√ Geologi : Pengertian, Macam, Aplikasi dan Contoh Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – kata geologi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni “geos” yang memiliki arti bumi serta  “logos” yang memiliki arti ilmu. Jadi bisa kita simpulkan bahwa geologi adalah suatu ilmu (studi) yang mempelajari material bumi dengan secara menyeluruh, contohnya seperti: asal mula, struktur, penyusun kerak bumi, berbagai macam proses yang sedang berlangsung kemudian  pembentukannya, ataupun yang sedang berlangsung, sampai kepada keadaan bumi saat ini.

Geologi : Pengertian, Macam, Aplikasi dan Contoh Menurut Para Ahli

Orang yang ahli atau pakar didalam bidang geologi disebut dengan sebutan geologist, geologist bertugas untuk melakukan sebuah penelitian untuk dapat mengungkap misteri-misteri yang belum terpecahkan yang menyelimuti proses-proses yang berhubungan dengan material-material yang mebuat atau membentuk planet bumi ini, gerakan-gerakan ataupun suatu perubahan yang terjadi contohnya seperti gempa bumi, meletusnya gunung berapi, dan juga mencari serta menemukan bahan tambang yang dapat diambil di dalam perut bumi seperti minyak bumi, gas, serta bahan tambang lainnya.

Tugas dari seorang ahli geologist juga mempelajari mengenai berbagai sifat bencana alam contohnya seperti banjir, longsor, gempa bumi, gunung berapi serta lain sebagainya. geologist juga bisa memprediksi/meramalkan atau memperkirakan bagaimana cara untuk dapat menghindari bencana alam tersebut. Dibawah ini merupakan pengertian geologi yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi Geologi yang dikemukakn oleh para ahli geologi ():

  • Bates dan Jakson (1990)

Menurut Bates dan Jakson, Geologi merupakan studi (ilmu) yang mempelajari planet bumi terutama tentang materi penyusunnya, proses yang terjadi , hasil dari proses tersebut, sejarah dari planet itu, serta juga bentuk-bentuk kehidupan sejak bumi itu terbentuk (dikutip dalam Sutanto, 1999).”

  • Djauhari Noor (2012)

Geologi menurut Djauhari Noor merupakan suatu bidang  studi (ilmu) pengetahuan kembumian yang meneliti atau mempelajari segala sesuatu tentang planet bumi beserta dengan isinya yang pernah ada. Geologi adalah  kelompok ilmu yang membahas mengenai sifat-sifat serta juga bahan-bahan yang membentuk bumi, struktur, juga proses-proses yang bekerja baik yang ada didalam maupun diatas permukaan bumi, kedudukannya di alam semesta dan juga sejarah perkembangan sejak bumi ini terbentuk(lahir)di alam sampai ke sekarang.

  • Holmes (1965)

Geologi berdasarkan pandangan Holmes merupakan studi (ilmu) yang menggambarkan atau mengilustrasikan evolusi bumi serta penduduknya, sejak awal pembentukannya sampai pada saat sekarang, yang bisa diakui di batu.

  • Katili (1970)

Geologi menurut Katili ialah sebuah Pengetahuan menyelidiki (meneliti) lapisan batuan geologi pada kerak bumi.

  • Munir (1996)

Geologi menurut dengan pandangan Munir geologi adalah cabang (studi) ilmu yang mempelajari mengenai gejala yang terhubung dengan pembentukan bumi, keberadaan dari bumi, serta juga fenomena lain yang terhubung dengan bentuk alami.

  • Noer Aziz M., dkk (2002)

Geologi ialah suatu studi (ilmu) mengenai bumi serta Bumi ialah sebagai seluruh kelompok ilmu studi, asal, struktur, komposisi, sejarah (termasuk perkembangan kehidupan) serta juga proses alami yang sudah ada dan yang sedang berlangsung, yang membuat keadaan bumi seperti ini.

  • Parker (1997)

Geologi merupakan studi (ilmu) mengenai bumi, sejarah istsik, serta kehidupan seperti yang tercatat pada bebatuan, termasuk studi (ilmu) mengenai fitur geologi dalam suatu daerah, seperti geometri dari bentuk batuan, pelapukan serta erosi, juga sedimentasi. (dalam Harisutanto).

  • Written Brooks (1972)

Geologi merupakan studi (ilmu) bumi ke asal, struktur, komposisi serta sejarah (termasuk perkembangan kehidupan) dan juga proses yang sudah menyebabkan keadaan bumi seperti saat ini.

Lihat Juga  √ Pengertian HTTP dan HTTPS, Fungsi, Cara Kerja & Kelemahannya

B. Macam -Macam Geologi

Geologi dibagi menjadi 2 macam yakni geologi fisik dan geologi dinamis. dibawah ini merupakan penjelasan dari macam-macam geologi yang dibagi kedalam 2 yakni sebagai berikut :

Physical geology (geologi fisik)

adalah ilmu yang menkhususkan dalam meneliti atau mempelajari berbagai sifat fisik dari suatu planet khusunya bumi, contohnya seperti susunan serta komposisi dari material-material yang membentuk bumi, selaput udara yang menyelubungi diatas permukaan bumi, khususnya bagian yang melekat serta berinteraksi dengan planet bumi, kemudian selaput air atau yang disebut juga dengan hidosfir, dan juga berbagai proses yang bekerja diatas permukaan bumi yang di picu oleh adanya suatu energi dari matahari serta tarikan gaya berat planet bumi. Proses itu  bisa disebut dengan pelapukan, pengikisan, pemindahan dan juga pengendapan. Itulah definisi dari physical geology atau geologi fisik.

Geologi dinamis

Geologi dinamis merupakan studi (ilmu) geologi yang mempelajari dan juga yang membahas tentang sifat-sifat dinamika bumi. Sisi ini berkaitan atau berhubungan dengan berbagai macam perubahan yang terdapat pada bagian bumi, yang diakibatkan oleh terdapatnya gaya yang dipicu oleh energi yang bersumber dari dalam perut bumi, contohnya ialah seperti aktivitas magma yang bisa menghasilkan vulkanisme, gerak litosfir yang disebabkan oleh adanya arus konveksi, gempa bumi serta juga gerak pembentukan cekungan pengendapan juga pegunungan. point -point diatas merupakan definisi dari geologi dinamis.


C. Dan inilah aplikasi atau contoh penerapan dari ilmu geologi

Aplikasi dari studi (ilmu) geologi adalah hal-hal yang penting dibeberapa bidang yang lainnya. Pemanfaatan studi (ilmu) geologi ini semakin berkembang sertajuga semakin di perlukan untuk saat ini, dan dibawah ini  ini contoh bidang yang memerlukan aplikasi dari ilmu geologi:

  1. Petroleoum geology (Perminyakan) yakni dimanfaatkan untuk mengetahui jebakan-jebakan minyak bumi serta juga gas bumi.
  2. Pertambangan (Miming geology) dimanfaatkan untuk mengetahui sebuah proses pembentukan pengendapan mineral yang sifatnya itu ekonarris, yang tentu sangat diperlukan oleh manusia.
  3. Hydrogeology (Hidrologi) dimanfaatkan untuk mempelajari mengenai suatu kejadian pemanfaatan air tanah.
  4. Environment geology (Geologi lingkungan) ialah geologi sangat diperlukan untuk dapat mengevaluasi interaksi antar manusia dengan lingkungan sekitarnya.
  5. (Geologi tekhnik) Engineering geology  dapat dimanfaatkan untuk dapat mempelajari hubungan antar ilmu geologi dengan berbagai problem ketekhnikan.
Lihat Juga  √ Pengertian Liberalisme, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Sekian dan terimakasih, diatas merupakan uraian mengenai Geologi : Pengertian, Macam, Aplikasi dan Contoh Menurut Para Ahli semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. Pengertian Menabung, Macam, Tujuan dan Manfaat
  2. Pengertian, Ciri, Tujuan Inovasi Secara Umum Menurut Para Ahli
  3. Pengertian, Ciri, Jenis dan Faktor Penyebab Emosi Menurut Para Ahli