√ Pengertian Software, Fungsi, Jenis, Contoh dan Menurut Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Software (perangkat lunak), penjelasan selengkapnya mengenai Software ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Software, Fungsi, Jenis, Contoh dan Menurut Ahli

Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Pengertian software merupakan suatu bagian dari sistem komputer yang tidak mempunyai wujud fisik serta tidak terlihat disebabakan karna merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan serta juga diatur oleh komputer berupa program yang bisa menjalankan suatu perintah.

Terdapat juga yang menyebutkan pengertian software ini merupakan suatu data yang diprogram, diformat, serta disimpan dengan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi bisa dioperasikan oleh penggunanya dengan melalui perangkat komputer.

Sebuah software atau perangkat lunak ini merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga bisa melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software tersebut maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak dapat  menjalankan perintah apapun dari user.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Supaya dapat lebih memahami apa arti software, maka kita bisa merujuk pada beberapa pendapat para ahli diataranya berikut ini:

1. Menurut Wiwit Siswoutomo

Pengertian Software merupakan nyawa dari sebuah hardware atau juga komputer disebabkan karna tanpa adanya perangkat lunak tersebut maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati serta tidak dapat digunakan.

2. Menurut Roger S. Pressman (2002)

Pengertian software merupakan suatu perintah program di dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi serta unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak tersebut berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer supaya bisa berfungsi dengan secara optimal sesuai dengan perintah user.

3. Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007)

Pengertian software meurpakan suatu perangkat yang berfungsi ialah sebagai pengatur aktivitas kerja komputer serta seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer serta juga menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

4. Menurut Imam Prayogo Pujiono

Pengertian perangkat lunak ini merupakan suatu program di dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang apabila dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain di dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, serta juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

5. Menurut Wilman dan Riyan

Pengertian software ini merupakan sebuah perangkat operasi kerja untuk bisa menjalankan berbagai komponen pada hardware yang mempunyai sifat maya (tidak terlihat) namun bermanfaat bagi user-nya.

Fungsi Software Secara Umum

Pada dasarnya fungsi utama dari software ini ialah untuk membuat sebuah komputer bisa menjalankan perintah dari user. Mengacu pada pengertian software yang dijelaskan di atas, dibawah ini merupakan beberapa fungsi software diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga bisa dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi serta juga sistem pendukung pada komputer.
  2. Mengatur tiap-tiap hardware yang terdapat pada komputer sehingga bisa bekerja secara simultan.
  3. Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang terdapat pada komputer.
  4. Perangkat lunak juga berfungsi ialah sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga bisa dimengerti oleh hardware.
  5. Software ini juga bisa mengidentifikasi suatu program yang terdapat pada sebuah komputer.

Dari penjelasan beberapa fungsi perangkat lunak (Software), tidak salah bila software dianggap ialah sebagai nyawa dari sebuah komputer. Bagaimanapun juga, sebuah komputer ini hanya bisa beroperasi apabila memiliki perangkat keras serta perangkat lunak di dalamnya.

Klasifikasi software

Meskipun fungsi utama software (perangkat lunak) ini ialah sebagai penghubung antara hardware dengan user, pada penggunaan perangkat lunak ini ternyata terbagi dalam beberapa jenis. Dibawah ini merupakan klasifikasi software diantaranya sebagai berikut:

1. Software Berdasarkan Jenisnya

  1. Operating System (sistem operasi), merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengelola serta mengkoordinasikan tiap-tiap komponen serta fungsi komputer. Beberapa contoh operating sistem diantaranya ialah ; Windows, Linux, UNIX, DOS.
  2. Programming Language (Bahasa Pemrograman), merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki fungsi ialah sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak serta juga semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program). Beberapa dari contoh Bahasa Pemrograman ialah ; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.
  3. Application Program (Program Aplikasi), merupakan suatu perangkat lunak yang mempunyai fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, serta lain sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi diantaranya ialah ; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lainnya.

2. Software Berdasarkan Distribusinya

  1. Freeware, merupakan suatu perangkat lunak yang bisa dimiliki serta digunakan dengan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini mempunyai fitur yang kurang lengkap serta tidak maksimal.
  2. Adware, merupakan suatu software yang bisa didapatkan serta digunakan dengan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.
  3. Spyware, merupakan suatu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk dapat memata-matai seluruh kegiatan/aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak yang disalahgunakan, misalnya seperti untuk mencuri data dari komputer lain.
  4. OpenSource, merupakan suatu software yang kode sumbernya ini dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, serta disebarluaskan. Biasanya software jenis ini bisa diperoleh dengan secara gratis serta dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).
  5. Shareware, merupakan ebuah piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan dengan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas serta penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).

Contoh Perangkat Lunak (Software)

Terdapat banyak sekali contoh software yang dipakai oleh pemilik komputer dalam aktivitas/kegiatannya sehari-hari, baik itu software gratis atau juga software yang berbayar. Dibawah ini merupakan beberapa contoh software diantaranya sebagai berikut:

  • Microsoft Windows, merupakan sistem operasi komputer yang berbasis command-line.
  • Microsoft Office Word, merupakan piranti lunak yang berfungsi untuk membuat serta mengedit sebuah dokumen.
  • Microsoft Office PowerPoint, merupakan software untuk membuat presentasi, video, serta lain-lain.
  • Google Chrome, merupakan software yang berfungsi ialah sebagai internet browser.
  • Photoshop, merupakan software untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
  • VCL Media Player, merupakan software pemutar video.
  • FastStone Image Viewer, merupakan software untuk membuka serta mengedit file gambar di dalam komputer.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Software, Fungsi, Jenis, Contoh dan Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Novel, Ciri, Struktur, Jenis, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Lihat Juga  √ Pengertian Klausa, Ciri, Klasifikasi, Jenis beserta Contoh
Lihat Juga  √ Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, Beserta Jenisnya