda- beda.

Lapisan mesosfer ini sendiri adalah suatu lapisan yang mempunyai suhu rata- rata sekitar -50 derajat celcius sampai pada minus 70 derajat celsius. Salah satu penanda dari lapisan mesosfer tersebut ialah terjadinya penurunan suhu atau juga temperatur itu sebesar rata- rata 0.4 derajat celcius stiap naik dengan jarak 100 meter. Terjadinya penurunan suhu tersebut disebabkan oleh karena lapisan mesosfer tersebut mempunyai atau memiliki kesetimbangan radioaktif yang sifatnya itu negatif. Di dalam lapisan mesosfer tersebut kita dapat atau bisa menjumpai suhu terendah dari lapisan tersebut mencapai minus 80 derajat celcius. Sushu terendah itu kemudian akan terasa pada badan lapisan mesosfer. Kemudian apabila kita mengamati pada puncak lapisan mesosfer tersebut maka akan kita dapati suhu yang lebih rendah lagi. Puncak lapisan mesosfer ini disebut dengan sebutan mesopause. Mesopause tersebut adalah suatu lapisan batas antara mesosfer itu dengan lapisan termosfer (merupakan lapisan yang letaknya itu di atasnya). Di puncak lapisan mesosfer tersebut kemudian akan bisa kita dapati suhu terendah mencapai -100 derajat celcius.


Fungsi Lapisan Mesosfer

Fungsi-Lapisan-Mesosfer

Lapisan Mesosfer tersebut adalah lapisan yang terdapat di tengah- tengah dari seluruh lapisan atmosfer bumi. Lapisan mesosfer tersebut kemudian akan sama dengan seluruh lapisan- lapisan atmosfer lainnya, yakni memiliki fungsi khusus atau juga fungsi tersendiri. Fungsi dari lapisan mesosfer tersebut tentu saja adalah fungsi yang akan sangat bermanfaat bagi bumi , ruang publik untuk kehidupan serta juga kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya yang terdapat di bumi.

Setidaknya terdapat beberapa fungsi atau juga manfaat dari lapisan mesosfer bagi bumi serta seisinya, baik yang akan kita rasakan langsung atau juga tidak langsung bagi kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Beberapa fungsi lapisan mesosfer diantaranya ialah sebagai berikut :


Sebagai lapisan yang melindungi bumi dari benda langit

Fungsi yang pertama serta yang paling dirasakan dari lapisan mesosfer tersebut uakag sebagai penghalau dari benda- benda langit yang jatuh serta kemudian akan menimpa bumi. Perlu untuk kita ketahui bersama bahwa di langit itu ada banyak benda- benda langit dalam sistem tata surya. Benda- benda langit itu juga seringkali berjatuhan. Benda- benda langit yang berjatuhan tersebut disebut dengan sebutan meteor. Pada saat benda langit tersebut jatuh serta kemudian akan menghantam bumi, ini akan menjadi sesuatu yang sangat berbahaya jika  tidak dihalang- halangi dengan adanya pelindung. Dampak yang paling buruk pada bumi akan bisa terbakar atau juga bahkan terjadi ledakan. Maka dari itu perlu untuk adanya pelindung bagi bumi dari jatuhnya benda- benda langit tersebut supaya tidak secara langsung jatuh kebumi.


Pada saat ada meteor yang jatuh ke bumi, ini nanti kemudian akan melewati lapisan atmosfer bumi terlebih dahulu. Serta meteor itu tadi otomatis itu akan melewati lapisan mesosfer. Pada lapisan mesosfer ini meteor yang jatuh tadi kemudian akan dibakar oleh lapisan mesosfer tersebut atau akan diuapkan. Hal tersebut bisa terjadi disebabkan karna di lapisan mesosfer tersebut terdapat udara yang tekannya itu tinggi, sehingga pada saat ada benda- benda langit yang jatuh serta masuk ke bumi itu akan otomatis bergesekan serta kemudian terbakar di lapisan ini. Hal tersebut yang menyebabkan meteor itu tidak sampai jatuh ke serta dan yang terlihat hanyalah menyerupai bintang jatuh yang mempunyai ekor panjang. Namun apabila kita pernah mendengar berita mengenai jatuhnya meteor di bumi serta bisa masuk hingga ke permukaan bumi. Ini terjadi disebabkan karna meteor tersebut mempunyai ukuran yang sangat besar, sehingga pembakaran yang terjadi lapisan mesosfer saja itu tidak cukup serta setelah itu bisa sampai menembus serta masuk ke permukaan bumi.


Sebagai lapisan penghantar gelombang

Selain memiliki fungsi sebagia penghalau dari jatuhnya benda- benda langit yang dapatsaja masuk ke bumi, lapisan mesosfer tersebut juga mempunyai fungsi yang lain. Fungsi yang lain dari lapisan mesosfer ini ialah sebagai penghantar dari gelombang elektromagnetik. Lapisan mesosfer tersebut dapat atau bisa mempunyai fungsi semacam ini disebabkan karna di dalam lapisan mesosfer sendiri itu beberapa atom yang terionisasi sehingga kemudian akan bisa atau dapat memantulkan gelombang elektromagnetik yang sangat berguna bagi manusia. gelombang elektromegnetik tersebut memiliki banyak sekali fungsi bagi manusia, diantaranya ialah untuk menghidupkan sinyal radio, televisi, serta juga telefon. Disebabkan karna kemampuan memancarkan gelombang elektromagnetik inilah lapisan tersebut seringkali disebut dengan sebutan bagian unsur- unsur geosfer.

Fenomena Alam di Mesosfer

Ombak-gravitasi

Seperti halnya lapisan lain diatmosfer bumi, terjadi beberapa fenomena alam dilapisan mesosfer ini. Salah satu fenomena dilapisan ini ialah ombak gravitasi. Ombak gravitasi ini  terjadi dilapisan stratopause sampai ke mesosfer.

Ombak gravitasi tersebut disebabkan oleh karna rotasi bumi pada porosnya. Pada saat bumi berputar, maka lapisan atmosfer terbawah kemudian juga ikut berputar. Namun tetapi, kecepatan perputaran tersebut juga berbeda pada lapisan atmosfer yang satu dengan yang lainnya.

Pada saat troposfer tersebut bergerak mengikuti perputaran bumi, maka stratosfer di atasnya itu bergerak dengan lebih pelan. Pada saat hal tersebut terjadi, termosfer di atas mesosfer tersebut hampir tidak bergerak sama sekali. Disebabkan karna perbedaan kecepatan gerak ini, maka mesosfer ini kemudian mengalami ombak gravitasi.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Lapisan Mesosfer, Letak, Suhu, Ciri, Fungsi dan Fenomena, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Penelitian: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian
Lihat Juga  √ Pengertian Mitigasi Bencana
Lihat Juga  √ Pengertian Tumbuhan Dikotil, Jenis, Struktur, Ciri, dan Contohnya