√ Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pendidikan merupakan adalah kemauan untuk dapat mengembangkan kemampuan diri. Pendidikan memang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan baik itu dari pikiran dan juga perilaku, tentu pendidikan menjadi landasan yang sangat baik untuk di perhatikan. untuk itu penjelasan mengenai pendidikan akan dijelaskan dengan sangat lengkap dan jelas, berikut ini penjelasannya.

Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan

Dalam bahasa Inggris pendidikan adalah “education“. Sedangkan jika didalam bahasa latin disebut dengan sebut “educatum” yang kata itu berasal dari kata E serta Duco, E mengartikan perkembangan dari luar dari dalam atau juga perkembangan dari sedikit menuju banyak, sedangkan Duco mengartikan sedang berkembang. Dari sinilah, pendidikan dapat  juga disebut ialah sebagai upaya dalam mengembangkan kemampuan diri.

Pengertian pendidikan menurut Wikipedia, pendidikan adalah suatu pembelajaran keterampilan, pengetahuan, juga kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari 1 generasi ke generasi yang lainnya dengan melalui suatu pengajaran, penelitian dan juga pelatihan.


Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian pendidikan yang dikemukakan dari para ahli, antara lain sebagai berikut :

  1. Menurut Ki Hajar Dewantara  Dikenal juga dengan Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, Beliau menggemukakan pendapatnya mengenai pengertian pendidikan, yakni tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun yang dimaksud, pendidikan adalah menuntun segala sesuatu atau semua kekuatan kodrat yang terdapat di dalam diri anak (peserta didik )itu sendiri, supaya mereka sebagai manusia serta juga sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan juga dapat mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya.
  2. Menurut Ahmad D. Marimba Pengertian pendidikan ialah suatu bimbingan dengan yang dilaksanakan atau dilakukan dengan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani serta juga rohani terdidik menuju terbentuknya keperibadian yang utama.
  3. Menurut Horne mengenai pendidikanbeliau menyatakan pendapatnya bahwa pendidikan merupakan suatu alat yang mana kelompok sosial melanjutkan keberadaannya didalam mempengaruhi diri sendiri dan juga menjaga idealismenya.
  4. Menurut Martinus Jan Langeveld Pengertian pendidikan ialah, suatu upaya menolong anak untuk bisa melakukan tugas hidupnya dengan secara mandiri agar dapat bertanggung jawab dengan secara susila. Pendidikan iyalah usaha manusia dewasa dalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju kearah kedewasaan.
  5. Pengertian pendidikan menurut Gunning dan Kohnstamm ialah suatu proses pembentukan hati nurani. Suatu pembentukan dan juga penentuan diri dengan secara etis sesuaidengan hati nurani.
  6. Menurut Stella Van Petten Henderson ialah kombinasi dari pertumbuhan, perkembangan diri serta warisan sosial.
  7. Pengertian pendidikan menurut Carter V. Good ialah suatu proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap serta perilaku bermasyarakat. Proses sosial yang mana seseorang atau individu dipengaruhi oleh keadaan lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau juga sekolah, sehingga bisa mencapai perkembangan diri serta juga kecakapan sosial.
  8. Pengertian pendidikan berdasarkan UU No.20 Tahun 2003 ialah suatu usaha sadar serta terencana untuk dapat mewujudkan suasana belajar &  proses pembelajaran supaya pesertadidik dengan secara aktif mengembangkan atau menggali potensi dirinya untuk bisa atau dapat mempunyai kekuatan pengendalian diri, spritual keagamaan, kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian dan juga keterampilan yang diperlukan bagi dirinya, bagi masyarakat, bagi bangsa, dan bagi negara.
Lihat Juga  √ Pengertian Satelit, Macam, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

Tujuan Pendidikan

Di dalam UU. No. 20 Tahun 2003 tentang atau mengenai sistem pendidikan nasional pasal 3 dijelaskan mengenai tujuan pendidikan yaitu, mengembangkan potensi peserta didik supaya menjadi manusia yang beriman serta juga bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berilmu, cakap, berakhlak mulia,  kreatif, mandiri dan juga menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Fungsi Pendidikan

Horton & Hunt Menurut pendapatnya , lembaga pendidikan berhubungan atau berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifest) yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Mempersiapkan anggota masyarakat untuk dapat mencari nafkah.
  • Mengembangkan bakat individu demi kepuasan pribadi serta bagi kepentingan masyarakat.
  • Melestarikan kebudayaan.
  • Menanamkan kemampuan keterampilan yang diperlua untuk partisipasi didalam sebuah demokrasi.

Menurut David Popenoe, terdapat empat macam fungsi pendidikan Yaitu sebagai berikut:

  1. Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
  2. Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
  3. Menjamin integrasi sosial.
  4. Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
  5. Sumber inovasi sosial.

Fungsi Lembaga Pendidikan

Dibawah ini merupakan Fungsi lain dari sebuah lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.

Mengurangi pengendalian orang tua terhadap anak-anaknya.

Dengan adanya sebuah pendidikan yang ada di lingkungan sekolah orang tua akan melimpahkan tugas serta juga wewenangnya dalam mendidik anak kepada pihak sekolah.

Menyediakan sarana untuk pembangkangan.

Sekolah memiliki suatu potensi untuk dapat menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal itu tampak atau terlihat dengan adanya sebuah perbedaan pendapat atau juga pandangan antara sekolah serta masyarakat mengenai segala sesuatu hal, seperti misalnya pendidikan seks & juga sikap terbuka.

Mempertahankan sistem kelas sosial.

Pendidikan di dalam lingkungan sekolah juga diharapkan untuk bisa untuk mampu mensosialisasikan kepada murid-murid atau peserta didiknya supaya bisa menerima tiap -tiap perbedaan seperti misalnya  privilise, prestise serta juga status yang ada didalam hidup masyarakat. Sekolah juga diharapkan dapat menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi.

Lihat Juga  √ Pengertian, Fungsi, dan Jenis Jenis Baterai
Memperpanjang masa remaja.

Pendidikan disekolah dapat juga untuk memperlambat para murid-murid atau peserta didik ke masa dewasa disebabkan karena murid-murid atau peserta didik masih dapat tergantung secara ekonomi kepada orang tuanya.

 


Sekian uraian mengenei Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi Menurut Para Ahli, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. Hidup Rukun : Pengertian, Manfaat, Nilai, Bentuk dan Contoh
  2. 52 Pengertian Sejarah, Unsur dan Ruang Lingkup Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli