√ Pengertian Startup

Diposting pada

Pengertian Startup

Pengertian Startup

Pengertian startup atau star-up atau juga disebutan dengan perusahaan rintisan ini adalah sebutan yang mengacu pada sebuah perusahaan yang belum lama berjalan.

Sebagian besar perusahaan yang masuk di dalam bisnis startup ini ialah sebuah perusahaan yang baru berdiri serta juga di dalam tahap pengembangan dan juga masih mengkaji pasar yang tepat untuk dapat memasarkan produk mereka.

Banyak yang menghubungkan bisnis startup tersebut dengan seluruh macam hal yang berkaitkan dengan web, teknologi,internet serta  lainnya yang masih terkait.

Secara bahasa, startup  tersebut berasal dari kata start (yang memiliki arti mulai) serta juga up (yang memiliki arti naik atau meningkat).

Startup dengan secara bahasa ialah “mulai meningkat” atau juga “mulai naik”. Lawannya katanya startdown atau mulai turun. Istilah dari startup tersebut merujuk pada usaha atau juga perusahaan dengan memanfaatkan sebuah teknologi internet.

Pengertian mengenai startup yang dimaksud sampai saat ini ialah “memulai usaha itu dengan secara online yang setelah itu akan berkembang” atau pun juga “sebuah bisnis berbasis online yang baru juga dirintis”. Startup tersebut merupakan sebuahperusahaan yang baru saja dibanguna atau didirikan serta juga berada di dalam tahapan atau fase pengembangan serta juga penelitian untuk dapat menemukan pasar yang tepat.

Menurut data Wikipedia, startup sendiri adalah sebuah perusahaan rintisan yang merujuk pada seluruh perusahaan yang belum lama baru didirikan, beroperasi, baru mulai (start).


Pengertian Startup Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai Startup ini maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa para ahli, diantaranya :

Neil Blumenthal, cofounder & co-CEO dari Warby Park

Neil Blumenthal, cofounder serta co-CEO dari Warby Parker kemudian menggemukakan bahwa startup ini merupakan suatu perusahaan yang bekerja untuk bisa atau dapat memecahkan suatu masalah di mana solusinya tersebut tidak jelas serta kesuksesan tersebut tidak dijamin.


Adora Cheung cofounder & CEO dari Homejoy

Adora Cheung cofounder serta CEO dari Homejoy, merupakan salah satu hottest U.S Startups pada tahun 2013 menggemukakan pendapatnya bahwa startup is a state of mind (startup ini merupakan keadaan pikiran).


Merriam-Webster

Menurut kamus Merriam-Webster startup ini merupakan sebuah perusahaan bisnis pemula.


The American Herritage Dictionary

The American Herritage Dictionary kemudian menggemukan bahwa startup ini merupakan bisnis yang baru saja memulai operasinya (Robehmed, 2013).


Sejarah Startup

Sejarah-Startup

Sejarah awal dari kemunculan istilah startup tersebut dipopulerkan oleh buble dot-com ialah sekitar pada tahun 1998-2000. Istilah tersebut setelah itu mendunia serta kemuidna banyak pengusaha mendirikan bisnis dot-com dengan  secara bersamaan, banyak perusahaan membuka website pribadi serta juga perkembangan internet saat tersebut membuat banyak orang yang memulai bisnis mereka.


Ciri Bisnis Startup

Ciri-Bisnis-Startup

Adapun Ciri-ciri dari perusahaan startup, diantaranya sebagai berikut:

  1. Perusahaan baru berdiri kurang dari 3 (tiga) tahun.
  2. Jumlah karyawan yang dimiliki kurang dari 20 orang.
  3. Penghasilan pertahunnya masih kurang dari $100.000.
  4. Tengah dalam fase perkembangan.
  5. Biasanya berjalan di dunia teknologi dan web (online).
  6. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi digital.
  7. Umumnya berjalan lewat website.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Perusahaan rintisan di Indonesia kini berkembang cukup pesat serta menjanjikan. Terdapat banyak founder baru bermunculan tiap-tiap bulan serta tahunnya bahkan startup lokal Indonesia tersebut diperkirakan terdapat sekitar 1500 lebih hingga saat ini selain itu pengguna internet di Indonesia berpotensi naik ditiap-tiap tahunnya sehingga akan sangat bagus untuk dapat mendirikan perusahaan rintisan.

Perkembangan industri digital itu kemudian dipengaruhi oleh meningkatnya daya beli serta juga pendapatan perkapita rakyat Indonesia.


Jenis Startup di Indonesia

Jenis-Startup-Indonesia

Terdapat 3 kelompok startup yang banyak saat ini berkembang di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

  1. Startup aplikasi pendidikan
  2. Startup pencipta game
  3. Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.

Disebabkan karna pembuatan game serta aplikasi pendidikan cukup mudah maka kemudian startup yang berkembang dibidang tersebut mempunyai pasar yang potensial serta terbuka. Media sosial serta juga smartphone yang semakin berkembang membuat pasar bagi mobile game serta juga social game kemudian juga ikut berkembang.

Sedangkan untuk website atau juga aplikasi e-commerce di Indonesia saaat ini masih agak besar sebab pemakaian kartu kredit yang masih minim. Sedangkan untuk website maupun aplikasi informasi yakni dengan beragam tema justru memiliki atau mempunyai perkembangan yang lebih cepat.

Saat ini juga sudah banyak dari komunitas para pendiri startup di Indonesia, dimana di dalam komunitas tersebut para nggotanya tersebut dapat segala macam informasi, saling membimbing juga memberikan tips untuk  mendapatkan para penanam modal.


Cara Memulai Bisnis Startup

Dibawah ini tips yang merupakan hal dasar yang bisa kalian lakukan sebelum membuka bisnis startup, antara lain sebagai berikut :

  1. Mulailah dengan ide sederhana dan jangan ikut-ikutan tren.
  2. Tentukan tujuan startup itu dengan jelas.
  3. Identifikasi target pasar yakni dengan melakukan analisa terlebih dahulu.
  4. Agar tujuan serta target startup bisa tercapai serta bisa atau dapat dikembangkan maka buat timeline yang jelas.
  5. Pastikan orang yang terlibat di dalam stratup memilii visi serta misi yang sama sehingga bisa atau dapat menciptakan kelompok yang solid serta juga positif.
  6. Buatlah budaya terbaik yang kuat bagi seluruh orang yang terlibat di dalam startup.
  7. Lakukan dengan konsisten, disebabkan karna pasti akan terdapat rintangan yang tentu harus dihadapi di dalam setiap usaha.
  8. Dengan konsisten di dalam menghadapi halangan yang ada maka tentu bisnis startup tersebut akan lebih maju.

Faktor Pendukung Startup

Faktor-Pendukung-Startup

Terdapat beberapa faktor yang kemudian  mendukung perkembangan startup di Indonesia, diantaranya sebagai berikut :

a. Masyarakat Indonesia selalu terbuka dengan teknologi baru.

Apabila kita lihat saat ini terdapat banyak sekali pengguna Internet aktif di Indonesia maka tentu hal tersebut akan berdampak pada peluang bisnis yang juga kian membesar.


b. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak.

Oleh karna Banyaknya penduduk juga maka kebutuhannya pun juga banyak serta yang pastinya juga akan menjadi peluang bisnis yang besar.


c. Pelayanan startup yang baik.

Semakin baik serta bagus pelayanan sebuah startup tentu maka pelanggan atau konsumennya pun juga semakin banyak.


d. Modal dari investor serta dukungan pemerintah.

Tanpa modal, maka bisnis jenis apa pun tidak akan bisa berkembang. Dukungan dari pemerintah pun kemudian menjadi penentu dari berkembangnya sebuah startup, apabila pemerintah kemudian tidak mendukung maka tentu startup akan sangat sulit untuk dapat berkembang.


Contoh Startup di Indonesia

Contoh-Startup-Indonesia

Dibawah ini merupakan beberapa contoh startup di Indonesia, diantaranya sebagai berikut :

Tokopedia

Tokopedia ini adalah sebuah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi dengan secara digital. Sejak didirikan ditahun 2009, Tokopedia kemudian telah bertransformasi dan menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia namun juga di Asia Tenggara


KitaBisa

Kitabisa.com sendiri adalah sebuah platform untuk menggalang dana serta juga berdonasi secara online. Yang apabila Di luar negeri, Kitabisa.com ini lakukan dikenal yakni sebagai crowdfunding.


Go-Jek

Gojek adalah sebuah perusahaan teknologi yang berasal dari Indonesia yang melayani angkutan dengan melalui jasa ojek. Perusahaan gojek ini didirikan ditahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.


Bukalapak

Bukalapak ini ialah salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana untuk transaksi jual-beli dari konsumen ke konsumen. Seluruh orang dapat atau bisa membuka toko online di Bukalapak serta juga melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk dapat transaksi satuan atau juga banyak.


Traveloka

Traveloka ini adalah sebuah perusahaan travel terkemuka di Asia Tenggara yang juga menyediakan segala macam bentuk kebutuhan perjalanan itu di dalam satu platform.


Ovo

OVO ini adalah, aplikasi pembayaran Serba Bisa, Simpel, Instan serta juga Aman yang siap buat segala macam transaksi finansial kamu jadi lebih menyenangkan.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Startup, Ciri, Faktor, Jenis, Cara Memulai dan Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √Pengertian, Ciri, Tujuan Inovasi Secara Umum Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan
Lihat Juga  √ Pengertian Vivipar, Karakteristik, Reproduksi dan Contoh