√ Pengertian Zoologi

Diposting pada

Pengertian-Zoologi

Pengertian Zoologi

Zoologi ini berasal dari dua kata Yunani diantaranya zoion, yang artinya adalah “hewan” sedangkan logos, yang artinya “studi tentang”. Jadi dapat atau bisa disimpulkan bahwa defenisi zoologi ini ialah salah satu ilmu yang mempelajari mengenai hewan, baik itu seperti perkembangan embrio, evolusi, distribusi ekologi, prilaku, serta  klasifikasi hewan

Zoologi ini adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari mengenai struktur, fungsi, perilaku, dan juga evolusi hewan. Ilmu ini antara lain melingkupi biologi molekular,  anatomi perbandingan,etologi,psikologi hewan, biologi evolusioner,  ekologi perilaku, paleontologi serta taksonomi . Kajian dari ilmiah zoologi ini juga dimulai sejak sekitar abad ke-16.

Dan Bapak zoologi pertama di dunia adalah AL JAHIZ(164-225H/780-868M)  menulis mengenai ilmu hewan (zoology) untuk pertama kali dengan nama asli Abu Amr Usman bin Bahr al-Kinani al-Fuqaimi al-Bashri


Sejarah Zoologi

Manusia itu sudah terpesona oleh hewan sepanjang sejarah. Mulai dari bangsa Mesir Kuno juga, diketahui sudah memiliki pengetahuan yang luas soal hewan-hewan serta juga pemeliharaan sapi, domba, angsa, dan juga bebek. Kemudian untuk peradaban Yunani kuno, muncul pada abad ke-6 dan juga ke-5 SM berturut Anaximander, Xenophanes, serta Empedocles. Mereka itu sudah memperkirakan asal-usul kehidupan hewan itu di dunia. Di Eropa , mereka berkumpul dan juga membuat katalog deskripsi hewan aneh dari tanah atau juga laut dalam, seperti dicatat di dalam Physiologus serta juga di dalam karya Albertus Magnus.


Karyanya itu sebagian besar didasarkan pada tulisan-tulisan yang dibuat Aristoteles (384-322 SM). Magnus ‘De animalibus libri XXVI ini bukan hanya pada komentar mengenai Sejarah Alam, dan menjadi salah satu studi yang paling luas pengamatan zoologi ini diterbitkan sebelum zaman modern. Tidak hanya itu Studi disiplin zoologi ini juga ditemukan di Arab serta Cina . Arab sarjana Al-Jahizz (781-868) itu menulis mengnai Kitab Hewan. Dua penulis Cina besar pada bidang ini diantaranya Su Song (1020-1101) serta Shen Kuo (1031-1095) masa Dinasti Song dan lain lain. Pada zaman Romawi, penulis utama mengnai sejarah alam ini adalah Pliny the Elder (23-79).


Dan Pada abad ke-19, mikroskop ini menjadi hal yang umum di dalam penelitian ilmiah, serta hal ini membuka kemungkinan baru; dan sekarang, sel-sel hewan tersebut dapat dipelajari ditingkat mikroskopis. Terobosan lain di dalam zoologi terjadi pada saat naturalis Charles Darwin itu mengembangkan teori evolusi dengan melalui seleksi alam. Teori ini merevolusi zoologi serta taksonomi (yakni klasifikasi). Baru-baru ini, penemuan DNA yakni sebagai bahan genetik kehidupan menyebabkan semakin banyak para penelitian serta juga pengetahuan baru mengnai dunia alam serta hubungan evolusi antar hewan.


Tujuan dan Manfaat Zoologi

Cabang zoologi ini sangat dibutuhkan untuk para penggiat atau aktivits alam bebas. Mereka itu memerlukan hal ini untuk dapat menambahkan bahan makanan serta jjuga bisa dijadikan sebagai penanda untuk sumber air.

Zoologi ini adalah ilmu yang mempelajari mengenai ragam macam binatang hal tersebut juga sangat diperlukan manusia disebabkan karna untuk mengetahui segala jenis hewan yang bisa atau dapat dimakan,kesehatan hewan serta masih banyak hal lagi, zoologi pun sangat cocok pada bidang dokter hewan

Adapun tujuan ini ialah untuk mengetahui manfaat dari hewan baik itu sebagai sumber makanan atau juga pengendali hama. Selain dari itu, dari zoologi juga bisa atau dapat dikembangkan di dalam ilmu pengobatan. Dibawah ini merupakan manfaat lain di dalam mempelajari zoologi diantaranya :

  • Sebagai dasar ilmu untuk ilmu pengetahuan lain.
  • Mengetahui juga hewan yang bisa atau dapat dibudidayakan.
  • Melestarikan hewan yang akan terancam punah.
  • Membasmi hewan yang menjadi wabah penyakit.
  • Untuk dapat mengetahui segala macam hewan yang dapat dimakan

Cabang Ilmu Zoologi klasifikasi-zoologi

Dengan berdasarkan pengertian diatas, zoologi ini mempunyai cabang ilmu yang wajib untuk diketahui diantaranya sebagai berikut:

1. Malakologi

Malakologi ini adalah sebuah cabang zoologi yang mempelajari mengenai seluruh aspek kehidupan hewan moluska. Seperti halnya pengetahuan dasar, bidang budidaya serta terapan.


2. Nematologi

Nematologi ini adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang cacing giling atau disebut dengan nematoda, yakni merupakan golongan atau kelompok dari invertebrata dengan beberapa bagian dari anggotanya itu ialah sebagai parasit yang penting pada bidang ilmu pertanian, kesehatan serta kedokteran.


3. Iktiologi

Iktiologi ini adalah salah satu dari cabang ilmu zoologi mempelajari tentang kehidupan ikan. Akan tetapi cabang dari ilmu ini menitik beratkan di dalam budidaya serta bidang patologi. Yakni sebanyak 25.000 ikan itu ditemukan serta kemudian juga diidentifikasi. Di tiap tahunnya ilmuwan itu sendiri mengumumkan bahwa sebanyak 250 spesies dari ikan baru. Di dalam penerapan cabang dari ilmu iktiologi berhubungan dengan biologi kelautan, oseanografi, serta limnologi.


4. Herpetologi

Herpetologi ini adalah cabang ilmu zoologi berikutnya yang mempelajari tentang kehidupan amphibia serta reptilia. Adapun objek kajian ini sendiri yang digunakan yakni jenis hewan berdarah dingin serta yang, berkaki empat. Adapun ilmu dari cabang ini kemudian semakin banyak yang dipelajari sebab kebanyakan dari reptil saat ini sudah menjadi binatang peliharaan. Di samping itu, adapun dari kedua kelompok dari hewan itu bisa atau dapat menghasilkan racun untuk kemudian dimanfaatkan yakni sebagai bahan utama pada penyakit stroke serta penyakit jantung.


5. Entomologi

Entomologi ini adalah ilmu yang berhubungan atau berinteraksi dengan serangga, yang mana artinya yaitu sebuah cabang ilmu yang berhubungan itu dengan arthropoda. Adapun contohnya ialah seperti luwing, laba-laba dll.


6. Ornitologi

Ornitologi ini adalah salah satu dari cabang ilmu dari zoologi yang telah atau sudah mempelajari tentang seluruh aspek dari burung. Adapun cabang ilmu yang satu ini lebih menitikberatkan kepada adanya kemampuan melihat lebih tinggi serta juga proses pendekatan dari burung itu secara estetis.


7. Paleozoologi

Paleozoologi ini adalah salah satu cabang dari ilmu paleobiologi yang digunakan untuk mempelajari mengenai menemukan serta mengidentifikasi jenis fosil dari hewan yang memiliki sel banyak. Adapun fosil tersebut kemudian akan dipakai untuk dilakukannya rekonstruksi lingkungan serta ekologi prasejarah.

8. Primatologi

Primatologi ini adalah sebuah cabang dari ilmu zoologi yang mempelajari tentang suatu kehidupan dari primata itu selain manusia. Contohnya ialah seperti kera, monyet dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Zoologi, Tujuan, Manfaat, Sejarah dan Cabangnya, semog apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Manajemen Komunikasi, Fungsi, Manfaat, Bentuk dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Kebijakan Fiksal, Tujuan, Macam, dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya