√Pengertian Etika, Ciri dan Jenis Secara Umum Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.co.id – Etika ialah aturan yang mengenai suatu norma atau sikap perilaku seseorang dilingkungan sekitar yang bersifat baik maupun buruk.

Pengertian Etika, Ciri dan Jenis Secara Umum Menurut Para Ahli

Jadi, bisa disimpulkan definisi etika secara umum ialah suatu perilaku atau norma yang bisa digunakan seseorang sifat yang baik dan buruk atau bersikap sopan santun dalam berbicara merupakan kewajiban seseorang bertanggung jawab.

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Berikut ada beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian Etika antara lain sebagai berikut:

1. W. J. S. Poerwadarminto

Menurut Poerwadarminto etika ialah suatu ilmu pengetahuan tentang perilaku atau perbuatan seseorang bersifat baik maupun buruk dalam berbicara.

2. K. Bertens

Menurut K. Bertens etika ialah suatu nilai atau norma yang menjadi acuahn bagi masyarakat secara individu maupun kelompok yang mengolah semua tingkah laku mereka.

3. H. A. Mustafa

Menurut H. A. Mustafa pengertian etika ialah suatu ilmu pengetahuan yang menyelidiki suatu perilaku seseorang baik dan yang buruk dengan memperhatikan perbuatan meraka dengan akal pikirnya.

4. Soergarda Poerbakawatja

Menurut Soergarda Poerbakawatja etika ialah sebuah ilmu pengetahuan yang memberikan suatu acuan dan arahan terhadap tindakan seseorang.

5. Drs. H. Burhanudin Salam

Menurut Drs. H. Burhanudin Salam pengertian etika ialah sebuah ilmu filsafat yang berbicara mengenai tentang nilai atau norma moral untuk ditentukan perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari.


Ciri-Ciri Etika

Terdapat ini merupakan beberapa ciri-ciri etika antara lain sebagai berikut:

  • Etika tetap berlaku meskipun tidak ada orang lain yang menyaksikan.
  • Etika sifatnya absolut atau mutlak.
  • Etika terdapat cara pandang dari sisi batin seseorang yang memilih perilaku baik maupun buruk.
  • Etika sangat berkaitan dengan perbuatan atau perilaku seseorang baik maupun buruk.
Lihat Juga  √ Pengertian Deposito, Jenis, Manfaat dan Karakteristiknya

Jenis-Jenis Etika

Secara umum etika terdapat 3 jenis antara lain sebagai:

Etika Filosofis

Etika filosofis ialah suatu etika yang menguraikan pokok-pokok etika atau moral dari aktivitas berpikir yang dilakukan oleh seseorang, maka etika adalah bagain dari filsafat.

Etika Teologis

Etika teologis ialah etika yang mengajarkan nilai-nilai atau norma baik maupun buruk berdasarkan agama atau ada istiadat.

Seseorang beragama pasti mempunyai suatu keyakinan bahwa tidak mungkin nilai atau norma moral yang dibangun tanpa ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.

Etika Sosiologis

Etika sosiologis berbeda dengan etika filosofis dan etika teologis. Etika sosiologi ini memberi keselamatan dan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Jadi, etika sosiologi  lebih membicarakan tentang menjalankan kehidupan seseorang dalam hubungan dengan satu orang ke orang lain.


Demikian Uraian Penjelasan Materi Tentang Pengertian Etika, Ciri dan Jenis Secara Umum Menurut Para Ahli
Semoga Bermanfaat Penjelasan Materi ini, Terima Kasih.

 

Rekomendasi Artikel Lainnya, Baca Juga: