√ Pengertian Tulang Dada

Diposting pada

pengertian-tulang-dada

Pengertian Tulang Dada (Sternum)

Pengertian Tulang dada yakni tulang berbentuk pipih dimana terletak pada bagian tengah dada. Di dalam sisi kanannya tersebut terdapat lekat yang merupakan tempat menempelnya rusuk, tulang dada tersebut bersamaan dengan tulang rusuk tersebut kemudian memberikan perlindungan terhadap paru paru, jantung, serta juga pembuluh darah besar pada segala macam trauma serta juga kerusakan.

Sternum atau tulang dada ini merupakan tulang pipih panjang berbentuk seperti dasi yang letaknya itu di tengah dada. Terhubung ke tulang rusuk itu dengan melalui tulang rawan, membentuk bagian depan tulang rusuk, serta juga itu dengan demikian membantu untuk melindungi  paru-paru, jantung serta juga pembuluh darah utama dari cedera. Sternum ini terdiri dari tiga wilayah: manubrium, tubuh, serta juga proses xifoideus. Kata sternum ini berasal dari στέρνον Yunani, yang berarti dada.

Sternum ini ditemukan di sebagian besar vertebrata terkecuali termasuk ikan, ular, serta kura-kura. Dibutuhkan bentuk yang berbeda dispesies yang berbeda. Dalam embrio manusia, tulang dada pertama kali muncul ialah sebagai dua pita dari tulang rawan yang memiliki fungsi di tengah dada.

Pita ini menyatu menimbulkan enam tulang, disebut dengan sternabrae, yang dengan secara bertahap bergabung untuk menjadi tulang dada orang dewasa. Proses ini berlanjut sepanjang masa, serta mungkin tidak lengkap sampai usia pertengahan atau juga bahkan tua. Penyatuan dimulai di bagian atas tulang serta kebagian bawah.

Sebuah tulang panjang, datar berbentuk dan seperti huruf “T,” sternum ini terdiri dari 3 bagian. Sternabra ini pertama menjadi manubrium, bagian atas tulang yang juga membentuk stroke “T.” Manubrium kira-kira itu berbentuk berlian. Hal tersebut lebih luas di bagian atas, yang mana terhubung ke tulang selangka, serta sempit di bagian bawah.

Tulang Dada (Sternum)

Batas paling atas dari manubrium ialah jugular notch. Julukan kedua yang lain untuk daerah ini yakni suprasternal atau manubrium notch1 yang digambarkan yakni sebagai daerah takikan yang ramping di antara klavikula yang memanjang yang terletak di tepi atas sternum.

Persendian antara manubrium bawah itu dengan body pada sternum yang yang dapat atau bisa di raba disebut dengan sternal angle. Hal tersebut juga merupakan sternum yang mudah di raba yang digunakan untuk menentukan lokasi dari struktur/susunan lain dari tulang torak.

Klavikula serta tulang rawan dari tujuh tulang iga yang pertama bersendi dengan secara langsung dengan sternum. Di bawah tiap-tiap clavicular notch serta juga sternoclavikular join adalah sebuah penekanan atau facet disebabkan karna terjadi persendian dengan tulang rawan dari tulang iga yang pertama.

Tulang iga anterior ini tidak menyatu dengan secara langsung dengan sternum. Tetapi bersendi dengan kepingan tulang rawan yang pendek yang disebut dengan costocartilago. Costocartilago serta tulang iga telah atau sudah ditambahkan pada satu sisi dari gambar ini untuk ditunjukkan hubungannya.

Tulang rawan yang ke 2 bersendi dengan sternum setinggi sternal angle. Pada sisi yang lain bertempat di anterior tulang iga kedua yang terletak di sternal angle pertama sepanjang sisi lateral tulang rawan serta tulang iga. Sternum ketiga dengan melalui costocartilago ke-tuju yang berhubungan dengan secara langsung dengan body dari sternum.

Tulang dada ini adalah suatu tulang yang mana berbentuk pipih yang terletak dibagian tengah dada.
Terdapat berapakah susunan jumlah tulang dada? Tulang dada pada manusia mempunyai susunan berjumlah 3 yaitu terdiri dari : tulang hulu atau juga  kepala dada, tulang badan dada, tulang taju pedang dada

Susunan Tulang Dada

Susunan-Tulang-Dada

Sebutkan beberapa bagian yang ikut dan juga melindungi tulang dada tersebut!

1. Tulang Hulu / Kepala

Terletak dibagian atas dari tulang dada serta juga terdapat persendian di dalamnya, ini merupakan tempat untuk melekatnya rusuk yang pertama serta yang kedua. disebut juga ialah sebagai tulang kepala disebabkan karna secara anatomi terletak pada bagian paling atas (kepala) dari tulang dada, sifatnya itu kokoh sehingga mampu untuk melindungi bagian lain di bawahnya serta organ di dalamnya.

2. Tulang Badan

Ini merupakan bagian tengah, tempat melekatnya tulang rusuk ke 3 hingga ke 7 , serta juga gabungan tulang rusuk ke 8 hingga ke 10. Memiliki atau mempunyai bagian yang lebar serta juga pipih, merupakan syaty tulang yang berstruktur kuat serta juga mampu untuk kemudian menyangga tulang rusuk itu dengan baik.

3. Tulang Taju Pedang

Ialah tulang yang letaknya ialah di bagian bawah dari tulang dada, terbentuk dari tulang rawan. Tulang itu sangat rawan akan adanya suatu trauma oleh sebab disusun dari tulang rawan yang tidak berkembang itu menjadi keras disaat dewasa, sehingga kemudian akan sama seperti tulang di bayi yang baru saja lahir.

Struktur Tulang Dada (Sternum)

Sternum ini merupakan panjang, tulang datar, membentuk bagian tengah depan dada. Bagian atas tulang dada itu mendukung klavikula (tulang leher) serta ujungnya bergabung dengan kartilago kosta pertama tujuh pasang tulang rusuk. Permukaan bagian di ddalam dari tulang dada itu juga lampiran ligamen sternopericardial. Atasnya ini juga terhubung ke otot sternokleidomastoid. Sternum terdiri dari 3 bagian utama, tercatat dari atas:

  1. Manubrium sterni (ini merupakan kepala tulang dada), membentuk persendian itu dengan tulang selangka, klavikula, serta tulang rusuk pertama.
  2. Korpus sterni (ini merupakan badan tulang dada), ini membentuk persendian tersebut dengan sembilan tulang rusuk berikutnya.
  3. Prosesus xifoid (ini merupakan tulang taju pedang), ini tulang yang masih berbentuk tulang rawan pada bayi.

Ciri Tulang Dada (Sternum)

Di dalam posisi alaminya, sternum tersebut posisinya miring, ke bawah serta ke depan. Hal tersebut sedikit cembung di depan serta belakang cekung, luas atas, berbentuk seperti “T”, itu menjadi menyempit pada titik di mana manubrium bergabung tubuh, setelah dari itu kembali melebar sedikit ke bawah tengah tubuh, serta setelah itu menyempit ke ekstremitas yang lebih rendah. di tulang dada orang dewasa tersebut biasanya rata-rata sekitar 17 cm, lebih panjang pada pria apabila dibandingkan pada wanita.

Fungsi Tulang Dada

Fungsi-Tulang-Dada

Di dalam proses sistem kerjanya, tulang dada tersebut tidak melakukan tugasnya sendiri namun justru bekerjasama dengan tulang rusuk, berikut merupakan segala macam fungsi tulang dada diantaranya sebagai berikut :

1. Menjaga Organ Pada Bagian Dada

Menjaga organ bagian di tulang dada, seperti misalnya : jantung serta paru-paru. Dua organ ini begitu berpengaruh untuk kelangsungan hidup mansia, itu dengan begitu tulang dada melindungi organ tersebut dari segala macam benturan, trauma, dan juga dari gerak tubuh manusia itu sendiri supaya tetap mampu bertahan terhadap posisinya dan juga menjalankan fungsinya secara baik.

2. Menjaga Organ Tubuh Sekitarnya

Menjaga organ sekitarnya seperti ginjal, lambung, beserta limpa. Sebab tulang dada ini bersamaan tulang rusuk memiliki bentuk yang begitu keras dan juga padat, sangat baik supaya melindungi organ–organ dalam terhadap segala macam bentuk benturan, seperti : alat ekskresi ginjal serta juga sistem ekskresi paru paru.

Sebagai contohnya pada saat terjadi kecelakaan, benturan keras itu umumnya tidak bisa atau dapat dihindari.

3. Membantu Proses Pernafasan

Tidak bisa dipungkiri tanpa tulang dada, kita tidak akan bisa atau dapat bernafas dengan secara lancar disebabkan karna tidak adanya pelindung untuk paru-paru yang merupakan sebuah alat pernafasan terhadap manusia pada segala macam guncangan danjuga rangsangan bersumber dari luar tubuh.

Apabila organ penafasan dapat atau bisa bekerja dan juga terlindungi dengan secara sangat baik. Dengan begitu, sistem pernafasan tersebut pun tidak akan terganggu terkecuali memang sedang terjadi masalah yang khusus di alat pernafasannya.

4. Sebagai Kerangka

Sebagai kerangka yang mana tulang dada tersebut kemudian menyediakan kerangka kerja seperti untuk otot-otot dada, punggung, perut, serta juga bahu atas bisa menempel. Pada bagian dalam, dibatas bawah tulang rusuk ini juga memiliki fungsi sebagai tempat melekatnya diafragma.

Tanpa adanya tulang dada, tubuh manusia tersebut tidak akan terbentuk dengan secara sempurna karena tidak mempunyai atau memiliki penyokong, tulang dada ini membuat tampilan tubuh menjadi kuat dan juga memperindah bentuk postur tubuh.

Anatomi Pada Tulang Dada

Anatomi-Pada-Tulang-Dada

Tulang dada dimanusia itu jumlahnya 1 buah yang mana susunannya yangsama sejak ia lahir, namun berbeda apabila terdapat kelainan yang disebabkan oleh karna cacat lahir ataupun juga karna kecelakaan atau penyakit tertentu.

Seluruhnya itu saling menyambung berkaitan atau berhubungan serta dengan secara bersama-sama membentuk serta juga melindungi organ di dalam pada dada manusia, susunannya ini juga terdiri atas 3 bagian yakni ialah sebagai berikut :

1. Tulang Hulu / Kepala

Tulang ini berada terletak di dalam bagian atas terhadap tulang dada serta juga terdapat adanya persendian didalamnya. Tulang hulu ini merupakan tempat melekatnya rusuk yang pertama dan juga yang kedua, dikenal juga dengan sebutan sebagai tulang kepala disebabkan karna secara anatomi terletak dibagian paling atas atau kepala dari tulang dada, yangmana memiliki sifat kokoh sehingga mampu untuk melindungi bagian lain dibawahnya dan juga organ di dalamnya.

2. Tulang Badan

Tulang badan itu letaknya dibagian tengah, yang mana merupakan tempat melekatnya tulang rusuk ke 3 sampai ke 7 , serta kemudian juga gabungan antara tulang rusuk itu ke 8 hingga sampai 10. Memiliki bentuk bagian yang lebar dan juga pipih, merupakan tulang yang berstruktur kuat serta juga mampu menyangga tulang rusuk dengan secara baik.

3. Tulang Taju Pedang

Tulang ini merupakan tulang yang terletak dibagian bawah dari tulang dada, yangmana terbentuk dari tulang rawan. Tulang ini rawan serta juga akan trauma, sebab disusun atas tulang rawan yang tidak berkembang tersebut akan menjadi keras disaat dewasa. Dengan begitu sama seperti halnya tulang pada bayi yang baru ini akan lahir ke dunia ini.

Proses Pembentukan Tulang

Proses-Pembentukan-Tulang-Dada

Proses pembentukan tulang itu disebut juga osifikasi, yang mana proses ini dibedakan menjadi 2 , yakni : osifikasi intramembranosa serta osifikasi intrakartilagenosa. Osifikasi intramembranisa ini disebut dengan penulangan langsung yang mana proses ini terjadi pada tulang pipih.

Sedangkan contoh dari osifikasi intrakartilagenosa dimana pembentukan tulang pipa yang kemudian akan menyebabkan tulang itu bertambah panjang didaerah cakra epifise. Terdapat hal penting untuk kemudian diketahui, apabila untuk penulangan tersebut hanya terjadi sekali seumur hidup serta juga tidak akan terulang lagi untuk selama-lamanya.

Meskipun beberapa tulang memiliki atau mempunyai sifat yang keras ataupun kuat, tetapi sebaiknya itu berusaha untuk menghindari segala macam benturan yang begitu keras, baik itu berupa kecelakaan yang mana mengakibatkan tulang patah itu maupun benturan disaat sedang menjalankan kegiatan atau aktivitas berolahraga.

Tulang yang patah tersebut membutuhkan waktu berkala yang lumayan lama, supaya bisa atau dapat pulih kembali sepenuhnya seperti biasa. Tetapi tidak sedikit juga yang kemudian akhirnya harus diamputasi disebabkan agar tidak membahayakan hidupnya.

Penyakit Dan Gejalanya

Dibawah ini adalah salah satu dari kondisi yang bisa membuat tulang dada itu terasa sakit yang disebut dengan sebutan kostokondritis. Kostokondritis ini merupakan salah satu penyebab dari tulang dada yang merasa sakit dan juga salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Keadaan tersebut sendiri umumnya terjadi apabila tulang rawan yang berada di antara tulang dada dan juga tulang rusuk mengalami suatu kondisi peradangan maupun teriritasi.

Kostokondritis ini pun dapat atau bisa terjadi akibat dari osteoartritis, namun tetapi kondisi tersebut juga dapat atau bisa disebabkan oleh karena beberapa hal bahkan juga tanpa adanya penyebab jelas. Dengan keadaan seperti ini kemudian akan menyebabkan rasa sakit disertai nyeri di tulang dada.

Dibawah ini merupakan suatu gejala yang kemudian akan dialami oleh mereka yang terkena penyakit kostokondritis, diantaranya  :

  1. Akan terasa nyeri yang begitu tajam perih tepat dibagian tengah dada tersebut.
  2. Dada itu akan terasa sakit disaat bersin, batuk atau juga pada saat menarik napas berkala dengan secara dalam.
  3. Merasakan ketidaknyamanan yang akan terjadi pada tulang rusuk, yang mana berhubungan erat di dalam bekerjasama dengan tulang dada.

Nah apabila anda merasakan beberapa contoh gejala di atas, kemungkinan yang terjadi ialah kamu sedang mengalami kondisi kostokondritis tersebut.

Namun, kostokondritis ini sendiri biasanua bisa hilang dengan sendirinya di dalam jangka waktu beberapa hari. Jadi tidak memerlukan adaya pengobatan akan tetapi apabila anda memiliki kekhawatiran tertentu tentang kondisi tersebut, sebaiknya anda dapat atau bisa segera pergi memeriksa atau konsultasi ke dokter.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Tulang Dada, Fungsi, Proses, Ciri, Anatomi dan Penyakit, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Piramida Penduduk
Lihat Juga  √ Pengertian Tulang Selangka, Bentuk, Letak Beserta Fungsinya
Lihat Juga  √ Pengertian Industri, Manfaat, Klasifikasi dan Contohnya