√ Pengertian Sosialisasi, Tujuan, Macam, Fungsi, Media, Dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai Sosialisasi, adapun penjelasannya sebagai berikut :

Pengertian Sosialisasi, Tujuan, Macam, Fungsi, Media, Dan Contohnya

Pengertian Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi merupakan suatu proses penanaman atau pembalajaran kebiasaan atau nilai serta juga aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok masyarakat. Sejumlah sosiolog juga menyebut sosialisasi ialah sebagai teori mengenai peranan (role theory).

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Nah untuk lebih mengerti mengenai pengertian sosialisasi ini, dibawah ini akan dikemukakan juga pengertian sosialiasi yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, diantaranya sebagai berikut :

1. Soejono Dirdjosisworo

Menurut Soejono Dirdjosisworo (1985), pengertian sosialisasi ini mengandung tiga (3) arti, diantaranya:

  1. Proses belajar
    Merupakan proses akomodasi yang manan individu menahan, mengubah impuls- impuls dalam dirinya serta juga mengambil cara hidup atau juga kebudayaan masyarakatnya.
  2. Kebiasaan
    Didalam bersosialisasi tiap-tiap individu mempelajari kebiasaan, sikap, ide-ide, pola-pola nilai serta juga tingkah laku, dan ukuran kepatuhan tingkah laku yang ada didalam masyarakat tempat dia hidup.
  3. Sifat dan kecakapan
    semua sifat serta juga kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi tersebut disusun dan dikembangkan ialah sebagai sebuah kesatuan dalam diri seseorang.

2. Charlotte Buhler

Pengertian sosialisasi merupakan suatu proses yang membantu anggota masyarakat untuk belajar serta juga untuk dapat menyesuaikan diri tentang bagaimana tata cara hidup serta juga bagaimana cara berpikir kelompoknya, supaya dia dapat berperan serta juga berfungsi dalam kelompok tersebut.

3. Peter L. Berger

Pengertian sosialisasi merupakan suatu proses seorang anak itu belajar menjadi anggota yang ikut berkontribusi dalam masyarakat.

4. Greenberg

Pengertian sosialisasi merupakan suatu proses untuk dapat mentransformasikan individu kepada pihak luar supaya dapat ikut dan juga berpartisipasi dengan secara aktif sebagai anggota suatu organisasi.

5. Gibson

Sosialisasi merupakan sebuah aktivitas atau kegiatan dari organisasi untuk mewujudkan serta juga mengintegrasikan tujuan organisasi atau juga individu. Sehingga dari dua pengertian sosialisasi itu terdapat dua kepentingan yang berbeda, yaitu kepentingan individu dan juga kepentingan organisasi.

6. Robert M.Z. Lawang

Ssialisasi merupakan suatu proses dalam mempelajari norma, nilai, peran, serta juga semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan berpartisipasi yang efektif didalam kehidupan sosial.

7. Karel J.Veeger

Pengertian sosialisasi merupakansuatu proses belajar mengajar. Contoh: orang tua mendidik anaknya tata krama serta juga sopan santun.

8. Bruce J. Cohen

Pengertian sosialisasi merupakan suatu proses pembelajaran seorang individu terhadap nilai-nilai serta juga norma-norma yang ada didalam masyarakat sehingga seseorang tersebut dapat menjadi bagian dari masyarakat.

Tujuan Sosialisasi

Dibawah ini merupakan tujuan dari sosialisasi, diantaranya sebagai berikut :

  • Sosialisasi  inidapat membantu seseorang dalam meraih identitas dirinya baik itu dengan secara fisik maupun mental.
  • Sosialisasi ini juga membantu tiap-tiap individu maupun kelompok itu dalam mengembangkan potensi humanistik yang ada, serta juga membantu individu atau juga kelompok untuk dapat belajar bagaimana hidup dalam masyarakat sosial.
  • Sosialisasi ini juga memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk bertahan didalam kehidupan sosial.
  • Sosialisasi ini juga membantu tiap individu atau kelompok dalam mengimitasi kebudayaan.

Fungsi Sosialisasi

Dibawah ini merupakan fungsi sosialisasi dikategorikan dalam 2 macam jenis, diantaranya :

Dari Segi Kepentingan Individu

Sosialisasi ini bertujuan supaya seorang individu itu dapat mengenal, mengakui serta juga menyesuaikan dirinya dengan nilai, norma dan juga struktur sosial yang terdapat dalam masyarakat.

Dari Segi Kepentingan Masyarakat

Sosialisasi ini juga bertujuan sebagai alat dalam pelestarian, penyebarluasan serta jugan mewariskan nilai, norma maupun kepercayaan yang terdapat di dalam masyarakat. Sehingga nilai-nilai, norma-norma serta kepercayaan itu bisa terpelihara dan terlestarikan oleh semua anggota masyarakat.

Macam-Macam Sosialisasi

Dibawah ini merupakan beberapa macam sosialisasi, diantaranya sebagai berikut.

Sosialisasi Primer

Sosialisasi primer ini merupakan sosialisasi pertama yang dijalani oleh seseorang pada saat masih anak-anak, dan juga untuk sosialisasi ini menjadi pintu bagi seseorang untuk bisa memasuki keanggotaan di dalam suatu masyarakat. Tempat sosialisasi primer itu adalah keluarga. Sosialisasi jenis ini akan mempengaruhi individu untuk dapat atau bisa membedakan mana dirinya sendiri dengan mana orang-orang yang ada di sekitarnya.

Dalam tahapan tersebut peranan orang-orang terdekatnya itu sangat diperlukan, disebabkan karena anak-anak masih melakukan pola interaksi yang terbatas di dalam dirinya. Sosialisasi primer tersebut dapat menjadi tempat untuk bisa menanamkan nilai budaya yang dianut oleh keluarganya contohnya seperti agama, aturan keluarga dan lain sebagainya.

Sosialisasi Sekunder

Sosialisasi sekunder merupakan sosialisasi yang selanjutnya dilakukan oleh tiap-tiap individu. Sosialisasi sekunder ini akan memperkenalkan individu mengenai cakupan yang lebih besar yakni lingkungan masyarakat. Sosialisasi jenis ini akan mengajarkan nilai-nilai yang baru yang berada di luar lingkungan keluarga contohnya seperti lingkungan bermain, sekolah dan lain sebagainya.

Dalam proses sosialisasi sekunder ini seseorang akan diajarkan guna menerima nilai-nilai serta jua norma-norma yang baru. namun kadang kali proses sosialisasi sekunder ini menjadi yang mendominasi terhadap pembentukan sebuah sikap dari individu, disebabkan karena dalam sosialisasi ini seseorang akan banyak sekali melakukan adapatasi dengan berbagai macam lingkungan masyarakat.

Media Sosialisasi

Dibawah ini merupakan media yang digunakan didalam sosialisasi, diantaranya:

Keluarga

Keluarga merupakan media sosialisasi yang pertama (primer) seperti yang dijelaskan diatas,  Media keluarga ini merupakan pengajaran dan pengenalan nilai dan norma diterima oleh anak itu pertama kali.

Teman

Teman bermain itu menjadi media sosialisasi setelah keluargamya. Seorang anak akan belajar berinteraksi dengan orang lain yang sebaya dengannya. Pada saat proses sosialisasi dengan temannya itu, seseorang anak juga akan mempelajari norma-norma serta juga nilai-nilai yang baru yang ada di temannya.

Sekolah

Seorang anak juga akan mengalami proses sosialisasi di lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan tersebut bisa memberikan pengaruh yang sangat besar kepada seorang anak disebabkan karena lembaga pendidikan merupakan tempat untuk menimba ilmu, melatih keterampilan, melatih kemandirian membentuk kepribadian dan lain sebagainya. Dan disana juga seorang anak akan banyak sekali melakukan interaksi dengan banyak teman yang sebaya dengannya.

Media Massa

Media massa ini juga dapat menjadi media dalam proses sosialisasi dengan melalui media cetak dan juga media elektronik. Media massa tersebut juga dapat mempengaruhi dan mengajarkan kepada seorang individu mengenai sagala macam hal yang belum dia ketahui, baik itu hal yang positif maupun juga hal yang negatif.

Contoh Proses Sosialisasi

Dibawah ini merupakan beberapa contoh proses sosialisasi didalam kehidupan sosial, diataranya:

  1. Dalam Keluarga
    Terdapat banyak sekali macam proses sosialisasi yang terjadi untuk lingkungan keluarga, seperti makan bersama, diskusi keluarga, dan lain sebagainya.
  2. Dalam Lingkungan Pergaulan
    Contoh proses sosialisasi yang terjadi didalam lingkungan pergaulan ialah diskusi, bermain bersama, dan lain sebagainya.
  3. Dalam Sekolah
    Proses sosialisasi yang terjadi di dalam lingkungan sekolah ialah belajar bersama, berinteraksi dengan teman, guru, staff, serta juga berorganisasi.

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Sosialisasi, Tujuan, Macam, Fungsi, Media, Dan Contohnya, semoga apa yang dijelaskan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima Kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Repeater, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan
Lihat Juga  √ Pengertian Dekonsentrasi, Tujuan, Ciri Dampak dan Contohnya
Lihat Juga  √ Tesaurus Dan Kamus : Pengertian, Ciri, Perbedaan & contohnya