√ Pengertian Pons, Struktur, Bagian, dan Fungsinya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id –  Didalam otak itu terdapat batang yang berisikan serabut saraf yang memiliki fungsi untuk dapat menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang, dan juga menghubungkan bagian bagian otak kecil kiri dengan bagian kanan hal itu disebut dengan pons. untuk mengerti lebih lanjut mengenai pons ini baca artikel dibawah ini sampai habis :

Pengertian Pons, Struktur, Bagian, dan Fungsinya

Pengertian Pons

Pons merupakan salah satu bagian otak,  pons itu merupakan bagian dari batang otak yang terletak di atas medula oblongata serta juga di bawah otak tengah. Pons mempunyai panjang kira-kira 2,5 cm. Dapat dikatakan pons adalah suatu batang yang berisi serabut saraf yang memiliki fungsi untuk menghubungkan dapat otak besar dengan sumsum tulang belakang serta juga menghubungkan bagian otak kecil kiri dengan bagian kanan. Hal yang kecil itu bisa juga memiliki fungsi yang besar seperti halnya Pons ini, namun selain dari pengertian pons, kalian juga harus mengetahui struktur dan bagian pons , dibawah ini merupakan penjelasnnya.

Struktur dan Bagian Pons

Diatas sudah dijelaskan Pengertian dari Pons serta ukuran pons, dibawah ini akan dijelaskan mengenai Sturktur dan Bagian pons, yakni sebagai berikut :

Bagaian Pons

Secara garis besar pons tersebut dibagi menjadi dua bagian utama, antara lain :

  1. Bagian Basilar Pons
    Pada bagian ini letaknya itu pada bagian ventral, yang memiliki fungsi untuk berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.
  2. Bagian Pontine Tegmentum
    Pada bagian ini letaknya pada bagian dorsal, yang memiliki fungsi untuk berhubungan dengan sistem homeostasis serta jugalintasan refleks.

Struktur Pons

Dari bagian pons itu terdapat beberapa strukturnya, struktur pons itu ada beberapa nukleus saraf yang mempunyai peran penting dalam tubuh, antara lain :

  1. Nukleus Sensorik serta Motorik dari nervus trigeminal.
  2. Nukleus dari nervus abdusen.
  3. Nukleus dari nervus fasial.
  4. Nukleus dari nervus vestibulocochlear.

Fungsi Pons

Setelah penjelasan mengenai Pengertian, struktur dan bagian pons, pasti kalian ingin mengetahui lebih lagi mengenai fungsi pons ini, Fungsi utama pons ialah untuk bertindak sebagai jalur transfer sinyal antara otak besar dengan sumum tulang belakang, serta juga otak kecil.

Pons tersebut  juga berperan dalam mengatur fungsi tak sadar misalnya seperti pernapasan. Sistem retikular juga mengatur siklus tidur manusia, sistem tersebut juga berada pada daerah pons. namun dibawah ini akan dijabarkan lagi fungsi pons ini kedalam 3 fungsi yakni:

Sebagai jalur saraf

pons otak mempunyai fungsi untuk dapat membawa sinyal ke korteks utama. Sinyal yang dikirimkan tersebut akan lebih berpengaruh pada fungsi wajah, Seperti misalnya gerakan yang terjadi pada mata serta juga telinga.

Pons otak merupakan 4 (empat) titik pangkal, diantara 12 (dua belas) saraf kranial utama, yakni saraf trigeminal, abdusen, fasial serta serabut vestibucochlear. Dibawah ini merupakan penjelasnnya

  1. Saraf Trigeminal
    seperti yang sudah kami jelaskan diata, pada pons itu terdapat nukleus sensorik serta motori saraf trigeminal. Fungsinya itu untuk dapaat mengatur gerakan pada wajah, juga bertanggung jawab dalam proses mengunyah serta juga menelan.
  2. Saraf Abdusen
    fungsi dari saraf abdusen tersebut adalah untuk dapat mengatur gerakan mata.
  3. Saraf Fasial
    berfungsi untuk dapat mempengaruhi otot-otot pada wajah, hal itulah yang mampu membuat kita untuk tersenyum, mengangkat alis, serta juga menunjukkan segala macam ekspresi pada wajah.
  4. Serabut Vestibulocochlear
    saraf ini memiliki fungsi untuk dapat mengatur transmisi suara dari telinga ke otak serta juga membantu menjaga keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.

Menyampaikan sinyal keluar

Pons otak berfungsi ialah sebagai pembawa sinyal dari saraf menuju otak, sinyal yang dibawa kearah otak memerlukan waktu untuk dapat sampai ke saraf. Proses tersebut akan memunculkan terjadinya pembukaan infomasi yang bergerak dan juga akan berakibat dengan terjadinya pengaturan sinyal untuk dapat diterjemahkan dengan lengkap dan akurat sebelum sinyal itu akan dikirimkan.

Mengontrol fungsi secara tidak sadar

Pada pons otak itu tempat yang bernama reticular, tempat tersebut berfungsi dalam pengaturan siklus tidur serta juga bangun tidur. Daerah ini mempunyai peran dalam pembentukan mimpi seseorang pada saat tidur. Selain pada saat tidur, fungsi tidak sadar lain yang juga ikut dikendalikan oleh pons otak yakni respirasi, yakni bagian pada pons otak ada yang dapat mengatur intensitas pernapasan serta juga mempengaruhi hambatan inspirasi yang dapat berakibat pengurangan pada kedalaman nafas serta juga frekuensi.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Pons, Struktur, Bagian, dan Fungsinya, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Gelombang Mekanik, Karakteristik, Jenis, Contoh dan Rumusnya
Lihat Juga  √ Pengertian Rakyat, Penduduk dan Ketentuan Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Ikhtisar : Pengertian, Ciri, Fungsi, Cara Penyusun, Struktur Dan Contohnya