√ Pengertian Segmentasi Pasar, Dasar, Tujuan, Manfaat dan Syarat

Posted on

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Segmentasi Pasar, penjelasan mengenai Segmentasi Pasar akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Segmentasi Pasar, Dasar, Tujuan, Manfaat dan Syarat

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar ini merupakan pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, serta perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya itu menjadi satuan pasar yang homogen serta dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tersendiri.

Segmentasi pasar ini merupakan strategi sebuah perusahaan didalam mengenal minat serta kebutuhan konsumen di suatu market yang setelah itu menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat serta kebutuhan konsumen tersebut. Dengan kata lain, PASAR yang tadinya hanya satu serta luas itu menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen setelah mengalami suatu segmentasi.

Tujuan utama dari market segmentation ini ialah untuk membuat proses pemasaran yang lebih terarah sehingga sumber daya perusahaan itu bisa/dapat digunakan dengan secara efektif serta efisien.

Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami mengenai apa arti segmentasi pasar, maka kita dapat/bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Menurut Pride dan Ferrel

Market segmentation ini ialah suatu sistem membagi market ke segmen-segmen customer/pelanggan potensial itu dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan pada tingkah laku konsumen.

2. Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong

Pengertian segmentasi pasar ini merupakan suatu pembagian sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda.

Tujuan dari pengelompokan pasar ini ialah untuk membagi atau mengelompokan pasar yang berbeda-beda atau heterogen itu menjadi kelompok atau golongan pasar yang homogen, yang mana tiap-tiap kelompoknya tersebut dapat/bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk itu sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun juga karakteristik pembeli yang terdapat di pasar tersebut.

3. Menurut Swastha dan Handoko

Pengertian segmentasi pasar ini merupakan kegiatan/aktivitas membagi–bagi market yang mempunyai sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat homogen.

Tujuan Segmentasi Pasar

Seperti yang disebutkan sebelumyan, tujuan utama dari pengelompokan pasar ini ialah untuk membagi pasar yang masih sangat luas itu menjadi beberapa pasar yang sifatnya itu homogen. Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tujuan segmentasi pasar:

1. Memudahkan Dalam Membedakan Pasar

Salah satu kesulitan sebuah perusahaan di dalam proses pemasaran produk ialah keadaan pasar yang sifatnya itu heterogen dimana minat serta selera konsumen itu sangat beragam serta terus berkembang.

Dengan mengelompokkan konsumen yang memiliki sifat homogen maka sebuah perusahaan itu akan lebih mudah memahami kebutuhan serta minat konsumen. Hasil akhirnya, suatu pasar itu akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar lainnya.

2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik

Empat hal penting yang paling diperhatikan oleh konsumen di dalam pemenuhan kebutuhannya ialah kualitas, harga, pelayanan, serta ketepatan waktu. Dan pelayanan yang baik juga merupakan hal krusial dari keempat hal penting tersebut.

Dengan melakukan market segmentation ini , maka sebuah perusahaan itu akan lebih mudah memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.

3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Strategi pemasaran pada pasar yang homogen itu akan lebih mudah daripada pasar yang heterogen. Strategi pemasaran pada pasar homogen itu akan lebih terarah, termasuk juga menyusun bauran pemasaran yang melingkupi produk, harga, distribusi, serta promosi.

Dengan adanya pengelompokan pasar ini maka sebuah perusahaan itu dapat mengarahkan dana serta usahanya ke market yang potensial dan juga lebih menguntungkan.

4. Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang Sama

Setelah memahami pembeli yang berada pada suatu segmen pasar, tentunya sebuah perusahaan itu juga akan dapat mengetahui siapa saja kompetitor di segmen yang sama serta aktivitas apa yang dilakukan oleh kompetitor.

Dengan begitu, maka sebuah perusahaan itu dapat mempelajari serta meniru strategi pemasaran komptetitor itu sehingga dapat merebut perhatian konsumen.

5. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis

Setelah memahami segmen pasar serta karakteristiknya, maka perusahaan tersebut dapat melakukan suatu evaluasi atas kegiatan/aktivitas pemasaran yang pernah dilakukan sebelumnya.

Dari sini, sebuah perusahaan akan mengetahui apakah strategi pemasaran telah sesuai dengan karakteristik pasar sehingga bisa menjadi acuan untuk dapat membuat perencanaan bisnis selanjutnya.

Manfaat Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar ini dilakukan bukan tanpa alasan. Terdapat beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh sebuah perusahaan, diantaranya adalah:

  • Perusahaan mempunyai serta menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.
  • Perusahaan akan terbantu di dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
  • Perusahaan mengetahui serta membandingkan peluang pasar baru.
  • Perusahaan dapat menyusun serta menggunakan budget yang terdapat secara efektif dan efisien.
  • Perusahaan akan terbantu di dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  • Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.

Syarat Segmentasi Pasar

Dibawah ini merupakan beberapa syarat segmentasi pasar yang efektif:

  • Dapat Diukur (Measurable), pengelompokan pasar itu harus terukur, baik di dalam besarnya, luasnya, serta juga daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut.
  • Dapat Dijangkau (Accessible), segmentasi pasar juga harus bisa dilaksanakan. Dengan kata lain, strategi pemasaran yang dibuat bisa/dapat dilakukan sera dapat melayani segmen pasar dengan baik.
  • Cukup Besar (Substantial), pengelompokan pasar harus cukup besar sehingga bisa/dapat menguntungkan pada saat dilayani oleh perusahaan.
  • Dapat Dibedakan (Differentiable), artinya segmen pasar yang dikelompokkan itu harus dapat dibedakan dengan jelas.
  • Dapat Dilaksanakan (Actionable), market segmentation itu harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Dasar Segmentasi Pasar

Di dalam melakukan segmentasi pasar, kita bisa merujuk pada beberapa dasar pelaksanaannya. Dibawah ini merupakan beberapa dasar segmentasi pasar diantaranya sebagai berikut:

  • Demografis, merupakan suatu dasar pengelompokan pasar dengan  berdasarkan demografis yang melingkupi jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, dan lain-lain.
  • Geografis, merupakan suatu dasar pengelompokan pasar dengan berdasarkan aspek geografis yang melingkupi lokasi atau daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk, dan lainnya.
  • Psikografis, merupakan suatu dasar pengelompokan pasar dengan berdasarkan ciri-ciri kepribadian, yang melingkupi kepribadian, kelas sosial, dan gaya hidup.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Segmentasi Pasar, Dasar, Tujuan, Manfaat dan Syarat, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √Pengertian dan Unsur Koperasi Indonesia Terlengkap
Lihat Juga  √ Pengertian Minat, Karakteristik, dan Contohnya Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Black Hole, Sejarah, Teori, Ciri dan Jenisnya