√ Pengertian Fisika, Manfaat, Tujuan, Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Fisika berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “ALAM”. Fisika merupakan studi ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat serta juga gejala pada benda-benda yang ada di alam. Gejala-gejala tersebut pada awalnya adalah apa yang dirasakan oleh panca indera kita, contohnya ialah penglihatan menemukan optika (cahaya), pendengaran menemukan studi mengenai bunyi, dan panca indera peraba yang bisa merasakan panas atau dingin.

Pengertian Fisika, Manfaat, Tujuan, Menurut Para Ahli

Pengertian Fisika

Mengapa kita perlu mempelajari Fisika? Fisika menjadi studi ilmu pengetahuan yang sangat mendasar, sebab berhubungan dengan semua perilaku serta struktur benda, khususnya dengan benda mati. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mempelajari mengenai mengenai semua gejala alam keseluruhan. Dari  sejarah, fisika itu merupakan suatu bidang studi ilmu yang tertua dari semua studi ilmu lain, sebab fisika ini dimulai dengan pengamatan – pengamatan dari suatu gerakan benda-benda langit, seperti bagaimana lintasannya, periodenya, usianya, dan lain-lain.

Bidang ilmu fisika ini sudah dimulai berabad-abad yang lalu, serta berkembang pada zaman Galileo dan juga Newton. Galileo juga merumuskan hukum-hukum tentang/mengenai benda yang jatuh, sedangkan Newton mempelajari gerak pada umumnya, termasuk itu gerak dari planet-planet pada sistem di tata surya.

Layaknya Zaman modern sekarang ini, ilmu fisika tersebut sangat mendukung sekali setiap-tiap perkembangan teknologi, komunikasi, industri, termasuk juga tentang kerekayasaan (engineering), kimia, kedokteran, biologi, dan lain sebagainya. Ilmu fisika tersebut  dapat menjawab setiap pertanyaan tentang fenomena atau kejadian yang menarik. Contohnya ialah :

  1. Mengapa bumi bisa mengelilingi matahari?
  2. Bagaimana udara bisa menahan pesawat terbang yang berat?
  3. Mengapa langit tampak berwarna biru?
  4. Bagaimana siaran/tayangan TV dapat menjangkau tempattempat yang jauh?
  5. Mengapa sifat-sifat listrik sangat diperlukan dalam sistem komunikasi dan industri?
  6. Bagaimana peluru kendali dapat diarahkan ke sasaran yang letaknya sangat jauh, bahkan antarbenua?
  7. Dan akhirnya, bagaimana pesawat dapat mendarat di bulan?
Lihat Juga  √ Pengertian Budaya, Macam, Ciri, Fungsi, Unsur, Wujud & Faktor

Hal-hal diatas semua dipelajari dalam berbagai bidang ilmu fisika.

Dalam bidang fisika secara garis besar terbagi atas dua kelompok, yakni fisika klasik serta  fisika modern. Fisika klasik bersumber pada gejala-gejala yang ditangkap oleh panca indera. sedangkan jika Fisika klasik itu melingkupi mekanika, panas, bunyi, optika, listrik magnet,  serta juga gelombang yang menjadi batasan antara fisika klasik dengan fisika modern. Ilmu Fisika modern tersebut berkembang di mulai dari abad ke-20, sejak dari penemuan teori relativitas yang dikemukaknan Einstein serta radioaktivitas oleh keluarga Curie.


Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

KBBI

menyatakan bahwa fisika merupakan suatu ilmu yang tentang zat-zat sertaa juga energi seperti cahaya, panas, bunyi, serta lain sebagainya.

Ensiklopedia

Fisika ialah studi ilmu yang mempelajari mengenai suatu benda beserta dengan gerakannya serta juga manfaatnya bagi kehidupan.

Bambang Ruwanto

Fisika adalah salah satu dari bagian dari ilmu dasar serta merupakan ilmu yang fundamental.

Efrizon Umar

Fisika merupakan salah satu ilmu yang berdasarkan berbagai macam besaran-besaran dalam study ilmu fisika.

Mikrajudin

fisika merupakan cabang paling utama pada study ilmu sains, hal ini tersebut disebabkan karena bahwa prinsipnya ialah dasar atas tiap-tiap cabang sains.

Young, Hough D

Fisika adalah studi ilmu yang paling dasar dari ilmu-ilmu pengetahuan yang lain.

Osa Pauliza

Fisika ialah sesuatu yang dapat untuk diukur dan juga memiliki nilai-nilai yang dinyatakan ke dalam bentuk satuan.

Brockhaus

Fisika merupakan pelajaran yang tentang kejadian atau peristiwa alam yang mampu dapat memungkinkan percobaan(eksperimen), penelitian, pengukuran apa yang didapat, dengan berdasarkan peraturan umum, sertajuga penyajian dengan secara sistematis.

Gerthsen

Fisika ialah sebagai teori yang mendeskripsikan tentang berbagai macam gejala alam hingga dengan sesederhana mungkin dan juga berusaha untuk dapat menemukan hubungan diantara setiap kenyataannya. Permasalahan dasar untuk memecahkan persoalannya dengan menggunakan cara mengamati gejala tersebut.

Lihat Juga  √ Pengertian Rakyat, Penduduk dan Ketentuan Menurut Para Ahli

Dahmen

Fisika ialah sebagai uraian tertutup mengenai berbagai kejadian fisis yang didasarkan pada hukum dasar.

Deruxes

Fisika ialh sebagai suatu studi ilmu pengetahuan yang berusaha untuk dapat menguraikan serta juga menjelaskan hukum alam serta berbagai kejadian alam dengan suatu gambaran dengan menurut pemikiran manusia.

Weizacher

Fisika ialah sebagai teori peramaian untuk dapat berbagai alternatif yang dengan secara empiris dengan melakukan percobaan (eksperimen) yang dapat dibedakan.

E.Budikase dan Nyoman

Fisika merupakan ilmu yang banyak dan memerlukan lebih banyak pemahaman dibandingkan dengan penghafalan.

Kusuma

Fisika merupakan suatu studi ilmu yang mempelajari mengenai gejala alam yang terjadi pada energi (materi) yang menempati ruang dan juga memiliki massa. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mempelajari mengenai mengenai semua gejala alam keseluruhan.

Drs. Supiyanto, M. Si.

Ilmu Fisika ialah studi ilmu fundamental yang menjadi tulang punggung dari perkembangan tiap ilmu pengetahuan.


Manfaat  Ilmu Fisika

Mempelajari fisika memiliki banyak  sekali manfaat. Mulai dari awal dipelajarinya ilmu fisika, fisika sudah terbukti mampu untuk dapat membantu dalam memudahkan manusia dalam menjalani kegitan atau aktivitasnya di kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat dari mempelajari fisika antara lain ialah sebagai berikut:

  • Melalui fisika bisa menyingkap rahasia alam.
  • Fisika berperan besar dalam penemuan-penemuan teknologi.
  • Fisika berada didepan didalam perkembangan teknologi.
  • Fisika ialah sebagai ilmu dasar  yang memiliki andil dalam pengembangan ilmu-ilmu lain.
  • Fisika dapat melatih kita dalam berpikir logis serta sistematis.

Hubungan Fisika Dengan Ilmu Pengetahuan Lain

Fisika Dalam Bidang Pengukuran

Fisika lahir dan juga berkembang dari hasil percobaan serta observasi pengamatan. Percobaan (eksperimen) dan pengamatan (observasi) tersebut memerlukan pengukuran (measurement) tentu dengan bantuan alat-alat ukur, sehingga diperoleh data/ hasil pengamatan yang memiliki sifat kuantitatif. Dalam fisika, panjang, volume, dan suhu adalah sesuatu yang dapat diukur. Sesuatu yang dapat diukur itu disebut besaran. Besaran memiliki dua komponen utama, yakni nilai dan satuan. Didalam sttudy ilmu fisika, perlu juga untuk digaris bawahi bahwa tidak semua besaran dari fisika itu memiliki satuan, contohnya ialah indeks bias serta massa jenis relatif.

Lihat Juga  √ Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria dan Manfaatnya

Tujuan Fisika

Tujuan mempelajari ilmu fisika ialah supaya

  1. kita bisa mengetahui bagian-bagian dasar dari suatu benda
  2. mengerti tentang interaksi diantara benda-benda,
  3. mampu menjelaskan mengenai fenomena-fenomena alam yang terjadi.

Meskipun fisika itu terbagi atas beberapa bidang, hukum dari ilmu fisika berlaku secara menyeluruh (universal). Tinjauan dari suatu fenomena dari bidang fisika tertentu akan dapat memperoleh hasil yang sama apabila ditinjau dari bidang fisika yang lain. Selain dari konsep-konsep dasar fisika tersebut tidak hanya mendukung dari perkembangan fisika itu sendiri, namun juga perkembangan ilmu lain serta juga teknologi. Ilmu fisika menunjang riset murni ataupun terapan.

 

Para Ahli geologi (geologist) dalam risetnya menggunakan metode-metode gravimetri, akustik, listrik, serta mekanika. Peralatan modern di rumah sakit-rumah sakit juga menerapkan studi ilmu fisika. Para Ahli astronomi(astronomy) jugamemerlukan optik spektografi serta teknik radio. Demikian juga ahli-ahli meteorologi (ilmu cuaca), oseanologi (ilmu kelautan), dan juga seismologi memerlukan studi ilmu fisika.

 

Berikut uraian tentang Pengertian Fisika, Manfaat, Tujuan, Menurut Para Ahli, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca artikel menarik lainnya :

  1. Geologi : Pengertian, Macam, Aplikasi dan Contoh Menurut Para Ahli
  2. Pengertian Menabung, Macam, Tujuan dan Manfaat
  3. Pengertian, Ciri, Tujuan Inovasi Secara Umum Menurut Para Ahli