√ Pengertian Lembaga Sosial, Ciri, Unsur, Fungsi dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Lembaga sosial sangat memiliki peran yang penting bagi kehidupan masyarakat. Kehadiran dari lembaga sosial ini sangat diperlukan dalam sistem sosial untuk dapat mengendalikan serta juga mengatur berbagai macam aktivitas baik individu atau juga kelompok dalam kemasyarakatan. Apabila jaman sekarang tidak ada lembaga sosial, maka tiap-tiap individu tidak dapat menentukan arahnya sendiri sebab tidak ada batasan-batasan atau norma yang mengikatnya. Disebabkan karena adanya lembaga sosial maka tiap-tiap individu itu dapat hidup dengan secara teratur dan tidak dapat berbuat atas keinginannya/seenaknya sendiri disebabkan karena ada norma atau juga peraturan yang mengikatnya. Tiap-tiap lembaga sosial mempunyai peraturan yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, norma tersebut juga mengikat pula pada ruang lingkup masyarakat yang mempunyai hubungan dengannya.

Pengertian Lembaga Sosial, Ciri, Unsur, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Lembaga Sosial

Pengertian Lembaga Sosial merupakan sebuah lembaga yang anggotanya itu terdiri dari masyarakat yang berkumpul menjadi satu kesatuan disebabkan karena adanya satu kesamaan visi serta misi. Lembaga Sosial ini sering disebut juga sebagai lembaga kemasyarakatan.

Selain dari visi dan misi, dalam Lembaga Sosial ini juga terdapat nilai-nilai, norma, adat serta juga unsur kemasyarakatan yang dianut oleh masyarakat yang sama. Didalam Lembaga Sosial ini nantinya juga terdapat aturan yang disetujui atau disepakati secara bersama sehingga ia dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.

lembaga sosial merupakan kumpulan norma yang memiliki sifat khusus tersusun dengan secara sistematis yang dibentuk untuk dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidup manusia.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli

  1. Menurut Koentjaraningrat, Lembaga sosial merupakan suatu sistem tata kelakuan dan juga hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia
  2. Menurut Peter L. Berger, Lembaga sosial merupakan suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia itu ditekan oleh pola tertentu serta dipaksa bergerak dengan melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.
  3. Menururt Soerjono Soekanto, Lembaga sosial merupakan suatu himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakat

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Tentunya sebagai sebuah lembaga yang terdapat didalam masyarakat maka Lembaga Sosial ini juga mempunyai beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:

Lembaga Keluarga

Dapat dikatakan bahwa Lembaga Sosial yang paling dasar ialah lembaga keluarga yang terdiri dari keluarga inti dengan anggotanya ayah, ibu dan anak-anak. Lembaga keluarga merupakan suatu lembaga sosial pertama yang akan dimasuki tiap-tiap orang sejak lahir. Oleh sebab itu suksesnya seseorang itu juga dapat dilihat dari lembaga keluarganya.

Lembaga Pendidikan

Lembaga ini merupakan suatu lembaga yang berorientasi pada pendidikan, tempat belajar dan juga mengajar, dimana anggotanya dapat belajar untuk menjadi lebih baik lagi

Lembaga Agama

Lembaga ini merupakan suatu lembaga yang berkaitan dengan agama tertentu serta juga anggotanya mempunyai keyakinan terhadap agama yang sama. Di dalamnya para anggotanya dapat berbagi ilmu dan juga melakukan kegiatan atau aktivitas bersama yang bermanfaat atas nama keyakinannya. Dengan adanya Lembaga agama ini juga bertujuan untuk dapat mempererat persatuan bagi seluruh umat beragama.

Lembaga Kesehatan

Lembaga ini berorientasi kepada pelayanan kesehatan serta tujuannya iialah untuk menjadikan seluruh masyarakat itu dapat selalu sehat secara mental maupun fisik.

Lembaga Politik

Lembaga politik biasanya merupakan lembaga di dalam masyarakat yang berkaitan dalam menangani masalah yang berhubungan dengan tata tertib, aturan serta juga administrasi tertentu.

Lembaga Budaya

Lembaga ini di masyarakat termasuk kedalam lembaga yang penting disebabkan karena membantu masyarakat untuk dapat mengembangkan serta melestarikan budaya yang ada, seni serta lingkungan yang ada di sekitarnya. Di Indonesia yang mempunyai ragam budaya yang sangat banyak ini tentu lembaga budaya yang ada juga akan sangat banyak dapat menjaga semua keutuhan budaya yang ada.

Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi merupakan lembaga dalam masyarakat yang berhubungan dengan masalah ekonomi serta mempunyai tujuan supaya kebutuhan ekonomi dalam masyarakat itu dapat terpenuhi dengan baik.

Lembaga Hukum

Lembaga hukum merupakan suatu lembaga yang mengatur mengenai tata tertib dalam masyarakat serta juga memberikan bantuan dalam bidang hukum kepada masyarakat yang membutuhkan. Disebabkan karena tidak semua anggota masyarakat itu mengerti tentang hukum dan juga pada saat berhubungan dengan hukum lalu mengalami kesulitan maka lembaga hukum yang ada siap untuk membantu.

Ciri-ciri lembaga sosial

Dibawah ini merupakan beberapa ciri dari lembaga sosial, diantaranya sebagai berikut:

  1. Memiliki alat-alat atau kelengkapan.
  2. Memiliki simbol sendiri.
  3. Memiliki tata terib dan juga tradisi.
  4. Memiliki ideologi.
  5. Memiliki daya tahan atau tingkat kekebalan.
  6. Dan memiliki usia lebih lama.

Unsur-unsur penting dalam lembaga sosial

Dibawah ini merupakan beberapa unsur penting yang terdapat dalam lembaga sosial, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mempunyai kaitan yang erat dengan kebutuhan pokok manusia didalam kehidupan bermasyarakat. Yang berkaitan dengan hakikat dari manusia ialah sebagai makhluk yang biologis, psikologis serta sosiologis.
  2. Merupakan suatu organisasi yang tersusun dan juga terstruktur.
  3. Cara bertindak yang mengikat.
  4. Merupakan organisasi yang relatif tetap.

Fungsi dari lembaga sosial

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi atau peran dari lembaga sosial, diantaranya sebagai berikut :

  1. Berperan didalam memberikan arahan serta juga pedoman kepada tiap-tiap orang atau masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dengan peraturan atau juga norma yang berlaku dalam kemasyarakatan untuk dapat mencapai atau juga memenuhi kebutuhan pokoknya.
  2. Berperan juga sebagai fungsi kontrol terhadap segala macam aktivitas atau kegiatan kemasyarakatan.
    Berperan juga sebagai stabilisator ataupun juga dinamisator dalam kehidupan bermasyarakat untuk dapat mengembangkan kualitas proses sosial.
  3. Berperan juga sebagai dinamisator dalam mengembangkan kehidupan bermasyarakat.
  4. Berperan juga sebagai sarana yang efektif dalam menjaga keutuhan, persatuan serta juga kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat dan juga menjaga kepribadian bangsa.

Contoh lembaga sosial

Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari lembaga sosial serta asosiasinya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Lembaga Perkawinan yaitu KUA atau Kantor Urusan Agama.
  2. Lembaga Pendidikan yaitu SMA, SMP, SD, Universitas atau Perguruan Tinggi.
  3. Lembaga Perekonomian yaitu PT, CV, Firma dan lain-lain.
  4. Lembaga Pemerintahan yaitu Partai, Parlement dan lain-lain.

Contoh Lembaga Agama

  1. Islam = Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  2. Kristen = Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI)
  3. Katolik = Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
  4. Buddha = Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI)
  5. Hindu = Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Lembaga Sosial, Ciri, Unsur, Fungsi dan Contohnya, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Sekolah, Fungsi, Unsur, Beserta Jenjangnya
Lihat Juga  √ Pengertian BUMS, Ciri, Fungsi, Jenis, Tujuan dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Folder, Fungsi, Cara Membuat Beserta Contohnya