√ Pengertian E-Government, Manfaat, Jenis, Kelebihan & Kekurangan dan Contoh

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai E- Government, penjelasan mengenai Pengertian E-Goverment ini juga dilengkapi dengan beberapa point penting seperti, jenis, manfaat, kelebihan dan kelemahan E-Goverment dan juga contoh dari E-Goverment, penjelasan selengkapnya sebagai berikut :

Pengertian E-Government, Manfaat, Jenis, Kelebihan dan Contoh

Pengertian E-Government

E-Government merupakan penggunaan teknologi informasi yang dapat/bisa meningkatkan hubungan diantara pemerintah pihak yang berhubungan. Terdapat juga pengertian dari e-government yang lainnya yakni suatu singkatan dari elektronik pemerintah atau juga yang bisa disebut dengan e-gov, pemerintah digital, online pemerintah.

Macam Jenis E-Government

E-Government ini terdiri dari beberapa jenis, Dibawah ini merupakan Macam jenis E-Goverment penjelasannya sebagai berikut :

A. Government to Citizen (G2C)

Government to Citizen (G2C) ini merupakan sebuah teknologi informasi yang mempunyai tujuan untuk mempererat hubungan atau juga interaksi antara pemerintah dengan rakyat dan juga untuk memudahkan masyarakat itu di dalam mencari segala macam informasi penting mengenai pemerintahan.

B. Government to Business (G2B)

Government to Business (G2B) ini merupakan sebuah model hubungan pemerintah dengan bisnis. Karena sangat dibutuhkannya suatu relasi yang sangat baik, antara pemerintah itu dengan pembisnis. Tujuan dari Government to Business (G2B) ini yakni demi kemudahan berbisnis masyarakat dengan para pembisnis.

C. Government to Government (G2G)

Government to Government (G2G) ini merupakan suatu Web pemerintah yang dibentuk, dan memiliki tujuan untuk memenuhi beberapa macam jenis informasi yang dibutuhkan antara pemerintahan yang satu dengan pemerintahan yang lainnya, dengan tujuan untuk dapat mempermudah kerjasama antara pemerintahan yang berhubungan.

D. Government to Employees (G2E)

Government to Employees (G2E) ini merupakan sebuah tipe hubungan yang diarahkan untuk para karyawan pemerintahan ialah sebagai meningkatkan kinerja dan juga untuk kesejahteraan para pegawai yang bekerja disalah satu institusi pemerintah.

Manfaat E-Government

Manfaat E-Government ini terbagi dari beberapa point, Dibawah ini merupakan manfaat E-goverment penjelasannya sebagai berikut :

  • Untuk dapat meningkatkan suatu kauliatas layanan dari pemerintahan bagi para stakeholder, yang utama untuk di dalam hal kinerja efektivitas dan juga efisiensi pada segala macam bidang kehidupan serta bernegara.
  • Untuk meningkatkan transparansi kontrol dan juga akuntabilitas penyelenggraan pemerintahan yakni di dalam rangka penerapan kosep Good Corporate Governance.
  • Agar dapat mengurangi dengan secara signifikan total dari biaya administrasi, relasi dan juga interaksi yang dapat dikeluarkan oleh pemerintah untuk kepentingan dari kehidupan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan E-Goverment

Adanya E-Goverment ini menyebabkan keuntungan serta kerugian bagi rakyat, dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari E-goverment, penjelasannya sebagai berikut :

Kelebihan E-Goverment bagi Rakyat

  • Pelayanan (servis)yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi itu sudah disediakan 24 jam, 7 hari didalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi itu dapat ditemukan dari kantor, rumah, tanpa harus datang ke kantor pemerintahan.
  • Meningkatan sebuah hubungan antara pemeritah, para pembisnis, dan juga masyarakat umum. Adanya keterbukaan tersebut maka diharapkan hubungan antara selurh pihak itu menjadi lebih baik.
  • E-government ini juga mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan juga dapat meningkatkan komunikasi antara pemerintah itu dengan sektor usaha serta industri.

Kelemahan E-Goverment bagi rakyat

Setelah mengetahui mengenai kelebihan dari e-goverment maka tentu terdapat kelemahannya, untuk kelemahan atau kekurang dari e-goverment, penjelasan sebagai berikut :

  • Kelemahan utama dari e-government ialah kurangnya kesetaraan dalam akses publik untuk keandalan, internet informasi di web dan juga agenda tersembunyi dari organisasi pemerintah yang dapat mempengaruhi publik.
  • Berkurangnya interaksi atau juga komunikasi antara admin (pemerintah) itu dengan masyarakat, sebab e- government ini dibuat guna saling berinteraksi antara pemerintah, masyarakat, serta pihak lain yang berkepentingan.
  • Pelayanan yang diberikan situs pemerintah itu belum ditunjang oleh adanya system manajemen serta proses kerja yang efektif disebabkan kesiapan peraturan, prosedur dan juga keterbataasan SDM yang sangat membatasi penetrasi komputerisasi itu ke dalam sistem pemerintahan.

Tujuan E-Government

Dibawah ini merupakan tujuan e-goverment diantaranya sebagai berikut :

  • Pembentukan jaringan informasi dan transaksi layanan publik yang tidak dibatasi sekat waktu dan lokasi, serta dengan biaya yang terjangkau masyarakat.
  • Pembentukan hubungan interaktif dengan dunia usaha.
  • Pembentukan mekanisme dan saluran komunikasi dengan semua lembaga negara serta penyediaan fasilitas dialog publik.
  • Pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien, serta memperlancar transaksi dan layanan antar lembaga pemerintah.

Contoh E-Government Di Indonesia

Dibawah ini merupakan contoh E-government yang ada diindonesia, sebagai berikut :

1. Pemerintah Surabaya menerapkan e-procurement

Dengan adanya e-procurement yang dikembangkanoleh  pemerintah Surabaya yang beralamatkan http://www.surabaya-eproc.or.id maka masyarakat Surabaya itu bisa lebih mudah dalam mengetahui projek yang sedang ada serta mereka dapat untuk lebih mudah dalam mengetahui projek yang sedang ada serta mereka pun juga lebih mudah untuk ikut didalam lelang tender projek tersebut.

2. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

BPPT ini termasuk salah satu bagian pemerintahan yang sudah mengembangkan sebuah sistem TEWS yang sering disebut dengan sebutan Tsunami Early Warning System. Sistem ini digunakan yakni sebagai pemberi sinyal ke pusat yang menandakan akan terjadinya kemungkinan  tsunami. Serta apabila sistem dipusat ini menerima sinyal dari satelit bahwa disuatu daerah itu akan terjadi tsunami, maka sistem control room tersebut akan menentukan sirene mana yang akan dibunyikan, serta akan mengirim sms itu dengan secara langsung kepada orang-orang yang berwewenang pada wilayah yang mana kemungkinan tsunami tersebut akan terjadi, supaya dapat diinformasikan kemasyarakat.

Selain dari contoh-contoh yang diatas, masih terdapat banyak daerah-daerah atau juga departemen atau lembaga pemerintahan yang lain yang sudah mengembangkan e-government contohnya seperti  dibagian e-learning, e-registration, samsat serta lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian E-Government, Manfaat, Jenis, Kelebihan & Kekurangan dan Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup
Lihat Juga  √ Pengertian Resume, Perbedaannya, Cara Membuat Dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Perusahaan Dagang, Ciri, Akun, Beserta Jenisnya