√ Pengertian Pastry Jenis dan Ruang Lingkup Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Pastry atau disebut juga dengan Patiseri, untuk penjelasnnya di bawah ini :

Pengertian Pastry Jenis dan Ruang Lingkup Menurut Para Ahli

Pengertian Pastry (Patiseri)

Pastry / patiseri merupakan sebuah salah satu pengetahuan didaam sebuah pengolahan dan penyajian makanan , terutama pada proses serta sekarang pada berbagai jenis kue . Patiseri tersebut berasal dari bahasa Prancis yakni ” Patisserie ” yang memiliki arti kue-kue. Oleh karena itu Patiseri atau pastry ini apat diartikan ialah sebagai ilmu yang mempelajari mengenai seluk beluk kue kue kontinenl baik, itu oriental serta juga kue Indonesia entah itu mulai dari persiapan , pengolahan sampai pada presentasi .

  • Pastry di dunia perhotelan ialah salah satu departemen f & b yang produknya itu memiliki tugas ialah membuat kue juga dessert kue untuk keperluan seperti sarapan, coffe break, makan siang & makan malam .
  • Bakery di perhotelan ialah salah satu bagian dari kue pekerjaan itu membuat berbagai roti untuk keper luan seperti kue , sarapan, coffe break, makan siang serta juga makan malam .

Pengertian Pastry Menurut Para Ahli

Menurut Adjab Subagjo, (2007 :87)

Didalam bukunya Management Pengolahan Kue dan Roti. “Pastry merupakan suatu bagian dari food product atau dapur yang terdapat di dalam lingkup food and beverage department yang memiliki tugas didalam pembuatan dessert atau juga makanan penutup, snack atau makanan pengirim minuman, seperti misalnya kue dan roti.

Menurut Bartono (2005 :164)

Dalam bukunya Food Product Management di Hotel dan Restoran mengatakan bahwa “pastry ialah suatu bagian dari dapur yang memproduksi itu khususnya pada berbagai jenis roti, cake, dan juga dessert.

Ruang lingkup pastry

Patiseri ini dibagi menjadi dua , yaitu kue-kue oriental serta kue-kue benua . Kue Indonesia itu termasuk pada jenis kue oriental , sedangkan kontinental , ragi produk , roti , kue serta icings , cookies , kue-kue , krim , puding , beku makanan penutup , permen .

Perbedaan kue continental dengan kue oriental itu salah satunya terletak pada lemak yang digunakan. Kue Kontinental pada dasarnya menggunakan lemak padat misalnya seperti margarin , mentega dan juga shortening . Kue Oriental pada dasarnya menggunakan lemak cair, seperti santan serta juga minyak.

Jenis-jenis Pastry

Dibawah ini merupakan jenis-jenis produk yang termasuk patiseri/pastry antara lain ialah sebagai berikut:

1 . Bakery,
termasuk pada bagian dari patiseri yang terdiri yakni dari roti , kue, kue kering , serta kue . Produk roti itu dibuat dengan menggunakan bahan yang berbeda misalnya seperti tepung , lemak, gula , telur , garam , serta cairan ( air atau susu ) .

2 . product Yeast (ragi)
merupakan suatu produk patiseri/pastry yang menggunakan ragi ialah sebagai pengembang . Bahan pengembang yang paling seringdigunakan itu terdapat dua jenis, yaitu , ragi ( yeast ) serta juga agen kimia ( kimia meniup agen ) misalnya seperti baking powder , baking soda.misalnya: apem , surabi , cupcakes , bika ambon .

3 . Breads
merupakan istilah untuk berbagai macam/jenis roti, misalnya seperti seperti roti , roti Prancis , roti Jerman, dan juga lain-lain . 4 Bahan utama dalam pembuatan roti itu sangat sederhana , antara lain tepung, air , garam serta ragi .

4 . breadQuick
merupakan roti cepat dengan proses yang juga relatif singkat . roti cepat merupakan solusi yang baik didalam menyajikan roti cepat dan juga praktis.

5 . Jenis formula
pada cake itu terdapat dua lemak tinggi serta juga rendah kue lemak. Saat ini terdapat lima metode dalam membuat metode creaming , metode dua tahap ( cake berlemak tinggi ) , metode spons , malaikat makanan serta juga metode metode sifon ( rendah lemak kue ) .

6 . Cookies
merupakan suatu kue manis kecil yang terbuatnya itu dari adonan – kecil padat serta cair dan juga cenderung memiliki sifat tahan lama. Teknis persiapan serta juga penanganan adonan itu dibagi menjadi enam ( 6 ) bagian:

  1. drop
  2. bar
  3. digulung atau dipotong -out
  4. dibentuk
  5. ditekan dan wafer
  6. kotak es / kulkas.

7 . Jenis adonan.
pastry ini yang dikenal ialah sebagai pasta yang terbuat dari campuran tepung terigu, cairan serta lemak . Pada dasarnya terdapat dua kelompok adonan yakni , adonan keras dan adonan lembut . Kelompok tersebut terdiri dari adonan puff pastry keras , Denmark dancroissant , strudel , pasta pendek. Sementara adonan lembut kelompok yang terdiri dari choux paste.

Diatas meruapkan adonan pendek dan puff pastry dari beberapa contoh dari produk pastry , yang semuanya itu terbuat dari bahan dasar yang sama , namun mempunyai teknik manufaktur yang berbeda . Sementara pada adonan pastry ( adonan lunak) ialah seperti adonan crepe atau choux paste digunakan untuk dapat membuat produk pastry / dessert klasik serta kontemporer .Selain dari itu ada lagi beberapa produk lain yang termasuk serta sangat sering digunakan sebagai produk pelengkap patiseri yaitu :

  1. Cream , makanan penutup crème brulee atau karamel krim.
  2. Pastry creamc . meringued . Butter craeme . glazingf . Sauceg . Puddingh . Frozzen dessert ( es krim, sorbet , ). mousej . Permen / praline .

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Pastry Jenis dan Ruang Lingkup Menurut Para Ahli, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian RAM Dan ROM, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya
Lihat Juga  √ Pengertian Audio Visual, Jenis, Ciri, Fungsi, Kelebihan & Manfaat
Lihat Juga  √ Pengertian Ekonomi Makro, Tujuan, Ruang Lingkup & Pengaruh