√ Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Ciri, Jenis, Bentuk dan Cara Mencegahnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Penyimpangan sosial, Sering kali dizaman seperti sekarang ini kita melihat perilaku yang dilakukan oleh beberapa manusia itu tidak sesuai dengan nilai dan norma yang terdapat di lingkungan sekitar kita, nah untuk itu disini akan dijelaskan arti dari penyimpangan sosial, faktor, jenis dan cara mencegah penyimpangan sosial ini, penjelasan selengkapnya dibawah ini :

Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Ciri, Jenis, Bentuk dan Cara Mencegahnya

Pengertian Penyimpangan Sosial

Pengertian penyimpangan sosial secara umum ialah semua tindakan yang menyimpang dari nilai-nilai yang berlaku di suatu sistem sosial seta juga menimbulkan usaha dari pihak berwenang dalam sistem tersebut untuk memperbaiki perilaku menyimpang tersebut. Penyimpangan dalam suatu masyarakat tersebut tidak berarti merupakan penyimpangan dalam masyarakat lain disebabkan karena adanya perbedaan standar atau juga ukuran mengenai nilai serta juga norma.

Faktor yang Menjadi Penyebab dari Penyimpangan Sosial

Terdapat dua (2) Faktor penyebab dari penyimpangan sosial diantara nya ialah faktor internal dan faktor eksternal.

  1. Faktor internal
    ialah intelegensi atau juga tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin serta juga  kedudukan seseorang dalam keluarga. Contoh dari faktor internal : seseorang yang tidak normal serta juga pertambahan usia. Sedangkan
  2. faktor eksternal
    ialah kehidupan rumah tangga atau juga keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan serta juga media massa. Contoh dari faktor eksternal : seorang anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar dapat menyimpang kearah obat-obatan atau narkoba.

Ciri-Ciri Perilaku Menyimpang

Ciri-Ciri dari Perilaku Menyimpang – Menurut Paul B. Horton, penyimpangan sosial ini memiliki ciri-ciri diantarnya sebagai berikut

  • Penyimpangan harus dapat didefinisikan
  • Penyimpangan bisa diterima atau bisa juga ditolak
  • Penyimpangan relatif dan penyimangan mutlak
  • Penyimpangan terhadap budaya nyata atau budaya ideal
  • Terdapat norma-norma penghindaran dalam penyimpangan sosial
  • Penyimpangan sosial bersifat adaptif (menyesuaikan)

Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Kekerapananya

Penyimpangan Sosial Primer

Pengertian penyimpangan sosial primer ini merupakan penyimpangan yang sifatnya itu sementara (temporer). Orang yang melakukannya itu masih tetap dapat diterima oleh kelompok sosialnya disebabkan karena tidak secara terus menerus melanggar aturan. Seperti contohnya biasanya melanggar rambu lalu lintas atau juga meminum minuman keras di suatu pesta.

Penyimapangan Sosial Sekunder

Pengertian penyimpangan sosial sekunder ini merupakan penyimpangan sosial yang dilakukan oleh pelakunya dengan secara terus menerus walaupun sudah diberikan sanksi-sanksi. Oleh sebab itu, tiap-tiap pelaku itu secara umum dikenal sebagai orang yang berperilaku menyimpang. Seperti contohnya, seseorang yang tiap hari mabok karena sudah menjadi kebiasan.

Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Jumlah Orang Yang Terlibat

Penyimpangan Individu

Pengertian penyimpangan individu ini merupakan penyimpangan yang dilakukan sendiri artinya tanpa orang lain. Hanya satu orang saja yang melakukan penyimpangan sosial artinya berlawan dengan norma-norma yang berlaku.

Penyimpangan Kelompok

Pengertian penyimpangan kelompok ini merupakan penyimpangan yang terjadi apabila individu perilaku menyimpang tersebut dilakukan dengan secara bersama-sama oleh kelompok tertentu.

Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial Berdasarkan Sifatnya

Penyimpangan Bersifat Negatif
Pengertian penyimpangan yang bersifat negatif ini merupakan  penyimpangan sosial yang berwujud dari tindakan ke arah nilai-nilai sosial yang dianggap rendah serta tercela disebakan karena tidak sesuai dengan nilai dan norma-norma yang berlaku.

Penyimpangan Bersifat Positif
Penyimpangan yang bersifat positif merupakan suatu bentuk penyimpangan atau  juga perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai serta juga norma-norma yang berlaku, namun memiliki dampak positif terhadap dirinya atau juga  masyarakat. contohnya penyimpangan positif
Misalnya, didalam masyarakat yang masih tradisional, perempuan yang melakukan aktivitas atau juga yang menjalani profesi itu umum dilakukan oleh laki-laki seperti contohnya seperti berkarir di bidang politik, Wanita yang berkarir di bidang politik ini merupakan contoh penyimpangan yang memiliki positif, menjadi pembalap, sopir taksi, dan lain-lain oleh sebagian orang itu masih dianggap tabu. Namun hal tersebut memiliki dampak positif, yakni emansipasi wanita.

Bentuk Penyimpangan Sosial

Dibawah ini merupakan macam jenis dari penyimpangan sosial yang sangat sering mungkin untuk kita temui. Terdapat 5 jenis dari penyimpangan sosial diantaranya  sebagai berikut :

  1. Tindakan Kriminal
  2. Tawuran atau perkelahian antar pelajar
  3. Penyimpanagn seksual
  4. Penyalahgunaan narkotika, obat-obat terlarang serta minuman keras
  5. Hubungan seksual secara bebas

Faktor Pencegahan Penyimpangan Sosial

Setelah mengerti beberapa point penting mengenai penyimpangan sosial diatas, kita juga harus tau bagaimana cara mencegah penyimpangan sosial ini, karena sangat dikhawatirkan penyimpangan sosial ini akan terus menjalar dan merusak penerus bangsa. Pencegahan penyimpanag sosial ini dapat dilakukan supaya seseorang itu tidak terjerumus dalam penyimpangan sosial yang lebih dominan memiliki sisi dan sifat negatif serta merugikan. Dibawah ini merupakan faktor yang akan mendukung dalam pencegahan penyimpangan sosial diantaranya sebagai berikut.

1. Faktor Media Massa

Di era yang serba modern layaknya seperti sekarang ini yang mana anak kecil yang dulunya tidak mengenal teknologi dan masih bermain dengan teman sebayanya, saat ini teknologi seperti gadget sudah menjadi kebutuhan bagi anak kecil seperti sekarang ini. Media massa baik itu cetak atau elektronik juga harusnya dapat menjadi suatu wadah sosialisasi yang dapat mempengauhi kehidupan seseorang. Maka seseorang itu dapat memilah media massa yang memiliki informasi yang baik serta memiliki  positif agar dapat terhindar dari penyimpangan sosial.

2. Faktor Lingkungan dan Teman

Faktor lingkungan serta teman juga sangat berpengaruh watak atau juga sifat seseorang serta juga kebiasaan baik/buruk seseorang. Disebabkan karena dalam pergaulan seseorang tersebut ditutuntut untuk beradaptasi/menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal serta juga teman. Maka kita harus pintar didalam memilih teman yang baik sehingga bisa bergaul dengan tidak melanggar norma serta juga hukum yang berlaku.

3. Faktor Sekolah

Sekolah saat ini juga sudah menjadi rumah kedua bagi anak-anak. Dan didalam sekolah juga anak-anak dapat mendapatkan ilmu formal. maka sekolah juga memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan moral dan etika siswa supaya dalam setiap langkahnya siswa tersebut dapat bersikap positif.

4. Faktor Keluarga

Faktor keluarga ini merupakan faktor pencegahan yang paling penting utama. Karena peran keluarga itu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Keluarga juga merupakan awal proses dari sosialisasi dan pembentukan kepribadian. Kepribadian seseorang tersebut akan terbentuk dengan baik jika dia lahir serta tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga yang baik dan hal tersebut berlaku sebaliknya. Dengan begitu harusnya keluarga dapat memberikan contoh yang baik.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Jenis, dan Cara Mencegahnya, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Kalimat Aktif dan Pasif, Ciri, Jenis Beserta Contoh
Lihat Juga  √ Pengertian Efisiensi, Tujuan, Manfaat, Syarat, Serta Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Aksiologi, Aspek dan Bagian Menurut Para Ahli