√ Status Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi, Peran, Kelas dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – untuk saat ini kita akan membahas mengenai status sosial atau disebut juga dengan kedudukan sosial, penjelasannya sebagai berikut :

Status Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi, Peran, Kelas dan Contohnya

Pengertian Status Sosial

Status Sosial atau juga Kedudukan Sosial merupakan salah satu tempat atau juga posisi seseorang dalam kelompok sosial atau masyarakat secara luas sehubungan dengan keberadaan orang lain yang ada disekitarnya. untuk lebih jelas dibawah ini akan dipaparkan pengertian status sosial yang dikemukakan oleh para ahli :

Pengertian Status Sosial Menurut Para Ahli

Mayor Polak (1979)

Menurut beliau. status dimaksudkan ialah sebagai kedudukan sosial dari seorang oknum didalam sebuah kelompok dan didalam masyarakat. Status sosial ini memberi bentuk serta juga pola pada interaksi sosial.

Ralph Linton

Status sosial merupakan sekumpulan hak dan juga kewajian yang dipunyai seseorang didalam bermasyarakat. Pemilik status sosial yang tinggi akan ditempatkan juga pada tempat lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan pemilik status sosial yang rendah.

Soerjono Soekanto

Status sosial merupakan tempat seseorang yang secara umum didalam masyarakat sehubungan orang lain, dalam arti lingkungan pergaulan, prestise serta juga hak-hak serta kewajiban-kewajibannya.

Kajian Status Sosial

Status sosial atau juga kedudukan sosial ini terbentuk dari lingkungan pergaulan, hak kewajiban dan juga prestasi. Seseorang dapat memiliki beberapa kedudukan sosial didalam suatu masyarakat karena ikut andil  dalam berbagai pola kehidupan. Contohnya ialah seperti, kedudukan pemuda bernama Berry dari Desa sukajaya darat berkedudukan sebagai ketua karang taruna, atau mahasiswa teladan tingkat provinsi, juga calon sarjana teknik,atau calon suami Nita dari desa sebelah.

Jenis-Jenis Status Sosial

Adapun jenis-jenis ini diantaranya sebagai berikut :

  • Status yang digariskan (ascribed status) merupakan status yang didapatkan itu dengan secara alami atau otomatis yang dibawa sejak manusia itu dilahirkan. Contohnya seperti: anak bangsawan sejak lahir mendapat gelar bangsawan, jenis kelamin, kasta didalam masyarakat Hindu serta juga lain sebagainya.
  • Status yang diusahakan (Achieved status) merupakan status yang didapatkan itu dengan melalui usaha atau perjuangan sendiri dengan disengaja. Tiap-tiap  individu berpeluang untuk dapat menduduki status ini asal berhasil memenuhi syarat tertentu. Contohnya seperti: gelar kesarjanaan, gubernur, walikota, dll.
  • Status yang diberikan (assigned status) merupakan status yang diberikan kepada seseorang yang sudah berjasa bagi masyarakat. Contohnya ialah seperti: gelar pahlawan, gelar pelajar teladan , penerima kalpataru serta juga lain sebagainya.

Pengertian Peran Sosial

Peran sosial (social role) merupakan seperangkat harapan serta juga perilaku atas status sosial. Peran Sosial merupakan  pelaksanaan hak dan juga kewajiban seseorang sesuai dengan status sosialnya.

Menurut Soerjono Soekanto (1981), Peran sosial ini merupakan tingkah laku individu yang mementaskan suatu kedudukan tertentu. Didalam peranan yang berhubungan dengan pekerjaannya, seseorang itu diharapkan menjalankan kewajiban-kewajibannya yang berkaitan dengan peranan yang juga dipegangnya.

Fungsi Peran Sosial

Peran sosial ini mempunyai beberapa fungsi bagi tiap-tiap individu, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat mempertahankan kelangsungan dari struktur masyarakat, seperti peran sebagai ayah atau juga ibu.
  2. Dapat membantu orang lain yang tidak kurang mampu dalam masyarakat. Tindakan dari individu tersebut membutuhkan pengorbanan seperti misalnya peran dokter, perawat, pekerja sosial, dan juga  lain sebagainya.
  3. Sebagai sarana aktualisasi diri, seperti misalnya seorang lelaki ialah sebagai suami atau juga bapak, seorang wanita itu sebagai isteri atau juga ibu, seorang musisi dengan karyanya, dan lain sebagianya.

Pengertian Kelas Sosial

Kelas Sosial merupakan sekelompok manusia yang menempati lapisan sosial dengan berdasarkan kriteria ekonomi. Menurut Barger, kelas sosial merupakan stratifikasi sosial menurut ekonomi. Ekonomi dalam hal ini cukup luas meliputi pendidikan dan juga pekerjaan karena pendidikan dan juga pekerjaan seseorang pada zaman sekarang sangat mempengaruhi kekayaan atau juga perekonomian individu.

Kelas sosial ini merujuk pada pembedaan hierarki atau juga tingkatan antar individu didalam masyarakat. Pengertian kelas sosial ini dapat berbeda-beda pada tiap-tiap  zaman dan masyarakat. Tapi, secara umum kelas sosial ini ditentukan daru tingkat pendapatan, pendidikan serta juga kekuasaan. Contohnya seperti: kelas atas (orang kaya), berpendidikan tinggi.

Sekian dan terimakasih sudah Status Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi, Peran, Kelas dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Peran, Konsep dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pajak : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Legenda, Ciri, Jenisnya Menurut Para Ahli