√ Fakta dan Opini : Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Diposting pada
√ Fakta dan Opini : Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya
5 (100%) 1 vote

Pendidiakan.Co.Id – Saat ini kita akan membahas mengenai Fakta dan Opini, Sebenarnya, ini hal yang tidak begitu rumit, namun terkadang masih saja orang yang tidak bisa membedakan mana fakta dan mana opini, contohnya dengan ISU-ISU (pemikiran) yang berkembang jelang Pesta Rakyat, akan muncul-muncul informasi yang sifatnya itu menjatuhkan, hal tersebut masih bisa kita temukan di zaman sekarang. Untuk lebih jelasnya baca artikel tentang fakta dan opini dibawah ini :

Fakta dan Opini : Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Pengertian Fakta Dan Opini

Fakta dan Opini, dalam pengertian fakta serta juga pengertian opini itu mempunyai arti dan definisi yang berbeda tapi kadang kita sulit membedakan mana fakta dan opini. Pengertian Fakta merupakan suatu hal, keadaan, kejadian atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau juga sesuatu hal yang benar-benar terjadi Sedangkan untuk Pengertian Opini merupakan suatu Pendapat, pikiran, ataupun juga itu pendirian yang belum diakui atau juga belum pasti kebenarannya artinya sederhananya masih sebatas pemikirannya. nah dari pengertiannya saja kita sudah mengerti perbedaan dari fakta dan opini. Tapi untuk dapat mengerti lebih mengenai perbedaan fakta dan opini ini, akan dijelaskan dibawah ini :

Perbedaan Fakta Dan Opini

  • Fakta merupakan sesuatu sudah terjadi. dalam artian, fakta adalah suatu potret/gambaran sebenarnya mengenai keadaan, kejadian atau peristiwa. Oleh sebab itu, fakta ini sulit atau bahkan tidak mungkin untuk dapat terbantahkan disebabkan karena berlandaskan kejadian yang benar terjadi dan juga karena bukti, dapat dilihat, atau juga diketahui oleh banyak pihak. Walaupun fakta  tersebut mungkin saja dapat berubah apabila ditemukan fakta baru yang jelas serta juga yang lebih akurat.
  • Sedangkan untuk Opini sendiri merupakan sebuah pendapat yang belum pasti benar adanya. Artinya pendapat pribadi tersebut juga dapat benar namun juga bisa salah . Sebuah pendapat itu bisa mendekati suatu yang benar (kebenaran) apabila pendapatnya itu ditunjang atau dilandaskan atau dikuatkan oleh keberadaan pada suatu fakta yang kuat serta juga menyakinkan.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai perbedaan fakta dan opini diatas, supaya lebih lengkap lagi dibawah ini akan diberikan contoh mengenai Fakta dan Opini.

Contoh Fakta dan Opini

Dibawah ini merupakan contoh dari Fakta dan Opini, diantaranya :

Contoh Fakta

  • Pada Tanggal 2 Mei itu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.
    Penetapan pada tanggal 2 Mei ialah sebagai hari Pendidikan Nasional dilakukan pada tahun 1959, hal tersebut dilakuakan demi mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, yang juga disandangkannya sebagai Bapak Pendidikan Nasional. namun kamu harus tau, kalau untuk peringatan Hari Pendidikan Nasional itu baru berlangsung dengan secara efektif pada tahun 1967 dimasa pemerintahan Soeharto.

Contoh Opini

  • Daerah A itu mengalami kemiskinan pada tiap-tiap desa hampir 100 %, masyarakat itu miskin. dan juga daerah akan hilang pada tahun berikutnya.

Nah, sekarang sudah paham kan mengenai Fakta dan Opini ini, juga dapat kita simpulkan bahwa fakta itu merupakan hal yang sudah terjadi dan biasanya didasari juga dengan adanya bukti, nah opini merupakan sebuah gagasan pemikiran yang memang akan sangat baik apabila didasarkan oleh adanya suatu fakta.

Jadi sekian penjelasan mengenai Fakta dan Opini : Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya semoga dapat bermanfaat untuk anda, dan membuat anda dapat berfikir lebih kritis dalam menyikapi sebuah informasi. 

Lihat Juga  √ Pengertian Ruang, Interaksi Antar ruang, Bentuk dan Syaratnya
Lihat Juga  √Pengertian Puisi, Ciri, Jenis, Unsur dan Struktur Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Anomie, Culture Lag, Mestizo Culture, dan Contohnya