√ Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metode

Posted on

Pendidikan.Co.Id – Dikesempatan ini kita akan membahas mengenai mengenai cabang ilmu kimia yang berfokus pada analisi cuplikan materil cabang ilmu kimia itu adalah Kimia Analis. Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai kimia analisis.

Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metode

Pengertian Kimia Analisis

Kimia analisa merupakan cabang ilmu kimia yang memiliki fokus pada analisis cuplikan material untuk dapat mengetahui komposisi, struktur, serta juga fungsi kimiawinya.

Secara bahasa, analisis dapat diartikan ialah sebagai suatu proses pengkajian guna mendapatkan data ataupun kesimpulan di dalam sebuah pekerjaan atau mengenai hal tertentu, namun disini pengertiannya akan dipersempit bahwa analisis tersebut berarti suatu aktivitas atau kegiatan yang dilakukan di laboratorium dalam memeriksa kandungan pada suatu zat dalam sampel, sedangkan pengertian kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari komposisi,struktur,sifat zat serta juga materi yang berhubungan dengan adanya interaksia itu mulai dari skala atom sampai molekul.

Dari pemaparan diatas, analisis kimia tersebut diartikan ialah sebagai suatu rangkaian pekerjaan / penelitian untuk memeriksa atau juga mengetahui atau menentukan suatu kandungan pada suatu sampel dengan tujuan tertentu. Rangkaian pekerjaan tersebut bisa berupa penentuan kadar suatu komponen, komposisi, sifat fisis, sifat kimia,fungsi senyawa struktur, dan masih banyak lagi.

Jenis Kimia Analisis

Secara tradisional, kimia analisa tersebut dibagi menjadi dua (2) jenis yaitu kualitatif serta juga kuantitatif.

Analisis Kimia Kualitatif

Adalah suatu rangkaian pekerjaan analisis yang bertujuan mengetahui keberadaan(bisa juga identifikasi) suatu ion,unsur, atau senyawa kimia lain baik itu organik maupun anorganik pada sampel yang kita analisa. Analisa kualitatif itu bertujuan untuk dapat mengetahui keberadaan suatu unsur atau senyawa kimia, baik itu organik maupun inorganik, contoh : misalnya kita mempunyai sampel air minum, dan diminta dicek apakah mengandung logam berat atau tidak. maka oleh karena untuk mengetahuinya kita melakukan teknik analisa dengan secara kualitatif.

Analisis Kimia Kuantitatif

merupakan suatu rangkaian aktivitas / pekerjaan analisis yang bertujuan untuk dapat mengetahui jumlah pada suatu unsur atau senyawa dalam suatu sampel yang kita analisa. pada analisa kuantitatif itu tujuan untuk dapat mengetahui jumlah suatu unsur atau senyawa dalam suatu sample.  contoh : misal kita memperoleh tempe kemudian diminta menentukan kadar protein pada tempe tersebut. maka untuk dapat mengetahuinya kita lakukan analisa kuantitatif.

Perbedaan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif

Jika kita perhatikan perbedaan pada analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang paling umum ialah pada tujuan dan hasil analisa. jika pada kualitatif diminta untuk dapat menentukan keberadaan pada suatu zat, pada kuantitatif diminta untuk dapat menentukan jumlah pada suatu zat. dan dari hasil analisa,umumnya analisa kualitatif itu memberikan hasil berupa data dengan secara objektif ,sedangkan pada kuantitatif umumnya memberikan hasil berupa data  secara matematis (numerik).

Kimia Analisis Modern

Kimia analisa modern dikategorisasikan dengan melalui dua pendekatan, target serta metode.

Dengan berdasarkan targetnya, kimia analisa tersebut dapat dibagi menjadi

  1. kimia bioanalitik,
  2. analisis material,
  3. analisis kimia,
  4. analisis lingkungan, dan
  5. forensik.

Berdasarkan metodenya, kimia analisa dapat dibagi menjadi

  1. spektroskopi,
  2. spektrometri massa,
  3. kromatografi dan elektroforesis,
  4. kristalografi,
  5. mikroskopi, dan elektrokimia.

Meskipun kimia analisa modern tersebut di dominasi oleh instrumen-instrumen canggih, akar dari kimia analisa serta juga beberapa prinsip yang digunakan dalam kimia analisa modern itu berasal dari teknik analisis tradisional yang masih dipakai sampai pada saat sekarang ini. Contohnya ialah titrasi dan gravimetri.

METODE KLASIK

Dibawah ini merupakan metode kimia analisis, antara lain ialah sebagai berikut :

Analisa kualitatif

Analisa kualitatif itu menentukan ada atau tidaknya sebuah senyawa, namun tidak massa atau juga konsentrasinya. Analisa kualitatif tersebut tidak menghitung jumlah.

Analisa gravimetri

Analisa gravimetrik ini menentukan massa dari suatu analit dengan menimbang sebuah sampel sebelum dan/atau setelah mengalami beberapa kali perubahan. Contoh yang umum ialah menentukan massa air dalam suatu hidrat dengan memanaskan sampelnya untuk dapat menghilangkan air yang ada, sehingga akan ada perbedaan pada massa sebab molekul air akan terlepas.

Analisa volumetrik

Pada titrasi tersebut terdapat penambahan reaktan ke larutan yang sedang dianalisis pada sampai titik ekivalen tercapai. Jenis yang paling umum ialah titrasi asam-basa yang menggunakan berbagai macam indikator yang menunjukkan perubahan warna. Terdapat beberapa macam titrasi, misalnya pada titrasi potensiometri. Tipe indikator yang digunakan tersebut berbeda-beda untuk dapat tercapainya titik ekivalen.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metode , Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Penelitian: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian
Lihat Juga  √ 8 Konsep Dasar Akuntasi, Pengertian, Tujuan dan Prinsipnya
Lihat Juga  √ Pengertian Design Grafis, Prinsip dan Unsur dan Program
√ Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metode
5 (100%) 1 vote