√ Pengertian Migrasi, Faktor Penyebab, Jenis, dan Penanggulannya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai Migrasi, tidak hanya pengertiannya saja tapi juga akan dijelaskan Faktor penyebab, jenis, dan cara mengatasi migrasi yang berlebihan. Untuk penjelasan selengkapnya akan dipaparkan dibawah ini :

Pengertian Migrasi, Faktor Penyebab, Jenis, dan Penanggulannya

Pengertian Migrasi

Pengertian migrasi merupakan perpindahan suatu penduduk dari satu daerah ke daerah yang lain serta juga bertujuan untuk menetap di daerah baru yang dituju tersebut.

Menetap di sini sendiri sifatnya itu bisa sementara serta juga bisa menetap selamanya. Dan oleh sebab tujuan migrasi ini menetap, maka segala sesuatu keperluan administrasi milik orang yang melakukan migrasi tersebut juga harus diperbaharui seperti contohnya kartu tanda penduduk atau KTP, kartu keluarga serta lain sebagainya.

Faktor Penyebab Migrasi

Didalam definisi migrasi ini dikatakan bahwa perpindahan penduduk ini sudah mempunyai tujuan untuk menetap di daerah baru, baik itu  sementara ataupun juga selamanya.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya migrasi, yaitu di antaranya adalah

  1. Kurang tersedianya lapangan kerja di daerah lama sehingga membuatnya mencari di daerah lain ,
  2. Padatnya penduduk,
  3. Sumber daya alam (SDM) yang tersedia kurang,
  4. Untuk melanjutkan pendidikan,
  5. Keinginan untuk dapat memperbaiki taraf hidup,
  6. Alasan agama,
  7. Hubungan sosial kurang baik,
  8. Ketidakcocokan keadaan geografis serta juga
  9. Adanya pemerataan penduduk.

Jenis-Jenis Migrasi

Migrasi ini dibedakan dalam 2 kelompok besar yakni migrasi antar negara (dari suatu negara ke negara lain) serta juga migrasi dalam negeri. Migrasi antar negara mempunyai beberapa jenis yakni Imigrasi, Emigrasi serta Remigrasi. pengertian migrasi yang berjenis Imigrasi ini sendiri ialah masuknya penduduk dari suatu negara menuju negara lain.

Sedangkan untuk Emigrasi adalah kebalikannya yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain. Sementara pengertian remigrasi ialah kembalinya penduduk ke negara asalnya dari negara lain yang sebelumnya ditinggali sementara.

Selanjutnya ialah kelompok migrasi didalam negeri juga ini dibagi ke dalam beberapa jenis. Yang pertama ialah Transmigrasi yakni perpindahan penduduk dari suatu daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya. Lalu terdapat Urbanisasi. pengertian migrasi yang satu ini ialah perpindahan dari desa menuju kota. Setelah itu ada juga Ruralisasi yang merupakan kebalikannya yakni perpindahan dari kota ke desa.

Berikutnya ada Evakuasi yang merupakan perpindahan akibat ancaman keamanan atau juga bencana, Forensen yang merupakan aktivitas pulang pergi ke kota serta terakhir adalah Turisme yakni perjalanan ke daerah wisata serta menetap sementara.

Cara Penanggulangan Migrasi yang Berlebihan

Beberapa upaya yang dapat dilakukan diantaranya sebagai berikut:

  1. Membangun fasilitas- fasilitas pembangunan itu sampai ke pelosok- pelosok negeri
  2. Kualitas Pendidikan yang tinggi juga hingga ke daerah- daerah terpencil di negeri
  3. Membangun sarana serta juga prasarana yang dibituhkan hingga ke seluruh penjuru negeri
  4. Meningkatan upah bagi pekerja yang terdapat di desa
  5. Memperbanyak lapangan kerja di pedesaan

Contoh Migrasi

beberapa negara itu pernah melakukan migrasi itu dengan jumlah peserta yang sangat banyak. Cina adalah negara yang selalu terkenal dengan mudik besar- besaran itu pada saat akan Tahun baru Imlek. Contohnya pada Februari 2016. Migrasi tersebut dilakukan dengan sekitar 100 ribu jiwa warga Cina yang ingin mudik ke kampung halamanannya itu menjelang Tahun Baru Imlek 2017. Terdaoat cuaca buruk menyebabkan migrasi tersebut diikuti oleh banyak sekali masyarakat Cina.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Migrasi, Faktor Penyebab, Jenis, dan Penanggulannya, semoga apa yang dipaparkan diatas mengenai Migrasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua yang membaca di pendidikan.co.id. Terima kasih

Lihat Juga  √Pengertian Etika, Ciri dan Jenis Secara Umum Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Perjanjian Internasional, Fungsi, Proses Tahapan dan Asasnya
Lihat Juga  √ Pengertian Lidah, Struktur, Fungsi, Papilla, dan Proses Pengecapnya