√ Pengertian Variabel, Jenis, Contoh dan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kita akan membahas mengenai pengertian variabel, untuk lebih jelasnya dibawah ini :

Pengertian Variabel, Jenis, Contoh dan Menurut Para Ahli

Pengertian Variabel

Variabel merupakan suatu yang bersikap itu berubah-ubah atau juga tidak tetap. Dapat juga didefinisikan ialah sebagai nilai yang mempunyai banyak varian, intinya itu bernilai banyak. Nah untuk lebih jelasnya mengenai variabel ini maka akan dipaparkan juga penjelasan mengenai variabel yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

pengertian variabel yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut :

F.N Kerlinger

Menurut beliau variable merupakan sebuah konsep yang mempunyai macam-macam nilai, dan juga variabel merupakan suatu konsep yang sudah diubah.

Freddy Rankuti

Sedangkan dinyatakan oleh Freddy, variabel ini merupakan suatu konsep yang memiliki nilai bervariasi dan juga nilai tersebut dapat dibagi menjdi 4 data yang berbeda, yakni skala, rasio, ordinal, nomina serta juga  intenal.

Soegeng (2007)

Soegeng menyatakan juga bahwa variabel merupakan hal yang diselidiki dalam penelitian.

Sutrisno Hadi

Menurut beliau, variabel ini merupakan variasi dari objek penelitian, contohnya saja tinggi manusia serta juga divariasikan dengan umur atau juga berat badan yang dimilikinya.

Kerlingger (1973)

dikutip oleh Sugiyono, beliau menggemukakan pendapatnya bahwa variabel itu merupakan konstruk atau sifat yang akan dipelajari.

Jadi kesimpulan dari sebuah variabel itu adalah besaran yang bisa diubah dan selalu berubah sehingga akan mempengaruhi kejadian dari suatu hasil penelitian. Dengan menggunakan variabel tersebut kita juga bisa menghitung data apa saja yang masih dibutuhkan.

Variabel tersebut dibagi menjadi 2 bagian, yakni variabel kualitatif dan juga variabel kuantitatif. Variabel kuantitatif tersebut dapat dibedakan menjadi 2 jenis yakni diantarnya variabel diskrit dan juga variabel kontinu.

Contoh Variabel

variabel merupakan atribut atau sifat yang memiliki variasi :

  1. kata ‘badan’ (bukan variabel), sementara ‘tinggi badan’ (variabel) hal tersebut karena berat badan satu orang dengan orang lainnya berbeda (memiliki variasi)
  2. kata ‘kecerdasan’ (bukan variabel, namun ‘tingkat kecerdasan’ (variabel).
  3. kata ‘siswa’ (bukan variabel) namun ‘motivasi siswa’ (variabel)

variabel adalah sifat yang akan dipelajari

  1. apresiasi
  2. penghasilan
  3. pendidikan
  4. status sosial
  5. jenis kelami
  6. golongan gaji
  7. produktivitas kerja

Dari kedua contoh diatas maka yang dikatakan dengan variabel ialah nilai yang memiliki variasi.

Macam-Macam Variabel

Terdapat empat (4) jenis variabel, yaitu variabel independen serta juga avariabel dependen. Dibawah ini adalah penjelasnnya

Variabel independen

Variabel independen merupakan sebuah variabel yang terjadi disebabkan karna perubahan dan juga menimbulkan variabel terikat atau juga variabel dependen. Variabel ini disebut variabel bebas dan bisa berhubungan dengan variabel kuasa, variabel pengaruh serta juga masih banyak sebutan lainnya.

variabel dependen

Sedangkan untuk variabel dependen merupakan suaatu variabel yang tidak bebas, terikat dan juga mempengaruhi tiap-tiap variabel bebas atau juga variabel independen.

Variabel moderator

Variabel moderator merupakan suatu variabel yang mempengaruhi sesuatu menjadi lebih kuat maupun lebih lemah yang mempunyai hubungan dengan variabel bebas atau jugaa variabel terikat. Variabel kedua dari variabel independen tersebut disebut dengan sebutan variabel moderator.

Variabel intervening

Variabel intervening yang berarti variabel yang mepengaruhi hubungan antara variabel bebas serta juga variabel terikat yang tidak dapat diamati ataupun diukur. Variabel tersebut tidak dapat langsung diukur disebabkan karena nilainya yang terus berubah

Diatas merupakan penjelasan mengenai variabel dan juga macam jenis variabel. untuk itu sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Variabel, Jenis, dan Menurut Para Ahli, kira nya apa yang sudah dijelaskan diaatas dapat bermanfaat bagi anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Titrasi, Jenis, dan Caranya
Lihat Juga  √ Pengertian Budaya, Macam, Ciri, Fungsi, Unsur, Wujud & Faktor
Lihat Juga  √ Pengertian Biografi, Ciri, Bentuk, Struktur Dan Jenisnya