√ Pengertian Limbah Menurut Ahli, Jenis, Karakteristik, dan Dampaknya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kita akan membahas mengenai LIMBAH, dengar kata limbah kita akan berpikir bahwa limbah ini adalah sisa material yang merugikan lingkungan dan manusia. untuk itu penjelasan mengenai limbah akan dibahas selengkapnya dibawah ini :

Pengertian Limbah Menurut Ahli, Jenis, Karakteristik, dan Dampaknya

Pengertian Limbah

Pengertian limbah merupakan buangan atau material sisa yang dianggap tidak mempunyai nilai yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri atau juga domestik (rumah tangga).

Terdapat juga yang mengatakan bahwa definisi dari limbah ini ialah semua material sisa atau buangan yang berasal dari proses teknologi atau juga dari proses alam yang mana kehadirannya itu tidak berguna bagi lingkungan serta tidak mempunyai nilai ekonomis.

Pada dasarnya berbagai jenis limbah ini dihasilkan oleh kegiatan atau aktivitas manusia, baik itu dari kegiatan atau aktivitas industri atau juga domestik (rumah tangga) dan memiliki dampak buruk terhadap lingkungan dan juga tentu bagi kesehatan manusia.

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami mengenai apa definisi limbah, maka kita dapat merujuk kepada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Susilowarno

Menurut Susilowarno (2007), pengertian limbah ini ialah sisa atau hasil sampingan dari kegiatan atau aktivitas manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Karmana

Menurut Karmana (2007), definisi limbah ini merupakan sisa atau sampah dari suatu proses kegiatan atau aktivitas manusia yang bisa menjadi bahan polutan di suatu lingkungan.

3. Cahyono Budi Utomo

Menurut Cahyono Budi Utomo, pengertian limbah ini ialah suatu zat atau benda yang timbul sebagai hasil dari kegiatan atau aktivitas manusia yang tidak digunakan lagi dan dibuang.

4. Hieronymus Budi Santoso

Menurut Hieronymus Budi Santoso, pengertian limbah ini ialah bahan yang dibuang/ terbuang dari hasil aktivitas atau kegiatan manusia atau segala bentuk proses alam, serta tidak mempunyai nilai ekonomi, bahkan bisa merugikan manusia.

5. Deden Abdurahman

Menurut Deden Abdurahman, pengertian limbah ini ialah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri atau juga domestik (rumah tangga), yang mana kehadirannya itu dapat menurunkan kualitas lingkungan.

6. Daniel A. Okun dan George Ponghis

Menurut Daniel A. Okun dan George Ponghis (1875), pengertian limbah ini ialah seluruh limbah cair rumah tangga, termasuk air kotor serta juga semua limbah industri yang dibuang ke sistem saluran limbah cair, kecuali air hujan atau juga drainase permukaan.

Karakteristik Limbah

Limbah mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan benda lainnya. Dibawah ini merupakan beberapa karakteristik limbah diantaranya sebagai berikut:

  • Berukuran Mikro, limbah mempunyai ukuran kecil atau juga partikel-partikel kecil yang masih bisa dilihat oleh mata manusia.
  • Bersifat dinamis, limbah itu selalu bergerak sesuai dengan lingkungan sekitarnya. contohnya, pada saat limbah itu masuk ke sungai maka limbah tersebut akan mengikuti arah aliran sungai tersebut.
  • Penyebarannya berdampak luas, dampak yang ditimbulkan oleh limbah pada suatu lingkungan serta manusia  itu efeknya beragam. pada saat kontaminasi limbah itu sudah berat maka akan menyebabkan kerusakan bagi lingkungan serta manusia.
  • Berdampak jangka panjang, limbah bisa menimbulkan dampak yang cukup lama di wilayah yang terkontaminasi. Sehingga untuk mengembalikan kondisi wilayah kesemula itu dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Jenis-Jenis Limbah

Asap kendaraan itu merupakan limbah berwujud gas beracun. Jenis-jenis limbah tersebut dapat dibedakan dalam tiga kategori, yakni dengan berdasarkan wujudnya, denganberdasarkan sumbernya, dan dengan berdasarkan senyawanya. dibawah ini merupakan penjelasan macam jenis limbah diantaranya sebagai berikut;

1. Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya

  1. Limbah padat, merupakan suatu limbah yang wujudnya padat, sifatnya itu kering, serta tidak dapat berpindah sendiri. Contohnya seperti; sampah, potongan kayu, sisa makanan, logam, dan juga  plastik.
  2. Limbah cair, merupakan limbah yang wujudnya itu cair, larut dalam air, serta dapat berpindah sendiri. Contohnya seperti; air cucian piring/ kendaraan, serta lain lainnya.
  3. Limbah gas, merupakan limbah zat yang wujudnya itu gas yang yang mengandung racun (CO2, HCL, SO2, serta lainnya) bisa dapat berpindah-pindah. Contohnya seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik, serta lainnya.

2. Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

  1. Limbah industri, merupakan limbah yang berasal dari pembuangan atau sisa aktivitas/kegiatan industri.
  2. Limbah pertanian, merupakan limbah yang timbul sebagai akibat dari aktivitas pertanian.
  3. Limbah pertambangan, merupakan limbah yang timbul disebabkan kegiatan pertambangan.
  4. Limbah domestik, merupakan limbah yang disebabkan oleh adanya kegiatan rumah tangga, restoran, pasar, serta lainnya.

3. Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya

  1. Limbah organik, merupakan jenis limbah yang bisa diuraikan (mudah membusuk) serta juga berbaur dengan alam. Contohnya kotoran hewan serta kotoran manusia.
  2. Limbah anorganik, merupakan jenis limbah yang sangat sulit atau juga bahkan tidak bisa diuraikan. Contohnya sampah plastik, potongan baja, serta lain-lain.

Dampak Limbah

Limbah ini berdampak buruk terhadap kesehatan lingkungan dan manusia
Seperti yang sudah disinggung pada pengertian limbah yang dipaparkan di atas, terdapat beragam dampak limbah yang bisa terjadi pada lingkungan serta juga pada kesehatan manusia. dibawah ini merupakan dampak limbah diantaranya:

1. Dampak Limbah Terhadap Lingkungan

Secara umum, limbah mempunayi dampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya. Selain merusak lingkungan serta menyebabkan nilai estetika pada lingkungan itu menjadi buruk, limbah ini juga bisa menyebabkan kematian terhadap organisme yang ada disekitar lingkungan.

Contohnya, limbah cair yang mengkontaminasi sungai. Racun limbah yang terdapat pada sungai itu akan menyebabkan banyak macam organisme berhabitat di sungai mati keracunan.

Kerusakan pada sungai itulah yang pada akhirnya akan mengganggu keseimbangan ekosistem mahluk hidup secara keseluruhan.

2. Dampak Limbah Terhadap Manusia

Meskipun sebagian besar limbah tersebut dihasilkan oleh manusia, namun sebenarnya yang paling merasakan dampak negatif dari pencemaran limbah ini tidak lain dan tidak bukan manusia itu sendiri. terdapat banyak sekali gangguan kesehatan yang terjadi apabila limbah beracun sudah mencemari lingkungan sekitar manusia.

Beberapa contoh dari penyakit yang bisa timbul disebabkan limbah diantaranya;

  1. Diare
  2. Keracunan
  3. Sesak napas
  4. Penyakit tifus
  5. Jamur pada kulit
  6. Gangguan saraf

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Limbah Menurut Ahli, Jenis, Karakteristik, dan Dampaknya, semoga apa yang dipaparkan mengenai limbah diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Novel, Ciri, Struktur, Jenis, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Lihat Juga  √ Pengertian Populasi, Ciri, dan Jenis Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Antibodi, Sifat, Fungsi, Struktur dan Jenisnya