√ Pengertian Peta Minda, Metode, Solusi, Cara Membuat dan Manfaatnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Metode pembelajaran ini berfungsi untuk dapatmembantu siswa untuk dapat lebih mudah mempelajari materi pembelajaran. Semakin kreatif metode yang digunakan tentunya hal tersebut akan semakin memudahkan individu dalam belajar.

Peta-Minda-Adalah

Metode pembelajaran ini tak harus monoton seperti dengan ceramah, karena hal tersebut tentunya akan dapat membuat individu menjadi bosan. Untuk itu kemudian dibutuhkan sebuah metode yang unik serta menyenangkan dan juga efektif dalam sebuah pembelajaran dalam membangun minat belajar.

Salah satu dari metode pembelajaran yang cukup terbilang efektif dalam memudahkan idividu dalam memeplajari hal baru ialah dengan metode peta minda.

Peta mind atau juga lebih dikenal dengan sebutan mind maping petama kali dikembangkan seorang psikolog dari Inggris bernama Tony Buzan.

Metode ini juga dikenal dengan sebutan peta pikiran yang dirancang dengan secara khusus untuk dapat/bisa memudahkan kita didalam mempelajari serta juga menuangkan pikiran itu terhadap sebuah persoalan/permasalahan.

Pengertian Mind Maping (Peta Minda).

Pengertian peta minda atau peta konsep merupakan suatu proses dalam memetakan pikiran untuk dapat menghubungkan konsep-konsep permasalah tertentu dari cabang-cabang sel saraf.

Sehingga mampu terbentuk suatu korelasi konsep menuju pada pemahaman yang setelah itu hasilnya dituangkan di atas kertas dengan menggunakan animasi yang disukai serta juga gampang dimengerti oleh pembuatnya.

Dari hasil peta konsep itu kemudian akan dihasilkan sebuah tulisan yang merupakan sebuah gambaran langsung dari kerja koneksi-koneksi otak.

Peta minda atau juga mind maping atau peta konsep ini merupakan sebuah cara mengembangkan kegiatan atau aktivitas berpikir ke segala arah untuk menangkap berbagai pemikiran dari semua sudut.

Lihat Juga  √ Pengertian Redenominasi Rupiah, Manfaat, Tahapan dan Resikonya

Mind maping ini menggabungkan antara cara berpikir divergen serta cara berpikir kreatif dan juga menjadi cara tepat dan juga paling mudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak untuk setelah itu diambil kembali pada saat dibutuhkan.

Manfaat Mind Maping Atau Peta Minda

Mind maping itu harus dipahami oleh seorang pendidik disebabkan karna bisa membantu siswa didalam memperlajari pembelajaran. Beberapa manfaat penerapan peta konsep ini diantaranya :

  • Membantu seorang untuk bisa/dapat merencanakan serta berkomunikasi
  • Membuat kamu menjadi lebih kreatif
  • Membantu kamu didalam menyelesaikan sebuah masalah
  • Membantu kamu juga untuk dapat lebih fokus di dalam menyelesaikan permasalahan.
  • Memudahkan kamu didalam menyusun serta juga menjelaskan pikiran-pikiran yang terdapat dalam pemikiran kamu
  • Membantu kamu untuk lebih mudah dalam mengingat yang tentang dipelajari
  • Membantu kamu untuk bisa/dapat belajar lebih cepat, efesien dan juga melatih gambar keseluruhan.
  • Mampu untuk mengefesienkan waktu didalam mempelajari sebuah informasi

Dengan kata lain peta konsep ini mampu untuk menyajikan gambaran menyeluruh atas suatu hal serta juga mengubah pola pencatatan waktu menjadi lebih efektif serta membuat individu itu dapat memahami suatu hal dalam waktu yang singkat.

Cara Membuat Mind Mapping

Mind mapping ini juga mempunyai pengertian ialah sebagai alat berpikir yang mampu untuk mencerminkan cara kerja alami dari otak manusia. Dengan penggunaan peta minda ini akan memungkinkan otak itu untuk dapat menggunakan semua gambar serta juga  asosiasinya dalam sebuah pola radial dan juga jaringan sebagaimana sebuah otak dirancang. Cara membuat peta minda ialah sebagai berikut :

  • Menentukan bahan bacaan ialah mencari tema yang tepat dengan yang sedang dipelajari
  • Menentukan juga konsep-konsep yang relevan
  • Mengurutkan konsep itu mulai dari yang paling inklusif hingga ke pada yang tidak inklusif
  • Mulai juga menyusun konsep-konsep di atas kertas dengan menempatkan konsep yang paling inklusif di puncak setelah itu terus kebawahnya dengan konsep-konsep lain.
  • Menghubungkan konsep-konsep yang berhubungan dengan garis serta kata penghubung
  • Mengembangkan peta minda .
Lihat Juga  √ Pengertian Pasar Modal, Manfaat, Jenis, dan Instrumennya

Solusi pemecahan masalah

Alternatif dalam Solusi Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Peta Minda

Dalam metode peta konsep, solusi pemecahan masalah yang ditawarkan ialah dengan melalui cara berpikir radial uamo mirip sebatang pohon dengan cabang rantingnya.

Sebuah ide pokok atau juga masalah digambarkan ialah sebagai batang, semencara cabang-cabangnya itu menggambarkan solusi alternatif yang bisa kita gunakan dalam memecahkan masalah tersebut.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Peta Minda, Metode, Solusi, Cara dan Manfaatnya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih