√ Penelitian: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian

Diposting pada

Pada kesempatan ini Pendidikan.co.id akan membaca mengenai pengertian, karakteristik, tujuan dan manfaat penelitian. dibawah ini ulasan mengenai Penelitian secara lengkap.

Penelitian: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian

Pengertian Penelitian

Penelitian ialah suatu prosedur yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh tanggapan dari suatu persoalan, fakta, maupun suatu pengkajian yang ingin dibuktikan secara objektif.

Dikatakan secara objektif, karena prosedur dalam penelitian memakai program ilmiah, kompetitif, tidak berbeda dengan fakta yang ada dan telah dibuktikan secara empiris dan telah diukur.

Ilmu telah dimiliki karena tersedianya keahlian atau melalui hubungan antara manusia dengan latar belakangnya. Salah satu tujuan ilmu yang dimiliki manusia ialah ilmu ilmiah yang biasa disebut sebagai pengetahuan.

Karakteristik Penelitian

Terdapat beberapa soal untuk menyeleksi antara kegiatan penelitian dengan kegiatan yang bukan penelitian ataupun kegiatan lain pada umumnya, yakni karakteristiknya. Maka, penelitian hendaknya tercantum beberapa karakteristik kegiatan penelitian, yakni sebagai berikut:

  • Penelitian harus Sistematis

Penelitian ialah suatu kegiatan yang sitematis dan menyimpan elemen-elemen yang merupakan bagian pandangan dan kegiatan. Elemen-elemen tersebut perlu menyingkap secara berangkaian dan berangsur-angsur, sehingga tampak jelas alur pandangannya dan lancar dipahami oleh pembaca.

  • Penelitian harus Objektif dan Rasional

Penelitian mempunyai alur akal yang benar, terdapat konsistensi antara media maupun proses penelitian yang diperankan dengan produk penelitian yang diperoleh, sehingga mempunyai alur akal yang benar dan logika. Setiap opsi dan kepastian harus logis dan rasional serta mempunyai ukuran.

  • Penelitian harus Mempunyai Kegunaan

Penelitian harus mempunyai kegunaan efektif dalam kegunaan berada membagi rekomendasi, saran kepada kelompok yang memiliki fungsi akademik untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.

Tujuan Penelitian

Berikut ini ada 3 macam tujuan penelitian, antara lain:

  • Penemuan

Tujuan penelitian ini berupa penemuan. Penemuan bermakna bahwa dokumen yang didapat dari penelitian tersebut ialah dokumen yang benar-benar baru, yang sebelumnya tidak pernah terbongkar.

  • Pembuktian

Tujuan penelitian ini berupa pembuktian. Pembuktian bermakna bahwa dokumen yang didapat tersebut digunakan untuk meyakinkan adanya kecurigaan tentang informasi atau pengetahuan tertentu.

  • Pengembangan

Tujuan penelitian ini berupa pengembangan. Pengembangan bermakna bahwa untuk membangun dan memajukan pengetahuan yang telah ada.

Manfaat adanya Penelitian

Berikut ini beberapa manfaat adanya penelitian, antara lain:

  • Mencatat untuk menyadarkan apa yang telah dibaca, sehingga tidak lingling atau bahkan keliru mengingat suatu hal.
  • Mencatat untuk mengartikan struktur kelengkapan apa yang sedang dibaca, sehingga telah mengartikan jalinan atau interaksi antara berbagai informasi yang telah dirangkaikan.
  • Mencatat untuk mengevaluasi gagasan, sehingga apa yang ada pada pikiran dapat mengacu dalam bentuk catatan. Sekali-kali sangat banyak situasi yang ada di dalam anggapan, tetapi tidak segalanya berada atau berupaya untuk dicatatkan. Dengan mencatat dapat kedapatan mana saja gagasan atau pandangan yang belum tercatat.

 

Sekian penjelasan mengenai Penelitian: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Manfaat Penelitian, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

 

Lihat Juga  √ Pengertian Audio Visual, Jenis, Ciri, Fungsi, Kelebihan & Manfaat
Lihat Juga  √ Pengertian Dekonsentrasi, Tujuan, Ciri Dampak dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Primordialisme, Contoh, Dampak, Ciri, Beserta Jenisnya