Kreatif adalah

Diposting pada

Hidup manusia memang unik masing-masing orang memiliki hazanah hidup yang dipengaruhi dan dibentuk oleh banyak faktor. Ada faktor orang tua, teman dekat, keluarga, lingkungan, buku, atau guru. Besar kecilnya faktor-faktor tersebut memang tidak sama pada setiap orang. Akan tetapi, satu hal yang jelas, karakteristik dan jalan hidup manusia merupakan jalinan yang saling berkaitan dari beragam faktor tersebut. Hal inilah yang menjadikan setiap orang memiliki hazanah dan pengalaman hidup yang tidak sama.

Pada dasarnya setiap orang mempunyai bakat dan keahlian tersendiri, baik secara fisik maupun batin. Akan tetapi bakat dan keahlian tersebut banyak yang tidak berkembang atau tidak dieksplorasikan bahkan hilang karena ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu, salah satunya adalah tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitarnya, tidak adanya fasilitas yang bisa membantu mengembangkan bakat tersebut. Akhirnya keahlian yang dimiliki oleh seseorang tidak muncul. Oleh karenanya disini akan dibahas terkait dengan hal itu.

Kreatif-adalah

Pengertian Kreatif

Definisi kreatif itu terkadang digunakan oleh para pengguna bahasa, baik itu yang bertujuan positif ataupun juga untuk negatif. Secara sederhananya pengertian kreatif adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang (atau sekelompok orang) yang memungkinkan untuk membuat mereka menemukan pendekatan-pendekatan atau juga terobosan baru dalam menghadapi situasi atau juga sauatu masalah tertentu yang biasanya itu tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara yang baru serta juga unik yang berbeda dan juga lebih baik dari sebelumnya.

Kata “Kreatif” tersebut merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris To Create, yang juga merupakan singkatan dari :

  1. Combine (menggabungkan)=penggabungan sebuah hal dengan hal yang lain;
  2. Reverse (membalik)=membalikan beberapa bagian atau juga proses;
  3. Eliminate (menghilangkan)=menghilangkan beberapa bagian;
  4. Alternatif (kemungkinan)=menggunakan cara / metode yang lain;
  5. Twist (memutar)=memutarkan sesuatu dengan ikatan;
  6. Elaborate (memerinci)=memerinci atau juga menambahkan sesuatu

Pada saat teman-teman mendegar kata kreatif atau juga kreativitas, apa yang tergambar atau juga terbayang dalam benak teman-teman? itu Sebagian dari kita mungkin membayangkan para seniman. Namun, pada kenyataannya kreatif serta kreativitas itu jauh lebih baik luas dari yang kita bayangkan.

Kreatif terebut berarti memiliki kreativitas, yakni suatu kemampuan untuk dapat menciptakan sesuatu. Hal tersebutlah yang membedakan manusia dengan makhluk Tuhan yang lainnya. Kreativitas tersebut merupakan suatu naluri yang terdapat sejak lahir. Oleh karenanya, tiap-tiap manusia pada dasarnya itu juga kreatif. Namun, hanya saja diperlukan suatu usaha lebih dari manusia tersebut dalam mengembangkan kreativitasnya.


Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Sering kali kita mendengar kata kreatif itu digunakan dalam lingkungan kita. Hal tersebut membuat para ahli untuk menggemukakan pendapatnya mengenai definisi dan pengertian Kreatif tersebut, nah oleh sebab itu dibawah ini merupakan pengertian kreatif yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya :


  1. Kreatif menurut Hasan &  Azis Nik

Termiologi kreatif tersebut berasal daripada perkataan Latin ‘creare’ yang bermaksud untuk membuat (to make). Ketika bahasa Greek juga, Krainein yang membawa makna yakni memenuhi. Dalam bahasa Inggris disebut ‘create’ atau juga ‘cipta’ didalam bahasa Melayu.

Lihat Juga  √ Fakta dan Opini : Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

  1. Kreatif menurut Supriadi

Beliau mengutarakan bahwa pengertian kreatif merupakan suatu kemampuan seseorang untuk dapat melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa suatu gagasan maupun karya nyata yang relatifnmya berbeda dengan apa yang sudah ada sebelumnya. Kreativitas tersebut merupakan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi didalam kemampuan berpikir, ditandai oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, serta juga integrasi antara tahap perkembangan.


  1. Kreatif menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1990: 456) Kreatif merupakan suatu kemampuan untuk dapat menciptakan atau daya cipta , kreativitas tersebut juga dapat bermakna ialah sebagai kreasi terbaru danjuga orisinil yang tercipta, sebab kreativitas merupakan suatu proses mental yang unik untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda serta juga orisinil. Kreativitas adalah aktivitas/ kegiatan otak yang teratur komprehensif, imajinatif yang mengarah pada suatu hasil yang orisinil.


  1. Kreatif menurut Semiawan

Beliau mengemukakan bahwa definisi kreatif adalah suatu kemampuan untuk dapat memberikan gagasan baru dan juga menerapkannya dalam pemecahan masalah.


  1. Kreatif menurut Chaplin

Chaplin menyatakan bahwa pengertian kreatif merupakan suatu kemampuan dalam menghasilkan bentuk baru dalam seni, atau, permesinan, atau juga dalam dalam menyelesaikan masalah-masalah dengan metode cara yang baru.


  1. Kreatif menurut Utami Munandar

Utami Munandar (1992:47) menyatakan juga bahwa pengertian kreatif merupakan suatu  kemampuan untuk dapat membuat kombinasi baru, dengan berdasarkan data, informasi, atau juga unsur-unsur yang ada”.


  1. Kreatif menurut Clarkl Monstakis

Beliau mengatakan bahwa kreatif tersebut merupakan pengalaman didalam mengekspresikan dan juga mengaktualisasikan identitas individu didalam suatu bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam serta juga  orang lain.


  1. Kreatif menurut Kuper

pengertian Kreatif adalah suatu  konsep yang majemuk serta juga multi-dimensial, sehingga sulit untuk didefinisikan dengan secara operasional. Definisi sederhana yang sering digunakan dengan secara luas mengenai kreativitas adalah kemampuan untuk dapat menciptakan sesuatu yang baru. Wujudnya merupakan suatu tindakan manusia. Dengan melalui suatu proses kreatif yang berlangsung dalam benak orang atau juga pada sekelompok orang, produk-produk kreatif tercipta.


  1. Kreatif menurut Kamus Webster’s

Kamus Webster’s (1976) kreatif ialah ” The ability to bring something new existence”. Definisi tersebut menunjukan bahwa kreatif merupakan kebolehan dalam mewujudkan sesuatu yang baru sama sekali.


  1. Kreatif menurut Sternberg

Beliau mendefinisikan kreatif merupakan seorang yang dapat berpikir dengan secara sintesis artinya dapat melihat hubungan-hubungan yang mana orang lain itu tidak mampu untuk melihatnya yang juga mempunyai kemampuan untuk dapat menganalisis ide-idenya sendiri juga kemampuan untuk mengevaluasi nilai ataupun juga kualitas karya pribadinya, mampu untuk menterjemahkan teori dan juga hal-hal yang abstrak ke dalam ide-ide yang lebih praktis, sehingga seorang tersebut untuk mampu meyakinkan orang lain mengenai masukan ide-ide yang akan dikerjakannya.


Aspek-Aspek Kreatif

Aspek-Aspek-Kreatif

Berdasarkan pertimbangan itu, kita dapat melihat kreatif ke dalam empat aspek.

  • Kreatif itu dimaknai sebagai sebuah kekuatan atau energi yang ada dalam diri individu. Energi ini menjadi daya dorong bagi seseorang untuk melakukan sesuatu dengan cara atau untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Menurut Robert Franken, ada tiga dorongan yang menyebabkan orang bisa kreatif, yaitu (a). Kebutuhan untuk memiliki sesuatu yang baru, bervariasi dan lebih baik, (b). dorongan untuk mengomunikasi nilai dan ide, (c). keinginan untuk memecahkan masalah. Ketiga dorongan itulah yang kemudian membuat seseorang untuk berkreasi. Dengan kata lain, masalah kreatif ini dapat dimaknai sebagai sebuah energi atau dorongan dalam diri yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan tertentu.
  • Kreatif dimaknai sebagai sebuah proses, yaitu proses mengelola informasi, melakukan sesuatu, membuat sesuatu, atau proses yang tercermin dalam kelancaran, dan kelenturan dalam berpikir.
  • Kreatif adalah sebuah produk. Penilaian orang lain terhadap kreatif seseorang akan dikaitkan dengan produknya. Maksud dari produk ini bisa dalam pengertian produk pikiran (ide), karya tulis, atau produk dalam pengertian barang.
  • Kreatif dimaknai sebagai person. Kreatif ini tidak dialamatkan pada produknya atau pada prosesnya. Tetapi kreatif disini ditujukan pada individunya. Menurut Sternberg (dalam Sfifa 2007) seseorang yang kreatif adalah seseorang  yang  dapat berpikir secara sintesis, artinya dapat melihat  hubugan-hubungan di mana orang lain tidak dapat melihatnya, dan mempunyai kemampuan untuk menganalisis ide-idenya sendiri serta mengevaluasi nilai ataupun kualitas karya pribadinya, mampu menerjemahkan teori dan hal-hal yang abstrak ke dalam ide-ide praktis sehingga mampu meyakinkan orang lain mengenai ide-ide yang akan dikerjakannya.
Lihat Juga  √ Pengertian Matahari

Ciri-Ciri Kreatif

Terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat memposisikan seseorang masuk kedalam golongan orang-orang kreatif, ciri-ciri tersebut antara lain :

  1. Berfikir di luar otak, itu yang sering dikemukakan oleh orang-orang kreatif. Orang kreatif selalu berfikir “di luar otak”, mereka membuat sesuatu yang tak biasa dan yang bukan lazimnya. Apabila kebanyakan orang berjalan di jalur biasa, orang kreatif bisa saja mengambil jalan yang tidak biasa. Apabila orang lain berjalan di satu arah, orang kreatif berjalan ke segala arah. Orang yang berpikir di luar kotak selalu mengemukakan sesuatu yang tak dipikirkan orang lain.
  2. Tidak pernah takut dengan adanya saingan, bagi seseorang yang kreatif, bersaing adalah hal yang menyenangkan karena dengan adanya saingan berarti bisa berfikir dengan lebih keras lagi dan tidak mau tersaingi, dan apabila tidak ada saingan maka tidak akan pernah ada perbandingan. Orang yang takut bersaing berarti bukan orang yang kreatif.
  3. Selalu berfikir menggunakan otak kanan, dengan kita menjalankan otak kanan maka keberanianlah yang akan muncul dalam diri kita.
  4. Memiliki pandangan pibadi, orang-orang kreatif memiliki pandangan pribadi mereka sendiri untuk dunia yang diperhatikannya. Mereka cenderung melihat dan bereaksi terhadap hal-hal yang berbeda dan mereka bahkan cenderung untuk mendapatkan semangat atas hal-hal yang menurut orang lain belum tentu berharga.
  5. Suka tantangan, orang-orang kreatif selalu suka dengan tantangan. Mereka dapat dengan mudah memikirkan cara-cara untuk memecahkan situasi yang sulit, karena kesulitan yang sedang mereka hadapi itu akan merangsang pikiran artistik mereka.
  6. Pada umumnya kegagalan menjadi orang kreatif dan inovatif disebabkan oleh ketidakseriusan kita untuk menjadi yang lebih baik, kekuatan seseorang yang kreatif dan inovatif datangnya dari diri sendiri, serta ide yang realitis itu bukan dari orang lain.

Perlunya Memiliki Sifat Produktif dan Kreatif

Zaman semakin maju persaingan hidup makin ketat. Terjadinya persaingan hidup itu karena jumlah manusia makin banyak,  sementara bumi yang menjadi lahan tempat tinggal tidak bertambah. Selain itu lahan pertanian yang menghasilkan bahan makanan pun juga  semakin sempit akibat banyak dijadikan lokasi perumahan, tempat industri dan lain sebagainya. Sementara kebutuhan hidup manusia semakin bertambah.

Mengingat perihal tersebut di atas maka kreatifitas manusia sangat di perlukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu juga di butuhkan produktifitas yang tinggi untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Selama ini masyarakat Indonesia belum banyak yang dapat menghasilkan produk sendiri dan masih banyak yang menggunakan produk luar negeri. Allah SWT selalu mendorong hambanya untuk selalu  produktif dan kreatif sehingga mencapai sesuatu yang didambakan bersama yaitu terpenuhinya kebutuhan hidup.

Lihat Juga  √ Pengertian Simbiosis Parasitisme

Coba kalian perhatikan firman Allah SWT sebagai berikut :

Artinya : ” …sesungguhnya Allah tidak akan mengubahkeadaan suatu kaum selum merekamengubah keadaan dirimereka sendiri…”( QS Ar Ra’d : 11 )

Menurut ayat di atas ditegaskan bahwa manusia tidak boleh hanya menunggu nasib mujur, tetapi harus berusaha dngan sungguh-sungguh. Allah SWT sudah menyediakan kebutuhan hidup manusia, akan tetapi manusia harus berusaha untuk mendapatkannya.

Bukan hanya dibidang usaha yang diperintahkan Allah swt. Untuk selalu kretif, produktif daninovatif, di dalam hukum islam ternyata juga perlu adanya sikap-sikap tersebut, hal ini di butuhkan karena banyaknya permasalahan yang di hadapi oleh mat islam yang berhubungan dengan syariat ini.

Dalam dunia islam kita mengenal banyak ulama yang dengan kretif dan inovatif, merintis metodologi untuk menarik kesimpulan hukum berdasarkan pada argumen-argumen dan kerangka berfikir yang ia bangun seperti Imam Al Ghazali, Muhammad Abduh, Ibnu taimiyah dan lain sebagainya mereka mendapatkan gelar Mujtahid, sedangkan ulama-ulama yang mengikuti pemikiran dan metodologi yang telah dirintis oleh gurunya di sebut Muqtadi atau Muttabi.


  • Nilai Keuntungan ( Positif ) Dimilikinya Sikap Produktif dan Kreatif

Keuntungan yang dapat dicapai dari sikap produktif dan kreatif   adalah  sebagai  berikut:

  1. Dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga karyanya di minati oleh banyak orang
  2. Memperoleh hasil yang cukup banyak dari karyanya.
  3. Tercukupinya kebutuhan hidup sehingga dapat hidup yang layak.
  4. Kepuasan batin karena mampu menghasilkan sesuatu yang diminati oleh banyak orang
  5. Bertambah banyaknya hubungan persaudaraan sehinnga hidup terasa lebih nyaman.

Contoh Kreatif

Contoh-Kreatif

Dibawah ini merupakan contoh kreatif yang paling sering kita temukakan disekitar kita :


  • Dalam Kesenian

kita tentu pernah melihat orang yang menyanyikan sebuah lagu, nah lagu tersebut diciptakan oleh orang yang masuk kedalam golongan orang yang kreatif, begitu juga orang yang melakukan aransemen musik pada lagu yang diciptakan membutuhkan kreatif yang juga tinggi karena harus menyesuaikan dengan tema lagu sehingga akan mempeindah lagu tersebut.


  • Dalam Kewirausahaan / Produk

Pasti kita juga pernah mendengar sepatu atau baju dengan segala macam desain, nah orang yang membuat desain baju atau sepatu tersebut disebut dengan desainer, desainer tersebut masuk kedalam orang yang kreatif karena mampu menciptakan berbagai macam bentuk desain.

Nah itulah beberapa contoh dari orang yang kreatif, contoh tersebut adalah ulasan terakhir mengenai Pengertian Kreatif, Ciri dan Contoh Menurut Para Ahli. semoga dapat bermanfaat untuk anda.


  • Dalam Sekolah

Didalam Pembelajaran disekolah  kreatif  dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda , yaitu :

  1. mengajar secara kreatif (creative teaching) dan
  2. mengajar untuk kreativitas (teaching for creativity).

Mengajar dengan secara kreatif ini menggambarkan bagaimana guru dapat menggunakan pendekatan-pendekatan yang imajinatif sehingga akan membuatu aktivitas / kegiatan belajar itu  dapat semakin lebih menarik, yang akan membangkitkan gairah, dan efektif. Sedangkan untuk mengajar untuk kreativitas ini berkaitan dengan penggunaan bentuk-bentuk pembelajaran yang ditujukan untuk dapat mengembangkan para siswa supaya memiliki kemampuan berfikir dan juga berperilaku kreatif.


Baca Juga :