√ Pengertian UNICEF, Sejarah, Anggota, Sasaran Beserta Tujuannya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Unicef, penjelasan mengenai Unicef ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian UNICEF, Sejarah, Anggota, Sasaran Beserta Tujuannya

Pengertian Unicef

Organisasi UNICEF merupakan singkatan dari United Nations Children’s Fund. Dan UNICEF ini merupakan salah satu organisasi dibawah naungan PBB. Organisasi UNICEF ini di dirikan pada Tanggal 11 Desember tahun 1946 dan berlokasi di New York, Amerika Serikat .

Dana organisasi ini berasal dari sumbangan sukarela dari pemerintah-pemerintah, serta pribadi-pribadi (orang-orang kaya) dari seluruh dunia.

Karena bantuan nya itu lebih dari 7000 orang yang bekerja di 158 negara, membantu membangun sebuah dunia yang menghargai hak-hak anak. Serta UNICEF bekerja di seluruh dunia untuk dapat menanggulangi kemiskinan, kekerasan, wabah penyakit, serta diskriminasi.

Sejarah Organisasi Unicef Di Indonesia

UNICEF ini membantu Indonesia pertama kali di tahun 1948. Dikala itu terjadi situasi darurat yang memerlukan penanganan cepat akibat kekeringan hebat yang terjadi di Lombok. Serta kerjasama resmi antara UNICEF dan juga pemerintah Indonesia dijalin pertama kali di tahun 1950.

Dari saat masa kemerdekaan, UNICEF ini tetap di anggap mitra Indonesia yang berkomitmen dalam memperbaiki hidup anak-anak serta wanita di seluruh nusantara.

Serta prioritas awal UNICEF ini ialah untuk memberikan pelayanan serta persediaan yang sangat di perlukan untuk da[at memperbaiki kesehatan anak Indonesia serta keluarganya.

Sejak awal 1960an, UNICEF ini berkembang menjadi sebuah organisasi pembangunan yang lebih terkonsentrasi pada kesejahteraan anak daripada sekedar memberi bantuan kemanusiaan. Dan pada 1962, UNICEF kemudian melaksanakan program gizi di 100 desa dari delapan propinsi.

Menteri Luar Negeri Adam Malik itu menandatangani perjanjian kerjasama UNICEF serta pemerintah Indonesia sesudah Indonesia itu bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa di November 1966.

Pada awalnya fokus kerjasama ini menitik beratkan pada kelangsungan hidup anak-anak. Serta baru setelah itu fokus berkembang pada masalah-masalah lain yang menguntungkan kedua belah pihak.

Setelah itu selama 50 tahun, UNICEF ini memainkan peranan penting didalam membantu pemerintah memajukan hidup anak-anak serta wanita. Dan unutk sekarang UNICEF ini berkarya di 12 kantor wilayah untuk dapat membantu dalam melaksanakan program di 15 propinsi yang mencakup lebih dari 20 juta orang Indonesia.

Dengan bersama mitra-mitranya UNICEF ini berhasil membantu mengembangkan serta melobi adopsi Undang-undang Perlindungan Anak 2002. Serta undang-undang tersebut akan menjadi landasan hukum bagi perlindungan hak anak.

Lalu, indonesia serta UNICEF menandatangani perjanjian kerjasama baru dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun 2006-2010 yang terfokus pada enam (6) program: Pendidikan, Kesehatan, Air serta  Sanitasi, Memerangi HIV dan juga aids, Perlindungan Anak serta Keadaan Darurat. Kerjasama untuk tahun 2010 ditandatangi pada tanggal 12 Januari 2010.

Daftar Anggota Unicef

Afghanistan, Andorra, Argentina, Armenia, Australia, Austria, Bangladesh, Barbados, Belgium, Belize, Bolivia, Brazil, Bulgaria, Cambodia, Cameroon, Canada, Finland, France, Gabon, Germany, Greece, Guyana, Honduras, Hungary, Iceland, India, Indonesia, Ireland, Israel, Italy, Japan, Kazakhstan, Kenya, Kuwait, Libyan Arab Jamahiriya, Liechtenstein, Central African Republic, Chile, China, Comoros, Costa Rica, Cuba, Cyprus, Czech Republic, Democratic Republic of the Congo, Denmark, Ecuador, Egypt, Estonia, Luxembourg, Madagascar, Malaysia, Mexico, Moldova, Monaco, Mongolia, Morocco, Mozambique, Myanmar, Netherlands, New Zealand, Nicaragua, Nigeria, Norway, Oman, Pakistan, Panama, Philippines, Poland, Portugal, Qatar, Sri Lanka, Sweden, Republic of Korea, Russian Federation, Saudi Arabia, Senegal,  Singapore, Slovak Republic, South Africa, Spain,Switzerland, Thailand, The United Kingdom, Tunisia, Turkey, Turkmenistan, United Arab Emirates, Uruguay, USA, Vietnam

Tujuan dan Sasaran Unicef

Mengatasi segala macam permasalahan seperti kemiskinan, kekerasan, penyebaran penyakit, hingga diskriminasi di dalam dunia anak serta memberikan berbagai bantuan itu di dalam bentuk kemanusiaan serta juga perkembangan dalam waktu jangka panjang kepada anak-anak serta juga ibunya, terutama pada anak-anak di negara berkembang dan juga tentunya mengajak seluruh pihak untuk mau turut mendukung atau juga membantu dalam menyukseskan tujuan tersebut (UNICEF, 2015a).

Di dalam perwujudan tujuannya, salah satu cara yang dilakukan UNICEF ialah dengan cara mengadvokasi berbagai kebutuhan atau juga kepentingan anak, sehingga anak itu dapat memiliki kehidupan yang layak, terutama fokusnya utamanya ialah untuk mengembangkan pelayanan masyarakat supaya dapat melakukan promosi mengenai kesehatan serta juga  kesejahteraan bagi anak-anak.

Secara garis besar, Unicef ini memiliki tujuan yang berfokus pada anak-anak. Lembaga ini diberikan wewenang oleh pemerintah dunia untuk memberikan, mempromosikan, dan juga melindungi hidup serta hak-hak anak. Organisasi kemasyarakatan, termasuk mitra lembaga swadaya masyarakat (LSM) ini turut berperan didalam tugas-tugas Unicef di Indonesia serta di 190 negara yang mana Unicef bekerja. Di sisi lain, Unicef ini juga dapat dijadikan pola hubungan kerjasama yang menghubungkan lembaga-lembaga di Indonesia dengan segala bentuk lembaga di dunia yang bertujuan untuk dapat memelihara serta melindungi anak-anak dan juga hak-haknya.

Tujuan Unicef ini merupakan bagian dari isi tujuan PBB, yang melingkupi sebagai berikut :

  1. Memelihara perdamaian serta juga keamanan internasional
  2. Mengembangkan hubungan persaudaran antar bangsa
  3. Bekerjasama dengan secara internasional di dalam memecahkan persoalan ekonomi internasional, sosial, kebudayaan, serta juga kemanusiaan dan di dalam memajukan rasa hormat untuk hak-hak manusia serta kemerdekaan-kemerdekaan asasi
  4. Untuk menjadi pusat bagi tindakan-tindakan bangsa-bangsa di dalam usaha demi mencapai tujuan bersama

Tiap-tiap organisasi tentu mempunyai sasaran atau hasil yang ingin dicapai didalam memenuhi tujuannya. Terdapat tiga (3) yang menjadi sasaran Unicef ialah sebagai sebuah organisasi Internasional diantaranya sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan kepercayaan anak-anak terhadap kepedulian negara
  2. Membantu kaum muda didalam membangun sebuah dunia yang mana semua anak-anak hidup dengan secara terhormat serta memperoleh keamanan
  3. Menciptakan dunia yang cocok untuk anak-anak.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian UNICEF, Sejarah, Anggota, Sasaran Beserta Tujuannya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Akomodasi Secara Umum, Tujuan Beserta Bentuknya
Lihat Juga  √ Pengertian Pengendalian Sosial, Jenis, Fungsi, Cara dan Bentuknya
Lihat Juga  √ Pengertian WHO, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Peran, Kegiatan dan Aktivitas