√ Pengertian Menabung, Macam, Tujuan dan Manfaat

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Sejak dari kecil anda pasti sudah diajarkan oleh orang tua kalian untuk menabungkan sedikit uang saku yang diberikan oleh orang tua, lantas apa tujuan dari menabung serta apa manfaat dari menabung itu. Sebenernya kenapa orang tua mengajarkan kita menabung sejak kecil, alasannya ialah karena dari manfaat menabung yang salah satunya adalah mengajarkan anda untuk mengatur dalam hal keuangan anda. Dengan menabung anda bisa membeli atau mendapatkan sesuatu yang diinginkan, tentu hal tersebut juga didukung oleh adanya kesabaran, susah payah dan lain sebagainya. Oleh karena itu menabung adalah salah satu pelajaran yang mengajarkan anda memahami rasa sabar, rasa bersyukur, dan berusaha dalam mencapai keinginan anda. dibawah ini merupakan pengertian menabung.

Pengertian Menabung, Macam, Tujuan dan Manfaat

Pengertian Menabung

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang anda miliki untuk disimpan. Menabung ialah salah satu cara dalam mengelola keuangan untuk mencapai keinginan anda. Menurut KBBI Menabung itu sendiri memiliki 1 arti. Menabung tersebut berasal dari kata dasar yakni tabung. Menabung itu memiliki arti kedalam golongan atau kelas kata kerja (verba ) sehingga menabung bisa menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Macam – Macam Menabung

dibawah ini merupakan macam-macam cara dalam menabung untuk keperluan kedepan, antara lain ialah sebagai berikut :

  • Menabung Di Rumah

Menabung  dapat anda lakukan dengan mudah salah satunya menabung dirumah karena anda bisa menyisihkan uang anda sesuka hati dan setiap waktu, namun jika menabung dirumah akan tidak ada jaminan yang anda dapat, misalnya saja kadang kita tergoda untuk mengambil uang yang ada di tabungan yang kitapunya meski sedikit dan hanya untuk kebutuhan sesaat, dan pada akhirnya anda akan gagal dalam menabung, untuk itu melatih kesabaran dan usaha diperlukan dalam menabung.

  • Menabung Di Sekolah
Lihat Juga  √ Hidup Rukun : Pengertian, Manfaat, Nilai, Bentuk dan Contoh

Menabung juga dapat dilakukan di sekolah. biasanya menabung disekolah dikoordinasikan oleh wali kelas. Tiap-tiap siswa dapat/ bisa menyisihkan sisa uang sakunya untuk ditabung disekolah. Menabung di sekolah juga sangat banyak manfaatnya salah satunya dapat membantu dalam hal membayar keperluan sekolah selain itu siswa juga bisa mengambil uang tabungannya sewaktu-waktu apabila diperlukan. Siswa- siswi yang menabung bisa juga mengambil uang tabungannya pada akhir tahun untuk aktivitas di sekolah.

  • Menabung Di Bank

Menabung yang paling aman yang bisa kamu lakukan ialah dengan menabung di bank, boleh itu bank milik pemerintah ataupun juga bank yang dimiliki pihak swasta. Cara dalam menyetor (menabung) dan mengambil uang dalam tabungan di bank juga sangat mudah dan cepat. Kita hanya perlu atau cukup datang ke bank sambil membawa buku tabungan yang dimiliki, setelah itu mengisi formulir setoran (menabung) atau penarikan(Mengambil).


Tujuan Menabung

Dibawah ini merupakan tujuan dari menabung antara lain ialah sebagai berikut :

  1. Menghemat pengeluaran supaya hidup tidak boros
  2. Mengatur keuangan dengan baik
  3. Merencanakan serta mempersiapkan hari depan
  4. Menyukseskan pembangunan.

Manfaat Menabung

Dibawah ini merupakan Manfaat dari menabung antara lain ialah sebagai berikut :

  1. Menabung itu akan mengajarkan hidup menjadi lebih hemat serta tidak berlebihan dalam mengeluarkan biaya (uang) dalam berbagai hal yang semestinya tidak begitu diperlukan.
  2. Melatih Anda untuk dapat hidup dengan cara yang lebih simple atau sederhana.
  3. Dengan menabung juga , Anda jadi mempunyai cadangan uang apabila tiba-tiba terjadi suatu keadaan mendesak dan sangat mendadak.
  4. Menabung juga merupakan investasi jangka panjang yang akan sangat sangat bermanfaat untuk masa yang akan datang.
  5. Dengan menabung anda mampu untuk membeli sesuatu yang anda inginkan tanpa harus berpikir uang dari mana atau bahkan berhutang kepada seseorang.
  6. Menabung tersebut juga dapat mengajarkan anda untuk terus lebih bersabar dengan susah payah demi mencapai apa yang diinginkan dengan melalui proses yang panjang.
  7. Memenuhi biaya segala macam keperluan yang ada
  8. Memenuhi kebutuhan untuk masa depan yang lebih baik.
Lihat Juga  √ Pengertian Fisika, Manfaat, Tujuan, Menurut Para Ahli

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Menabung, Macam, Tujuan dan Manfaat, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

 

  1. Hak dan Kewajiban : Pengertian, Makna dan Contoh Menurut UUD 1945
  2. Pengertian Etika, Ciri dan Jenis Secara Umum Menurut Para Ahli
  3. Pengertian, Ciri dan Jenis Budaya Politik Secara Umum Menurut Para Ahli