√ Pengertian Tulang Belikat, Ciri, Bentuk, Fungsi, Strukur dan Pelekat

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Tulang Belikat, penjelasan mengenai Tulang Belikat ini juga diikuti dengan beberapa point penting seperti struktur dan otot pelekat dari Tulang Belikat, penjelasan selengkapnya akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Tulang Belikat, Ciri, Bentuk, Fungsi, Strukur dan Pelekat

Pengertian Tulang Belikat

Di dalam anatomi manusia terdapat tulang belikat atau di dalam bahasa inggris itu disebut scapula, shoulder blade serta dalam bahasa Latin disebut juga dengan omo ini merupakan tulang yang menghubungkan tulang lengan dan juga tulang selangka.

Tulang belikat ini berada di daerah bagian bahu atau juga bagian tubuh atas, tepatnya itu pada belakang tulang rusuk atas. Tulang belikat manusia teresebut memiliki bentuk pipih dan dengana secara anatomi itu memiliki bentuk seperti segitiga. Tulang belikat ini memilliki peran ssebagai penghubung antara tulang klavikula atau tulang belikat itu dengan tulang lengan atas (tulang humerus).

Tubuh Tulang Belikat / Scapula

Punggung dan juga kosta itu merupakan suatu dua permukaan yang bisa membentuk tulang punggung. Dibentuknya dengan proses segitiga yang begitu luar biasa , sehingga dari situ terbentuklah 2 possae yang dikenal dengan tulang skapla.

yang menjadi pembatas dalam melintasi permukaan dosal yang mengarah tubuh miring lateral dan juga agak ke bagian keatas. Pembentukan dilaksanakan oleh perbatasan vertebrata pada pusat tepi glenoid posterior yang mana dilakukan tulang belakang.

Kedudukan terbesar pada scapular ini ialah untuk memisahkan tulang belakang itu dengan tepi glenoid. Di kedudukan scapular itu pemuluh mlintang serta saraf supra-scapular sementara pada bagian tulang belakang untuk permukaan dorsal, yang dibagi 2 diantaranya supraspinata serta fosaa infraspinous.

Keduannya itu akan saling berhubungan antar satu sama lain lewat satu kedudukan scapular yang mana permukaan dorsal itu mempunyai tepi atas serta tepi bawah yang paling berbibir sehingga bisa atau dapat secara mudah melayani penyisipan trapezium dan juga deltoid dimasing-masing asalnya.

Didalam fase fosaa subskapularis itu memiliki batas media yang pembentukannya itu dimulai dari tepi bibir anterior yang terdapat di margin vertebral yang memberikan serat-serat penyisipan otot sepanjang serat itu.

Fungsi Tulang Belikat

Dibawah ini merupakan fungsi dari tulang belikat diantaranya sebagai berikut :

  • Sebagai penghubung antara otot antendon pada bagian lengan serta punggung, yang memungkinkan terjadinya gerakan diantara ke-2 bagian itu seperti disaat sedang merenggangkan tubuh atau jugaa mengangkat tangan jauh ke atas sampai tulang pungung ikut itu terangkat ke atas.
  • Berperan juga di dalam pergerakan organ gerak atas seperti halnya tangan serta membantu didalam melakukan pergerakan pada bagian tersebut dan juga di dalamnya itu terdapat otot sehingga mempunyai permukaan yang kuat dan juga lentur.
  • Sebagai tempat melekatnya tenden yang terdapat di bagian leher, tendon yang terdaapat di bagian dada, dan juga tempat melekatnya beberapa otot tubuh yang lain.
  • Berperan di dalam pergerakan pada bagian bahu serta tempatnya otot menempel ittu sehingga tulang belikat terseebut dapaat atau bisa mempunyai permukaan yang solid.

Ciri dan Bentuk Tulang Belikat

Adapun Ciri dan Bentuk Tulang Belikat ini diantaranya :

  • Bentuknya ini seperti sekeping tulang pipih yang berbentuk segitiga
  • Memiliki Ukuran besar
  • terletak pada bagian belakang dari tulang rusuk.

Struktur Bagian Tulang Belikat

Tulang belikat ini mempunyai 2 permukaan (fascia), tiga sudut (angulus) dan juga tiga sisi (margo).

Pengertian Tulang Belikat, Ciri, Bentuk, Fungsi, Strukur dan Pelekat

Permukaan (Fascia)

Permukaan anterior

Permukaan anterior disebut juga dengan fossa subs-kapularis, ini merupakan suatu permukaan tulang belikat yang beraadda paling dekat dengan iga (tulang rusuk) serta juga sebagai tempat dalam melekatnya otot subscapiluralis.

Permukaan posterior

Permukaan posterior ini terdiri dari beberapa belebas yang disebut dengan sebtuan“spina” dari scapula yang bisa atau dapat berjalan menyebrangi permukaan spina tersebut sampai berakhir menjadi proses akronium yang dapat menutupi sendi bahu, belebas ini juga dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

  • Proseus Akronium, ini merupakan suatu bagian yang bisa atau dapat menutupi sendi bahu, belebas ini terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya fossa suprapinosus dan juga fossa infraspinosus. Pada manusia serta hewan pemakan daging (karnivora) itu mempunyai sedikit perbedaan tentangn tulang scapulannya yakni diujungnya itu terdapat acroniom.
  • Processus Coracoideus, ini merupakan suatu bagian berupa tonjolan yang berasal dari bagian utama scapula itu sendiri, bagian tersebut juga ditempeli oleh beberapa otot, salah satunya ialah otot coracobrachialis. dekat pada bagian bawah processus coracoideus itu terdapat suatu angulus lateralis, serta juga sebuah bagian seperti cekungan yang dikenal dengan sebutan cavitas glenoidales. Di cavitas tersebut tempat melekatnya bonggol kepala dari humerus.

Sudut Angulus

Sudut superior skapula atau sudut medial , ini ditutupi oleh otot trapezius . Sudut tersebut dibentuk oleh persimpangan batas superior dan juga medial skapula. Sudut superior tersebut terletak pada tingkat perkiraan vertebra toraks kedua . Sudut superior skapula ini tipis, halus, bundar, serta agak miring ke samping, dan juga memberikan perlekatan pada beberapa serat otot skapula levator .

Sudut inferior skapula ini merupakan bagian terendah dari skapula serta ditutupi oleh otot latissimus dorsi . Bergerak maju ke depan dada pada saat lengan ditekuk. Sudut inferior ini dibentuk oleh penyatuan batas medial serta lateral skapula. Itu tebal serta juga kasar.

Sudut lateral skapula atau sudut glenoid ini juga dikenal sebagai kepala skapula merupakan suatu bagian paling tebal dari skapula. Ini luas serta menyandang rongga glenoid dipermukaan artikularnya yang diarahkan ke depan, lateral serta sedikit ke atas, dan juga berartikulasi itu dengan kepala humerus . Sudut inferior ini lebih luas di bawah daripada di atas serta diameter vertikal ini merupakan yang terpanjang.

Batas Tulang Belikat / Scapula

  • Perbatasan Vertebralis
    Perbatasan ini merupakan yang sangat panjang dan juga terdiri atas 3 perbatasan scapula didalamnya.
  • Perbatasan Unggul
    Merupakan perbatasan yang mempunyai ciri lebih tipis dan juga tajam, dan berfungsi untuk menstabilkan sendi di bahu.
  • Perbatasan Lateral
    Perbatasan yang terakhir ini berhubungan dengan bentuk lekukan yang memanjang dari sudut lateral itu sampai ke sudut inferior.

Pergerakan Tulang Belikat

Tiap-tiap permukaan pada tulang belikat tersebut, tidak seluruhnya itu memiliki bentuk yang sama dan juga menghasilkan suatu gerakan yang sama khususnya juga dibagian tulang belakang yang menghasilkan 2 (dua) jenis pergerakan diantaranya ialh sebagai berikut :

  • Acromiom : yaitu mempunyai bentuk yang agak besar serta persegi panjang yang mana bagian tersebut menjadi sambungan antara tulang belikat yang berhubungan dengan artikulasi klavikula supaya mampu untuk membentuk sendi acromioclavicular yang bisa atau dapat membentuk ujung bahu.
  • Coracoid : ini merupakan suatu pergerakan yang bisa atau dapat melengkung baik ke arah atas atau juga melengkung ke arah bawah.

Pelekatan Otot Pada Tulang Belikat

Dibawah ini merupakan otot-otot yang melekat pada scapula (tulang belikat), diantaranya yaitu :

  • Otot pectoralis minor, ini merupakan otot dada yang bisa atau dapat menaikan otot tulang belikat serta menekan bahu.
  • Otot coracobrachialis, ini adalah suatu otot terkecil dari 2 otot yang lainnya yang melekat pada processus coracoideus ialah otot pectroralis minor serta juga otot biceps. Otot tersebut berada di bagian atas serta juga medial lengan.
  • Otot subscapularis, ini merupakan otot rotator cuff yang merupakan otot terkecil dibagian lengan atas.
  • Otot rhomboideus major, ini merupakan otot yang dapat atau bisa menyebabkan terjadinya retraksi dibagian scapula. Otot rhomboideus major ini melekat pada tulang scapula dibagian lengan atas.
  • Otot rhomboideus minor, ini merupakan otot yang melekat dibagian lengan atas.
  • Otot levator scapulae, ini merupakan otot yang melekatnya dibagian punggung serta leher.
  • Otot trapezius ini merupakan otot yang memiliki fungsi sebagai penyusun struktur di punggung manusia.
  • Otot serratus anterior, ini merupakan otot yang biasanya dikenal sebagai otot gergaji depan yang berpangkal pada bagian iga I-IX kemudian menuju pada iga sisi tengah tulang belikat.
  • Otot triceps brachii, ini merupakan otot yang berorigo pada 3 tempat yaitu caput longum, medial serta juga lateralis sehingga disebut juga dengan otot berkepala tiga.
  • Otot biceps brachii, ini merupakan jenis otot besar yang mempunyai kepala dua disebabkan karna otot ini berorigo pada 2 tempat yang sangat berbeda diantaranya capus longum serta caput brevis. Perbedaan untuk keduanya ialah pada panjang serta pendeknya.
  • Otot teres minor ini merupakan otot yang terletak berdekatan dengan otot teres major serta otot ini melekat pada bagian bahu.
  • Otot teres major, ini merupakan otot yang melekat dibagian lengan atas.
  • Otot omohyoideus, ini merupakan otot yang melekat dipinggir atas bagian scapula, fungsi dari otot ini ialah untuk menarik serta menekan ke bawah pada bagian hyoid.
  • Otot deltoideus, ini merupakan otot yang memberikan bentuk bulat di struktur tubuh manusia. Otot ini disusun oleh adanya beberapa serat seperti misalnya serat anterior(clavikula), serat posterior dan juga  serat media(pinggir lateral).
  • Otot supraspinatus, ini merupakan otot berukuran yang kecil serta juga melekat pada lengan atas.
  • Otot infraspinatus, atau otot pemutar yang terjadi pada sendi bahu dan juga melekat pada adductor lengan di dalam scapula.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Tulang Belikat, Ciri, Bentuk, Fungsi, Strukur dan Pelekat, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Atom JJ Thomson, Teori, Kelebihan dan Kekurangan
Lihat Juga  √ Pengertian Ekonomi Makro, Tujuan, Ruang Lingkup & Pengaruh
Lihat Juga  Materi Teks Editorial