√ Pengertian Hortikultura

Diposting pada

Pengertian Hortikultura

Pengertian Hortikultura

Hortikultura ini merupakan cabang ilmu yang membahas mengenai pertanian yang meliputi tanaman buah, sayur, serta juga tanaman hias tentunya. kata holtikultra ini berasal dari bahasa latin yaitu hortus yang memiliki arti taman serta untuk colere memiliki arti untuk menumbuhkan. sebagai istilah yang pada umumnya, mencakup keseluruhan dari pembahasan tentang pengelolaan taman, namun juga penggunaan biasa menjurus diproduksi komersial intensif. perihal skala berbeda jauh antara berkebun rumah tangga serta juga pertanian di lapangan. walaupun begitu seluruh macam budidaya tersebut mempunyai kaitan dibidang keilmuannya.

Sejarah Hortikutura di Indonesia

  1. Pada awalnya kehadiran buah serta sayur tumbuh liar itu tanpa banyak campur tangan manusia
  2. Setelah itu bersama dengan masuk serta menetapnya orang dari Eropa ke Indonesia , maka kemudian di kembangkan sayuran dataran tinggi seperti (kentang ,Tomat, kentang ,wortel ,kubis , dll) serta juga bunga khas Eropa seperti (gladiola ,anyelir ,mawar ,serta gelbera)
  3. Pengembangan tersebut kemudian berlangsung pada beberapa wilayah seperti Sulawesi SelatanBandung ,Semarang , Malang ,Wonosobo , Yokyakarta , Tengger ,  Bali dan Karo.
  4. Sementara itu , tidak banyak buah buahan subtropics itu m,asuk ke Indonesia , kecuali kesemek.
  5. Pada masa itu , para hebat bangsa belanda itu sudah mulai mempelajarinya mengenai syarat-syarat ekologi tanaman buah buahan Indonesia.
  6. Setelah kemerdekaan ,pola pengembangan tanaman holtikultura tersebut juga masih melanjutkan cara belanda serta tidak banyak kemajuan yang di capai ,sementara itu terdapat juga peningkatan impor buah , sampai pada akhirnya peningkatan pendapatan perkapita(ekspor minyak).
  7. Sebelum tahun 1981 pembinaan serta pengembangan pertanian di Indonesia itu lebih di fokuskan pada tanaman pangan.Lalu kemudian ditahun 1981 barulah di sadari pemerintah , sehinga setelah itu di keluarkan kebijakan megnenai pembatasan impor buh buahan.Kebijakan tersebut bersaman dengan meningkatkan apresiasi terhadap buah tropis seperti(mangis , alpukat ,managa ,nanas serta juga rambutan) di Eropa serta pada Negara maju.

Perbedaan Tanaman Hortikultura Dengan Perkebunan

Perbedaan antara hortikultura serta perkebunan ialah pada tanaman hortikultura hasil dari bercocok tanamnya bisa atau dapat dimanfaatkan dengan secara langsung, sedangkan apabila pada perkebunan hasilnya itu melalui tahap produksi kembali atau pun kemudian di olah lagi supaya bisa atau dapat dimanfaatkan, tanaman perkebunan misalnya seperti , karet,kopi, teh, kakao serta sebagainya.

Manfaat dan Fungsi Hortikultura

Manfaat-dan-Fungsi-Hortikultura

Hortikultura ini mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh apabila di gunakan atau juga dimanfaatkan untuk konsumsi seperti misalnya sayuran atau juga buah-buahan serta juga di dalam mendongkrak perekonomian.

  1. Tanaman Holtikultura ini mempunyai manfaat yang baik terutama bagi perekonomian disebabkan karna bisa atau dapat meningkatakan perekonomian di indonesia sampai luar negri.
  2. Menambah apresiasi bagi komoditas obat obatan serta juga sandang pangan

Manfaat dalam Perekonomian

Tanaman Hortikultura ini memiliki atau mempunyai nilai jual yang sangat bagus serta juga terbilang setara dengan usaha yang dilakukan di dalam meningkatkan hasil dari pertanian serta juga dapat atau bisa menambah devisa negara indonesia disebabkan karna tiap-tiap negara itu mempunyai persaingan di dalam meraih produk unggulan pada bidang pertanian.

Manfaat dalam Masyarakat

Hortikultura ini juga memberikan manfaat bagi masyrakat di dalam penyediaan makanan sehat serta bermanfaat bagi penghilang stres atau pun juga kepenatan pada saat berada di areal perkotaan disebabkan karna dengan adanya tanaman Hortikultura tersebut bisa atau dapat melihat sesuatu yang alami serta menyejukan.

Tahapan Budidaya Hortikultura

Tahapan-Budidaya-Hortikultura

Membudidayakan tanaman Hortikultura ini tentu juga mempunyai/memiliki beberapa tahapan serta juga persiapan tentunya, diantaranya sebagai berikut :

1. Persiapan lahan

Merupakan Tahap awal dari proses budidaya Hortikultura ialah sebagai hal yang terpenting disebabkan karna tanaman yang dihasilkan itu akan bergantung pada :

  1. Jenis tanaman yang kemudian akan di kembangankan, dari ukuran tanaman tersebut, serta juga usia memanennya itu haruslah di ketahui.
  2. Teknik atau pun cara didalam budidaya apa yang kemudian akan dilakukan, apakah dengan menggunakan sistem hidroponik, organik atau justru dengan teknik konvensional.
  3. Luas Bidang tanah atau juga lahan yang akan kemudian dipakai
  4. Persiapan lahan terdapat dapat atau bisa juga menggunakan cara yang moderen atau juga dengan konvensional, tentu saja terdapat kelebihan serta kekurangannya.

2. Proses Pembibitan

Pembibitan dilakukan pada saat ingin mendapatkan tanaman yang kemudian akan dibudidayakan biasanya disebut dengan perbanyakan tanaman. memperbanyak tanaman tersebut mempunyai 2 cara diantaranya generatif dan vegetatif, generatif ini dilakukan dengan penggunaan biji serta untuk vegetatif  itudilakukan dengan tangan manusia

3. Penanaman Bibit

apabila pada proses pembibitan tersebut sudah selesai maka langkah selanjutnya ialah penanaman baiknya penanamanan tersebut dilakukan di pagi hari atau juga disore hari pada saat terik matahari itu tidak terlalu panas.

4.Pemeliharaan Tanaman

Peliharaan yang dilakukan ditanaman Hortikultura ini juga haruslah lebih ekstra serta membutuhkan perhatian lebih yakni di dalam hal seperti pemupukan, penyiangan serta juga mecegah serangan hama penyakit, tentunya hal ini berbeda tanaman akan berbeda juga cara pemeliharaannya.

5. Panen

Proses terakhir yang kemudian dinantikan oleh seorang petani, yang mana hasil panen itu sesuai dengan apa jenis tanamannya bisa saja berupa seperti umbi, buah, daun serta lain lain.

Klasifikasi Hortikultura

Tanaman Hortikuktura ini juga sangat banyak jenis nya terutama seperti negara indonesia diantaranya terdapat banyak sayuran, daun, buah serta tanaman hias penjelasannya sebagai berikut:

1. Tanaman Sayur (Olerikultura)

Tanaman-Sayur-(Olerikultura)

Tanaman yang pertama akan kita bahasa adalah ini ialah olerikultura atau tanaman sayur. tanaman tersebut sangat mudah kita jumpai dikehidupan kita sehari-hari disebabkan karna kita gunakan sebagai konsumsi. tanaman sayuran ini terbagi menjadi 2 macam diantaranya sayuran tanam musiman serta sayuran tanam tahunan.

Terdapat dua kelompok yakni

1.Klasifikasi botani

Klasifikasi tanaman botani ini tidak ubahnya menyerupai seperti tanaman-tanaman lain pada umumnya. Gambaran umum mengenai pembagian terstruktur botani tanaman sayuran diantaranya sebagai berikut :

Divisi:

  1. Alga dan jamur (Thallophyta)
  2. Lumut dan kerakap (Bryophyta)
  3. Paku-pakuan (Pterydophyta)
  4. Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)

B. Klasifikasi bab yang dikonsumsi

1) Sayuran akar:

  1. Pembesaran akar tunggang , misalnya seperti lobak(raphanus sativus) ,wortel (Daucus carota) ,dan bit gula (beta vulgaris).
  2. Pembesaran akar lateral , misalnya singkong (manihot esculenta) serta ubi jalar (ipomoea batatas).

2) Sayuran batang

  1. Batang atas tanah serta tidak berpati , misalnya ialah seperti kohlrabi (brassica oleracea grup gongylodes) serta asparagus (asparagus sp).
  2. Batang bawah tanah serta berpati , misalnya ialah seperti talas (colocasia esculenta), kentang (solanum tuberosum) , dan yautia (xanthosola saggitifolium).

3) Sayuran daun

  1. Kelompok bawang (yang dikonsumsi merupakan bab bawang daun) misalnya ialah seperti bawang Bombay (Allium cepa grup Aggregatum), bawang merah (Allium cepa)  , dan bawang putih (Allium sativum).
  2. Kelompok berdaun lebar
      1. Dikonsumsi yakni sebagai lalapan ,misalnya ialah seperti kubis (Brassica oleracea grup Capitata), selada (lactuca sativa) serta seledri besar (Apium graveolens).
  3. Dikonsumsi setelah dimasak (termasuk itu batangnya yang lunak) , misalnya seperti bayam

4) Sayuran buah

  1. Buah muda , misalnya ialah seperti timun (Cucumis sativus ,) aneka macam jenis dari kacang-kacangan menyerupai seperti kacang kapri (Pisum sativum) serta juga terong (Solanum melongena)
  2. Buah cukup umur , misalnya dari family cucurbitaceae yakni (labu siam ,  gambas, timun ) serta juga dari family Solanaceae (tomat ,cabai)

5) Sayuran bunga atau juga tunas bunga muda , misalnya seperti kubis bunga serta brokoli.
6) Jamur (mushroom) ubu menyerupai jamur kuping , jamur merang , jamur kayu.

2.Tanaman Buah (FurtiKultur)

Tanaman-Buah-(FurtiKultur)

Tanaman yang selanjutnya ini ialah tanaman yang menghasilkan buah serta  di dalam menanamnya terdapat beberapa hal yang kemudian  perlu diperhatikan.

Dengan berdasarkan jumlah ovari penyusunya , buah tersebut bisa atu dapat di kualifikasikan atas berdasarkan kelompok diantaranya :

1. Buah sederhana berdaging(pericarp atau dinding ovari berdaging)

  1. Tipe bery misalnya seperti buah tomat atau anggur (Vitis vinefera)
  2. Tipe pome , misalnya seperti buah apel (molus domestica)
  3. Tipe drupe misalnya seperti buah zaitun ,peach , chery , dan palum
  4. Tipe hesperedium  seperti misalnya buah jeruk(citrus sp)
  5. Tipe pepo , misalnya seperti buah tanaman yang tergolong family Cucurbitaceae

2. Buah sederhana tidak berdaging ( pericarpenya kering) , yang bisa atau dapat di golongkan menjadi:

Golongan di hiscent (membuka serta juga menyebarkan biji pada pada saat matang , yang dapat atau bisa di kelompokan lagi menjadi:

  1. Tipe legum (polong) , misalnya seperti buah kacang-kacangan.
  2. Tipe policle , misalnya seperti buah eucalyptus sp.
  3. Tipe silique , misalnya seperti buah mustard (brasicia nigra)

Golongan indehiscent (tidak membuka serta tidak menyebarkan biji pada saat matang) yang dapat atau bisa di kelompokan lagi menjadi:

  1. Tipe achene ini misalnya bunga bunga matahari (helianthus anus)
  2. Tipe caryopis (biji-bijian misalnya buah jagung
  3. Tipe nut , misalnya buah hazel nut
  4. Tipe samar misalnya buah mapel

3. Buah agregat , ini merupakan buah yang berasal dari beberapa ovari pada bunga yang sama , baik ovari itu bergrombol atau juga menyebar di 1 resptekel , yang setelah itu menyatu menjadi 1 buah. Contoh buah dari tipe ini misalnya seperti pada tanaman strobery (fragari frasta)

4. Buah majemuk , ini merupakan buah yang berasl dari beberapa ovari dari beberapa bunga , kemudian menyatu menjadi 1 masa. Contoh buah jenis ini misalnya seperti pada tanaman nanas (Anasnas comosus)

3. Tanaman Hias (Florikultura)

Tanaman-Hias-(Florikultura)

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman bukan untuk di konsumsi namun tetapi hanya untuk dinikmati keunggulan atau keunikan serta juga keindahannya saja ada juga beberapa orang yang menggunakan untuk kemudian di perjual belikan.

1. Tanaman hias ini adalah bunga untuk pot serta atau bunga potong , misalnya seperti aneka macam jenis krisan (chrysanthemum morifolium) , anggrek (orchidaceae) ,  mawar(rosa sp) , keladi (anthurium andreanum) anyelir (dianthus charyopyllus) , kembang sepatu (hibiscus rosa-sinensis), nanas hias (ananas comosus) ,  dll.
2. Tanaman hias tidak berbunga , ini menyerupai palem kuning(chrysalidocarpus lutesences) , pinus(pinus sp.) camera , lidah buaya ,beringin , suplir ,bambu ,puring ,hanjung dll.
3. Rumput-rumputan , ini menyerupai rumput pait ,rumput gajah , rumput manila , rumput australia dll.

4. Tanaman Obat (Biofarmaka)

Tanaman-Obat-(Biofarmaka)

Tanaman yang mempunyai manfaat serta fungsi di dalam menyembuhkan penyakit atau juga untuk mencegah terjangkitnya penyakit yang biasa kita sebut dengan sebutan tanaman herbal.

Ciri Tanaman Hortikultura

Ciri-Tanaman-Hortikultura

Adapun ciri atau karakteristik dari tanaman hortikultura ini ialah sebagai berikut :

  1. Cepat sekali rusak atau juga layu disebabkan karna mempunyai kandungan air yang cukup banyak
  2. Mutu atau juga kualitas dari produk nya juga di lihat dari kondisinya apabila segar tentu artinya masih dalam keadaan baik
  3. Harga nya juga dapat dilihat dari kualitas keadaan dari produk nya.
  4. Lebih dominan kandungan vitamin didalam nya apabila dibandingan dengan kandungan karbohidratnya

Contoh Tanaman Hortikultura

Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari tanaman hortikultura diantaranya

  1. Tanaman Buah : jeruk, rambutan, strawberry, mangga, durian, semangka, dan sawo.
  2. Tanaman Sayuran : kol, tomat, sawi, kacang-kacangan, bayam, dan sebagainya.
  3. Tanaman Hias : anggrek, calathea, mawar, lidah buaya, dan
  4. Tanaman obat : kunyit, jahe, kumis kucing, dan cabe jawa.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Hortikultura, Klasifikasi, Manfaat, Fungsi dan Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Mitosis, Ciri dan Tahap Pembelahan
Lihat Juga  √ Pengertian Apresiasi
Lihat Juga  √Pengertian, Ciri, Jenis, Syarat dan Kerangka Pada Cerpen