Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Prinsip, Contoh, Menurut Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada saat ini kita akan membahas mengenai Literasi, yang dilengkapi juga dengan tujuan, manfaat, jenis, prinsip dan contoh dari literasi, untuk lebih jelasnnya baca artikel dibawah ini sampai habis :

Pengertian-Literasi-Adalah-dan-Contohnya

Pengertian Literasi

Literasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk lebih membudidayakan gerakan membaca serta juga menulis. Literasi sangat banyak sekali manfaatnya, salah satu keuntungan dari literasi ini  diantaranya adalah dapat melatih diri untuk dapat lebih terbiasa dalam membaca serta juga dapat membiasakan seseorang (siswa) untuk dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang dipahaminya.

Lebih jelasnya, pengertian literasi merupakan suatu kemampuan individu untuk dapat menggunakan potensi serta ketrampilan dalam mengolah dan juga memahami informasi saat melakukan kegiatan atau aktivitas membaca dan menulis.

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

  1. Cordon
    Literasi merupakan sumber ilmu yang menyenangkan yang mampu dalam membangun imajinasi mereka untuk dapat menjelajahi dunia serta ilmu pengetahuan.
  2. Goody
    Literasi merupakan suatu kemampuan untuk membaca dan juga menulis.
  3. Kern
    Literasi itu terdapat 7 prinsip pendidikan diantaranya literasi tersebut melibatkan :

    1. interprestasi,
    2. kolaborasi,
    3. konvensi,
    4. pengetahuan kultural,
    5. pemecahan masalah,
    6. releksi dan refleksi diri
    7. penggunaan bahasa.
  4. National Institute For Literacy
    Literasi meerupakan sutu kemampuan dari tiap individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung serta juga memecahkan suatu masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan didalam suatu pekerjaan, keluarga dan masyarakat.
  5. UNESCO
    Pemahaman orang mengenai makna literasi itu sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai budaya serta juga pengalaman. Pemahaman umum dari literasi ialah  seperangkat keterampilan nyata, terutama ketrampilan dalam membaca dan menulis, yang terlepas dari konteks yang mana ketrampilan itu diperoleh serta siapa yang memperolehnya.
  6. NAEYC
    Literasi merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat mendorong anak-anak untuk berkembang sebagai pembaca serta penulis sehingga dalam hal ini sangat membutuhkan yang namanya interaksi dengan seseorang yang menguasai literasi.
  7. Alberta
    Literasi ini bukan hanya sekedar kemampuan dalam membaca dan menulis tapi juga menambah pengetahuan, ketrampilan serta kemampuan yang dapat membuat seseorang itu memiliki kemampuan dalam berfikir kritis, mampu juga untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu juga berkomunikasi dengan secara efektif dan mampu untuk dapat mengembangkan potensi serta berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat.


Tujuan Literasi

Setelah mengerti Pengertian Literasi tersebut, pasti sudah tergambar apa sih tujuan dari literasi ini, namun untuk memperjelas dibawah ini akan dijelaskan tujuan literasi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik.
  2. Menumbuhkan dan mengembangkan juga budaya literasi di sekolah maupun masyarakat.
  3. Dapat meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dengan cara membaca segala macam informasi yang bermanfaat.
  4. Dapat  juga meningkatkan kepahaman seseorang didalam mengambil inti sari dari suatu bacaan.
  5. Mengisi waktu dengan literasi agar lebih berguna.
  6. Memberikan penilaian kritis pada karya tulis seseorang.
  7. Memperkuat nilai kepribadian dengan membaca dan menulis.

Manfaat Literasi

Tujuan dari literasi itu sangat baik, lantas apa manfaat literasi, manfaat dari literasi diantaranya adalah :

  1. Menambah kosa kata.
  2. Mengoptimalkan kerja otak.
  3. Menambah wawasan dan informasi baru.
  4. Meningkatkan kemampuan interpersonal.
  5. Mempertajam diri didalam menangkap makna dari suatu informasi yang sedang dibaca.
  6. Mengembangkan kemampuan verbal.
  7. Melatih kemampuan berfikir dan menganalisa.
  8. Meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang.
  9. Melatih dalam hal menulis serta juga merangkai kata yang bermakna.

Jenis-Jenis Literasi

Dibawah ini merupakan macam jenis Literasi, pada dasarnya literasi ini  dibagi menjadi beberapa jenis literasi, diantaranya sebagai berikut:

Literasi Dasar

Literasi dasar merupakan suatu kemampuan untuk membaca, mendengarkan, berbicara, menulis serta juga menghitung. Literasi dasar ini bertujuan untuk dapat mengoptimalkan serta meningkatkan dalam hal menulis, membaca, berbicara, menghitung serta juga mendengarkan.

Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan ialah suatu kemampuan lanjutan untuk dapat mengoptimalkan literasi perpustakaan yang ada. Literasi perpustakaan ini terdiri dari memberikan pemahaman mengenai cara untuk dapat membedakan antara cerita non fiksi dan cerita fiksi, memahami penggunaan katalog serta indeks dan juga memiliki pengetahuan didalam memahami informasi saat sedang menyelesaikan suatu tulisan, penelitian serta lain sebagainya.

Literasi Visual

Literasi visual ialah suatu pemahaman yang lebih antara literasi media dan juga literasi teknologi yang mengembangkannya dengan cara memanfaatkan materi visual.

Literasi Media

Literasi media merupakan suatu kemampuan untuk dapat mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda seperti media cetak, media elektronik dan lain sebagainya dan juga dapat mengerti penggunaan dari masing-masing media yang ada tersebut.

Literasi Teknologi

Literasi teknologi merupakan suatu suatu kemampuan untuk dapat memahami kelengkapan dalam suatu teknologi seperti contohnya hardware dan software, memahami juga cara mengakses internet dan juga mengerti etika yang berlaku dalam penggunaan teknologi.


Prinsip-Prinsip Literasi

Menurut Beers (2009) didalam literasi sekolah itu menekankan prinsip-prinsip sebagai berikut :

Program Literasi Yang Baik Bersifat Berimbang

Sekolah yang menerapkan prinsip ini maka akan dapat menyadari bahwa siswa itu memiliki kebutuhan yang berbeda antara satu sama lain. Untuk itu, dibutuhkanlah berbagai strategi membaca serta juga variasi teks.

Diskusi dan Strategi Bahasa Lisan Sangat Penting

Dalam prinsip literasi ini, siswa akan dituntut untuk bisa/dapat berdiskusi mengenai suatu informasi tertentu serta juga dalam diskusi membuka kemungkinan perbedaan pendapat serta akan diharapkan dapat mengungkapkan perasaan serta pendapatnya untuk dapat melatih kemampuan berfikir lebih kritis.

Program Literasi Berlangsung di Semua Kurikulum

Program literasi ini ditunjukan oleh seluruh siswa jadi tidak bergantung pada kurikulum serta juga membiasakan kegiatan atau aktivitas literasi merupakan kewajiban guru semua mata pelajaran.

Keberagaman Perlu Dirayakan di Kelas dan Sekolah

Para siswa itu disediakan buku-buku yang bertemakan kekayaan budaya negara Indonesia dalam upaya lebih mengenal budaya yang ada serta juga ikut dalam melestarikannya.


Contoh Gerakan Literasi

Dibawah ini merupakan beberapa contoh gerakan literasi yang dapat diterapkan di sekolah, diantaranya sebagai berikut:

  1. Jadwal wajib ke perpustakaan
  2. Membaca buku non pelajaran sebelum proses belajar dimulai
  3. Membuat dinding motivasi di kelas

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Prinsip, Contoh & Menurut Ahli, semoga apa yang dijelaskan diatas dapat berguna untuk anda.

Lihat Juga  √ Vektor: Pengertian, Gambar, Notasi, Macam, Sifat dan Nilai atau Besarnya

Lihat Juga  √ Pengertian Sistem Ekonomi Komando, Contoh, Ciri, Tujuan dan Kelebihan

Lihat Juga  √ Pengertian Suhu, Perubahan, Alat Ukur, Jenis dan Rumus