√ Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kecepatan (Speed) merupakan besarnya jarak yang ditempuh oleh benda pada tiap satuan waktu. Kecepatan merupakan jenis besaran yang bergantung pada suatu arah, sehingga kecepatan tersebut termasuk kedalam besaran vektor. Untuk gerak 1 dimensi, arah dari kecepatan bisa dinyatakan dengan tanda positif atau negatif. Konsep mengenai kecepatan tersebut dibagi menjadi dua, yaitu kecepatan sesaat serta kecepatan rata-rata.

  1. Kecepatan sesaat merupakan kecepatan benda pada suatu saat saja, sedangkan
  2. kecepatan rata-rata merupakan hasil bagi antara perpindahan dengan selang  tiap waktunya.

Kecepatan tersebut dapat diukur dengan alat bantu yang bernama velocitometer.

Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli

Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dapat bergerak dengan sangat cepat dan mengubah arah dengan tangkas juga. Kelincahan ialah sebuah perpaduan dari kecepatan, kecepatan reaksi, keseimbangan, fleksibelitas, kekuatan, serta juga koordinasi neuromuscular. Latihan kelincahan sangat bermanfaat bagi anggota tubuh tertentu, seperti lengan, tungkal, dan sebagainya.

Daftar Isi Artikel Ini :

Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Saifudin (1999: 1-11) mengutip pengertian kecepatan menurut Menurut Treadwell (1991) , kecepatan bukan hanya menitik beratkan seluruh kecepatan tubuh, namun juga melibatkan waktu reaksi yang dilakukan oleh seseorang pemain terhadap sebuah stimulus. Kemampuan tersebut membuat jarak yang lebih pendek untuk dapat  memindahkan tubuh. Kecepatan tersebut juga bukan hanya mengartikan menggerakkan seluruh bagian tubuh dengan sangat cepatnya, akan tetapi bisa juga dengan menggerakkan anggota-anggota tubuh dalam kurun waktu yang secepatnya. Didalam sebuah olahraga misalnya saja olahraga lari sprint kecepatan larinya ditetapkan oleh/dengan gerakan secara berturut-turut dari organ kaki yang dilakukan dengan sangat cepat, kecepatan menendang bola juga ditentukan oleh singkat tidaknya tungkai dalam menempuh jarak gerak sebuah tendangan.

Lihat Juga  √Latar Belakang, Kronologi dan Dampak Akibat Perang Dunia 1

Kecepatan daro anggota tubuh lainnya seperti lengan atau tungkai juga cukup penting hal tersebut berguna untuk memberikan akselerasi kepada objek-objek eksternal seperti olahraga sepakbola, bola basket, tenis lapangan, lempar cakram, bola voli, dan lain sejenisnya. Kecepatan tersebut juga tergantung dari macam-macam faktor yang mempengaruhinya, yakni kekuatan(strength), waktu reaksi, dan fleksibilitas (Harsono 1988: 216). Untuk dapat melakukan gerakan kecepatan merupakan hasil dari jarak per tiap satuan waktu (m/dt), misalnya 100 km per jam atau120 meter per/detik.

Kecepatan tersebut mengacu pada kecepatan gerakan dalam melakukan sebuah keterampilan bukan hanya dengan sekedar kecepatan lari. Menggerakkan kaki dengan cepat adalah keterampilan fisik terpenting bagi pemain bertahan serta harus ditingkatkan untuk kemampuan mengubah arah pada saat teakhir merupakan hal yang juga penting. Kecepatan adalah salah satu dari komponen kondisi fisik. Menurut Mochamad Sajoto (1995: 9) kecepatan merupakan salah satu kemampuan seseorang dalam mengerjakan gerakan kesinambungan dalam kurun waktu yang sesingkat- singkatnya.


Macam Macam Kecepatan

Menurut Suharno (1985: 31) terdapat 3 kecepatan, yakni kecepatan sprint, kecepatan reaksi, dan kecepatan bergerak, untuk penjelasan lebih lanjut dibawah ini:

1) Kecepatan sprint

Kecepatan sprint merupakan suatu kemampuan organisme atlet bergerak ke depan dengan kekuatan serta juga kecepatan maksimal untuk mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Contohnya ialah player sepakbola saat berlari mengejar bola.

2) Kecepatan reaksi

Kecepatan reaksi merupakan suatu kemampuan organisme atlet untuk dapat menjawab suatu rangsang secepat mungkin dalam mencapai hasil terbaik. Contohnya pada pemain sepakbola saat akan menyambut umpan, pemain tersebut akan langsung dengan sigap atau cepat menyambutnya.

3) Kecepatan bergerak

Kecepatan bergerak merupakan suatu kemampuan organ atlet dalam bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang tidak terputus.

Lihat Juga  √Pengertian BMKG, Sejarah, Kedudukan, Tugas, Kegiatan dan Layanan

Bentuk Latihan Kecepatan

Dalam melatih kecepatan yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh dan juga tentu melakukan  latihan, nah bentuk-bentuk latihan kecepatan antara lain sebagai berikut :

  • a. Lari cepat 60 meter.
  • b. Lari bolak-balik jarak enam meter dengan membentuk angka delapan (shuttle run).

Sekian Uraian mengenai Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

 

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. 52 Pengertian Sejarah, Unsur dan Ruang Lingkup Menurut Para Ahli
  2. Pengertian, Unsur, Teknik dan Kreativitas Seni Peran