√ Ideologi Pancasila: Pengertian, Fungsi, Makna, Nilai, Dimensi

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Ideologi Pancasila, dan Fungsi Pancasila sebagai Ideologi negara, Seperti yang kita tau bahwa pancasila dan UUD 1945 merupakan dasar negara dan landasan Negara Indonesia, sebelum kita mengetahui apa fungsi pancasila sebagai ideologi negara, ada bagusnya kalau kita mengerti dulu apa itu pengertian Ideologi Pancasila dan Dasar Negara, Nah dibawah ini merupakan penjelasannya :

Ideologi Pancasila: Pengertian, Fungsi, Makna, Nilai, Dimensi

Pengertian Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila ialah nilai-nilai luhur budaya serta agama (religius) bangsa Indonesia. Pancasila ini berkedudukan sebagai dasar negara serta ideologi negara. Jadi, Ideologi pancasila merupakan kumpulan nilai-nilai maupun norma yang dengan berdasarkan sila-sila pancasila. Seperti yang kita tau bahwa terdapat lima sila yakni :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pengertian Dasar Negara

Dasar negara adalah suatulandasan kehidupan dalam bernegara. Dasar negara ialah sebuah dasar untuk dapat mengatur penyelenggaraan negara.

Negara tanpa adanya landasan/dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki patokan atau pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga tidak memiliki arah dan juga tujuan yang jelas, serta memudahkan pada timbulnya suatu kekacauan. Dasar negara ialah sebagai pedoman hidup dalam bernegara melingkupi cita-cita negara, tujuan negara, serta norma bernegara.

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Setelah mengetahui apa itu Ideologi Pancasila dan Dasar Negara, Dibawah ini merupakan fungsi pancasila sebagai Ideologi Negara, ialah sebagai berikut :

  1. Menyatukan bangsa Indonesia, memperkokoh serta memelihara kesatuan dan juga persatuan.
  2. Membimbing dan juga mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai suatu tujuannya.
  3. Memberikan kemauan untuk dapat memelihara dan juga mengembangkan identitas bangsa Indonesia
  4. Menerangi serta mengawasi keadaan, serta juga kritis kepada adanya upaya untuk dapat mewujudkan cita-cita yang terkandung di dalam pancasila.
  5. Sebagai pedoman dalam kehidupan bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan negara serta juga memperbaiki kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Makna Ideologi Pancasila

Pancasila selain memiliki kedudukan sebagai dasar dari negara, juga memiliki kedudukan sebagai Ideologi Nasional bangsa Indonesia.

Sehingga makna pancasila dari ketetapan tersebut bahwa nilai-nilai yang tercamtum dalam ideologi pancasila itu menjadi tujuan, cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Pancasila ialah sebagai ideologi memiliki makna antara lain sebagai berikut:

  1. Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila itu merupakan cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara.
  2. Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila itu merupakan nilai yang disepakati dengan bersama dan oleh sebab itu menjadi salah satu alat atau sarana untuk pemersatu (integrasi) masyarakat Indonesia.

Dimensi Ideologi Pancasila

Dimensi Realita

nilai-nilai dasar yang tercamtum pada ideologi tersebut mencerminkan suatu kenyataan hidup yang terdapat di dalam masyarakat yangmana ideologi itu ada untuk pertama kalinya.

Dimensi Idealisme

merupakan suatu kualitas ideologi yang tercamtum dalam nilai dasar agar bisa dapat memberikan harapan kepada berbagai kelompok/ golongan serta masyarakat mengenai masa depan yang lebih baik.

Dimensi Fleksibilitas

merupakan kemampuan ideologi dalam mempengaruhi serta juga menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.

Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Seperti yang sudah dituliskan diatas, Nilai yang terkandung dalam Pancasila meliputi nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan juga nilai Keadilan. Hal tersebut merupakan nilai dasar dalam kehidupan kenegaraan, kebangsaan serta kemasyarakatan.

Nilai Pancasila terselip nilai lainnya dengan secara lengkap serta juga harmonis, baik itu dari nilai nilai vital, material, nilai kebenaran(kenyataan) , nilai etis, nilai estetis, ataupun juga nilai religius.

Nilai Pancasila sebagai ideologi objektif dan subjektif.

Nilai-nilai Pancasila yang bersifat objektif :

  1. Rumusan daripada kelima sila itu sendiri memiliki makna yang ter-dalam.
  2. Pancasila yang tersimpan dalam UUD 1945 ialah sebagai pokok kaidah negara yang mendasar.
  3. Inti dari nilai Pancasila akan terus ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia.

nilai-nilai Pancasila yang bersifat subjektif :

menjelaskan bahwa keberadaan daripada nilai-nilai Pancasila itu bergantung pada bangsa Indonesia itu sendiri, sebab:

  1. Nilai-nilai Pancasila tersebut timbul dari bangsa Indonesia.
  2. Nilai-nilai Pancasila di dalamnya itu memuat nilai- nilai kerohanian.
  3. Nilai-nilai Pancasila adalah pandangan hidup,landasan,pedoman,tujuan bangsa Indonesia.
  4. Nilai-nilai Pancasila di dalamnya itu merupakan nilai yang digali , tumbuh serta juga berkembang dari budaya bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai sumber nilai mengharuskan UUD memuat isi yang mewajibkan pemerintah, penyelenggara Negara itu termasuk juga didalamnya pengurus partai serta golongan fungsional untuk dapat menjaga budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan juga memegang cita-cita moral rakyat yang luhur.

Sekian Penjelasan mengenai Ideologi Pancasila: Pengertian, Fungsi, Makna, Nilai, Dimensi, Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Peribahasa, Ciri, Jenis, dan 140 Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Perpindahan Kalor : Konduksi, Konveksi, Radiasi dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Ideologi Pancasila, Fungsi, Makna, Dimensi dan Nilainya