√ Pengertian Pasar Oligopoli, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Pasar, yang mana pasar yang dimaksud adalah pasar oligopoli. untuk lebih jelasnya akan dibahas dibawah ini :

Pengertian Pasar Oligopoli, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Pasar Oligopoli

Pengertian Pasar Oligopoli merupakan suatu pasar yang mana di dalamnya itu terdapat beberapa produsen/ penjual yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau juga pembeli.

Pengertian Pasar Oligopoli ini merupakan salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna yang mana barang yang dijual di pasar ini memiliki sifat homogen atau sulit untuk dibedakan meskipun produsennya itu ada beberapa. Jenis pasar tersebut biasanya didominasi oleh lebih dari dua produsen namun tidak lebih dari sepuluh (10)produsen.

Pada dasarnya produsen di pasar persaingan Oligopoli aktif ini  melakukan promosi atau iklan karena produk yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan juga dapat saling menggantikan. Dengan melalui iklan atau promosi tersebut produsen membentuk sebuah persepsi konsumen mengenai perbedaan suatu produk dengan produk lain yang terdapat di PASAR.

Ketatnya persaingan antar produsen di pasar Oligopoli ini membuat para mereka melakukan berbagai upaya atau trik agar dapat bertahan. Persaingan di pasar tersebut berpengaruh pada penentuan harga produk yang dijual, pada saat salah satu perusahaan menurunkan harga maka perusahaan lain juga akan melakukannya agar tidak kehilangan konsumen.

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

Cukup sulit untuk dapat membedakan pasar persaingan Oligopoli dengan bentuk pasar lainnya. Namun, tetap terdapat beberapa ciri khas jenis pasar ini sehingga dapat diketahui.

Mengarah pada pengertian yang dijelaskan di atas, ciri-ciri dari pasar Oligopoli ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Umumnya terdapat lebih dari dua produsen (tapi kurang dari sepuluh) yang menguasai pasar ini.
  2. Jenis produk yang dijual di pasar ini bersifat homogen serta dapat saling menggantikan. Contohnya, sabun mandi dengan berbagai pilihan bentuk, warna, serta aroma.
  3. Kebijakan produsen utama yang menguasai pasar biasanya itu akan berpengaruh terhadap kebijakan produsen lainnya.
  4. Harga barang di pasar ini cenderung sama atau hanya ada perbedaan kecil.
  5. Produsen atau penjual baru akan sangat sulit untuk dapat memasuki pasar ini karena biasanya produsen lama akan bermain harga untuk dapat lebih menarik konsumen.
  6. Dibutuhkan strategi promosi/ iklan dan juga inovasi secara terus menerus supaya dapat bertahan di pasar ini.

Jenis-Jenis Pasar Oligopoli

Secara umum, terdapat dua jenis pasar persaingan Oligopoli, diantaranya sebagai berikut:

1. Pasar Oligopoli Murni

Bentuk pasar pasar ini disebut juga dengan sebutan Pure Oligopoli, yaitu jenis pasar yang di dalamnya itu terdapat beberapa produsen yang mana produk yang dijual itu sifatnya identik atau sama sehingga sulit untuk dapat dibedakan.

Cara untuk dapat mengenali produk perusahaan tertentu dapat dilakukan dengan cara melihat merk atau brand pada kemasan produk. Contohnya seperti adalah industri air mineral, semen, seng, serta lain-lain.

2. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi

Jenis pasar ini disebut juga dengan sebutan Differentiated Oligopoly, yakni pasar yang di dalamnya itu terdapat beberapa produsen yang mana produk yang dijual sifatnya homogen.

Produk pada pasar jenis tersebut sangat sulit dibedakan kualitasnya, namun dapat dibedakan dengan melihat coraknya. Contohnya seperti industri sabun, rokok, sepeda motor, serta lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli

Semua bentuk pasar tentu punya kelebihan serta juga kekurangannya masing-masing. Sama juga halnya dengan jenis pasar oligopoli yang satu ini.

Sesuai dengan penjelasan di atas, dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari pasar Oligopoli diantaranya sebagai berikut:

1. Kelebihan Pasar Oligopoli

Konsumen dapat memilih produk sesuai dengan keinginannya disebabkan karena pada pasar ini menyediakan banyak sekali pilihan.
Ketatnya persaingan antar produsen tersenut memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen, yakni kesadaran produsen mengenai pentingnya produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.
Umumnya produsen di pasar Oligopoli ini selalu melakukan inovasi terhadap produk serta juga pelayanannya sehingga dengan sendirinya produk tersebut akan terus berkembang.

2. Kekurangan Pasar Oligopoli

Produsen baru akan kesulitan untuk dapat masuk ke pasar ini disebabkan karena persaingannya sangat ketat.
Sering terjadi perang harga diantara produsen untuk dapat menarik / memikat lebih banyak konsumen.
Memerlukan modal besar untuk dapat melakukan promosi/ iklan dengan secara terus menerus supaya dikenal/ diingat oleh konsumen, serta produknya dapat dibedakan dengan produk dari produsen yang lain.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Pasar Oligopoli, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Fenotipe dan Genotipe, Konsep & Perbedaannya
Lihat Juga  √ AFNEI : Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia
Lihat Juga  √ Pengertian Protozoa, Jenis, Ciri, Klasifikasi & Reproduksi