√ Pengertian Server, Fungsi, Manfaat, Komponen, Jenis & Cara Kerjanya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai SERVER, penjelasan mengenai Server ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Server, Fungsi, Manfaat, Komponen, Jenis dan Cara Kerjanya

Pengertian Server

Secara umum, pengertian server ini merupakan sebuah tempat penyimpanan data atau informasi yang berfungsi untuk dapat memberikan layanan (service) kepada client yang terhubung dengannya.

Pendapat lain juga mengatakan, pengertian server ini ialah suatu sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan layanan serta mengontrol akses tiap-tiap klien yang terhubung dengan sebuah jaringan komputer. Suatu server didukung oleh prosesor, RAM, serta sistem operasi khusus yang disebut dengan sistem operasi jaringan (network operating system).

Sebuah server itu dapat menyimpan berbagai jenis data, dokumen, serta informasi lainnya yang dapat/bisa diakses oleh klien. Dalam hal ini, klien ini memerlukan server supaya dapat terhubung dengan sebuah jaringan atau juga untuk meminta data/ file yang ada di server.

Fungsi Server Secara Umum

Pada dasarnya fungsi server ini ialah untuk melayani permintaan dari komputer client, baik itu permintaan data, file, aplikasi, dan lainnya. Adapun beberapa fungsi server ialah sebagai berikut:

  • Melayani permintaan data dari komputer klien.
  • Mengatur lalu lintas data pada suatu jaringan.
  • Menyimpan berbagai data, file, aplikasi, serta informasi lainnya sehingga bisa/dapat diakses dengan secara bersama-sama dengan protokol FTP.
  • Menyediakan berbagai sumber daya (software, hardware) yang bisa/dapat digunakan oleh banyak komputer klien di dalam jaringan.
  • Mengatur hak akses (permissions) pada suatu jaringan untuk membatasi klien yang bisa/dapat mengakses data pada komputer server.
  • Menyediakan basis data serta aplikasi yang dapat dioperasikan pada seluruh komputer klien.

Manfaat Komputer Server

Penggunaan komputer server ini bisa/dapat memberikan berbagai manfaat bagi sebuah perusahaan, misalnya; efisiensi waktu serta penghematan biaya. Misalnya seperti; komputer server didalam sebuah perusahaan terhubung ke banyak komputer lain sebagai klien, dengan begitu proses pada pengiriman dokumen atau juga data ke sesama klien di dalam jaringan itu bisa/dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Contoh lainnya, komputer server itu memungkinkan penggunaan sebuah printer yang bisa/dapat dioperasikan dari beberapa komputer dalam suatu jaringan untuk mencetak suatu dokumen. Dengan begitu, tentunya sebuah perusahaan bisa/dapat lebih berhemat sebab tidak perlu lagi menyediakan beberapa mesin printer.

Komponen Membangun Komputer Server

Untuk dapat membangun sebuah komputer server ini diperlukan beberapa sumber daya. dibawah ini merupakan beberapa komponen penting yang harus diperhatikan pada saat membangun komputer server diantaranya sebagai berikut:

  • RAM; ini dibutuhkan kapasitas memori (RAM) dengan ukuran yang cukup besar sehingga proses multitasking itu dapat berjalan dengan lebih cepat.
  • Processor; supaya bisa/dapat menangani berbagai permintaan dari komputer klien, tentu dibutuhkan komputer server dengan kecepatan akses prosesor yang bekerja dengan cepat.
  • Hard Drive; berfungsi ialah sebagai media penyimpanan berbagai data komputer klien yang terpusat pada komputer server. Penggunaan SSD ialah sebagai media penyimpanan data itu akan memaksimalkan performa serta kinerja komputer server.

Macam Jenis Server

Dengan berdasarkan fungsinya, server ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Mengacu pada pengertian server, adapun beberapa jenis server ialah sebagai berikut:

  1. Proxy Server; server yang ini memiliki fungsi untuk membatasi permintaan data, kinerja koneksi, serta berbagai file antar server dan juga klien di luar jaringan. Proxy server ini juga berfungsi sebagai gerbang antara jaringan loka dengan jaringan global (internet).
  2. Virtual Server; server yang ini memiliki fungsi untuk membuat sejumlah server fisik sehingga seakan-akan seperti menjadi beberapa server.
  3. Telnet Server; server yang ini memiliki fungsi untuk mengatur sebuah komputer dengan melakukan login serta logout pada komputer host.
  4. FTP Server; server yang ini memiliki fungsi untuk mengatur transfer data pada suatu jaringan.
  5. Web Server; server yang ini memiliki fungsi untuk meyimpan konten sebuah website serta berkomunikasi menggunakan HTTP.
  6.  Aplikasi Server; server yang ini memiliki fungsi untuk mengelola perintah yang dilakukan oleh klien serta menghubungkannya dengan database.
  7. Audio & Video Server; server yang ini memiliki fungsi untuk menyimpan fitur multimedia sebuah website.
  8. News Server; server yang ini memiliki fungsi untuk menyalurkan berbagai jenis berita dengan melalui jaringan berita.
  9. Mail Server; server yang ini memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai jenis email, serta menangani permintaan klien.

Cara Kerja Server

Pada dasarnya cara kerja server serta klien sangat sederhana, yakni server sebagai penyedia data serta client sebagai peminta data.

Sebagai contoh; pada saat kita membuka sebuah website X pada browser, dalam hal tersebut komputer kita bertindak yakni sebagai klien serta server dari website X itu bertindak yakni sebagai server.

Server website X itu menerima serta memproses permintaan klien. Selanjutnya, server website X tersebut mengirim data sesuai dengan permintaan klien dan juga muncul di layar monitornya.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Server, Fungsi, Manfaat, Komponen, Jenis dan Cara Kerjanya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Definisi, Macam Jenis Beserta Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Gelombang Elektromagnetik, Sifat, Spektrum dan Manfaatnya
Lihat Juga  √ Pengertian Likuiditas, Fungsi, Komponen, Manfaat, dan Rumusnya